• 8 Tips Merawat Sepatu

    Fashion / Tips


    8 Tips Merawat Sepatu

    Kami telah menyusun sejumlah tips yang dapat Anda terapkan untuk koleksi sepatu kesayangan Anda.


    Sepatu telah menjadi item tak terpisahkan dari penampilan sehari-hari, terutama bagi kaum wanita. Rasanya sudah menjadi hal yang sangat lumrah bagi seorang wanita untuk memiliki lebih dari lima pasang sepatu, bahkan berpuluh-puluh pasang sepatu di dalam wardrobe-nya. Terlebih lagi sejumlah model sepatu memang memiliki fungsinya tersendiri.

    Dan mengingat sepatu adalah barang yang akan susut seiring dengan intensitas pemakaian, maka alangkah baiknya untuk memahami cara merawat sepatu agar usia pemakaiannya dapat menjadi lebih panjang. Harper's Bazaar Indonesia menyusun sejumlah tips yang dapat Anda terapkan untuk koleksi sepatu kesayangan Anda. Berikut tips dari kami:





    1. Kenakan sepatu Anda secara bergilir

    Sepatu pun perlu beristirahat dan "bernapas". Ada baiknya ada memiliki beberapa pasang sepatu untuk dikenakan sehari-hari karena setiap pasang sepatu butuh terkena udara bebas dan sinar matahari, dan beberapa pasang lainnya membutuhkan masa-masa "off duty".


    2. Gunakan sole protector

    Lapisi sol sepatu Anda, terutama sepatu dengan sol bermaterial delicate, dengan sole protector untuk menjaga keindahan sol serta membuatnya waterproof dan anti licin. Jangan lupa untuk mengganti sole protector secara rutin.


    3. Bersihkan insole sepatu Anda

    Hal ini penting untuk menghindari bau tak sedap menyeruak dari sepatu Anda. Tuang sedikit alkohol atau setetes minyak pohon teh pada kapas dan sapukan ke lapisan insole untuk mencegah timbulnya jamur. Lakukan secara cermat agar tidak merusak bagian kulit sepatu Anda.


    Baca juga: Cara Lengkap Membersihkan Beragam Bahan Sepatu Putih


    4. Jaga bentuk sepatu Anda dengan cedar shoetree

    Sumpal sepatu Anda dengan shoetree demi menjaga bentuk sepatu tetap prima. Anda juga dapat menggunakan sumpalan kertas dan tangkai yang (biasanya) disertakan di dalam boks sepatu Anda.



    5. Lapisi sepatu Anda dengan semprotan waterproof

    Ketika Anda membeli sepatu baru, terutama sepatu bermaterial suede, segera lapisi dengan waterproof spray sebelum pemakaian pertama.


    6. Investasi pada produk perawatan sepatu

    Cedar shoetree, suede brush, pelembab, shoe polish, shoe horn, waterproof spray, kain lap pembersih sepatu, hingga dustbag merupakan barang esensial untuk merawat sepatu Anda.


    7. Shoe polish for the rescue

    Pilih shoe polish dengan warna yang sama atau mendekati warna sepatu Anda. Kami merekomendasikan lanoline-based beeswax polish yang terbukti dapat melembutkan serta merawat keindahan kulit sepatu secara bersamaan.


    8. Cara terbaik menyimpan sepatu Anda

    Sinar matahari langsung dan udara lembab merupakan musuh besar bagi sepatu Anda. Menyimpan sepatu di dalam boks yang diletakkan di dalam ruangan bersuhu sejuk menjadi cara jitu untuk menjaga agar sepatu Anda tetap prima. Jangan lupa untuk menyumpal sepatu Anda untuk menjaga bentuk, serta letakkan satu bungkus kecil silica gel di dalam boks untuk menjaga kelembabannya.

    (Chekka. Foto: Alessia Gammarota/IMAXTREE.COM)









- RELATED ARTICLE -