Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Makanan Anti Pilek

10 Makanan Anti Pilek

Selain identik dengan suasana romantis, musim hujan yang kini tiba juga berarti Anda harus menjaga kesehatan tubuh dari penyakit pilek yang kerap melanda di musim ini. Lisa Yarah, seorang nutrisionis dan ahli diet bersertifikat dari New York membagikan 10 jenis makanan yang mampu mendukung imunitas tubuh Anda.

1. Paprika merah

Anda tentu saja sudah tahu bahwa vitamin C sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, tapi apakah Anda tahu bahwa paprika merah mengandung dua kali vitamin C lebih banyak dari buah-buahan citrus? "Mengonsumsi lima jenis buah dan sayur setiap hari memberikan lebih dari 200mg vitamin C dan akan secara natural mendukung imunitas Anda," kata Lisa.

2. Adas (fennel)

Adas mengandung sekitar 20% vitamin C, melindungi tubuh Anda dari penyakit menular. Mengonsumsi adas membuat sel darah putih, yang menghancurkan bakteri dan virus dalam tubuh, untuk bekerja lebih giat sekaligus mengurangi kesempatan Anda terkena flu.

3. Yogurt

Banyak yogurt yang memiliki probiotik yang membantu tubuh menolak kontaminasi dan dapat sembuh dari infeksi lebih cepat. "Probiotik yang ditemukan di dalam yogurt adalah bakteri sehat yang membantu pencernaan," jelas Lisa.

4. Teh hijau

Tidak hanya membantu untuk mengurangi berat badan, teh hijau juga mengandung antioksidan yang diperlukan untuk sehat optimal. Di sebuah jurnal yang dirilis oleh National Center for Biotechnology Information, teh hijau ditemukan dapat melindungi tubuh dari oksidan dan radikal, yang dapat mengganggu kesehatan.

5. Kentang manis

Ganti mashed potato Anda dengan sweet potato. Karbohidrat ini kaya antioksidan dan mendukung fungsi sel tubuh.

6. Bawang putih

Dikenal sebagai pelengkap rasa, siung bawang putih merupakan bahan yang mampu memerangi pilek saat dikonsumsi. Juga mengandung kalsium, potasium, dan sulfur yang membunuh bakteri yang tidak diinginkan.

7. Kunyit

Tidak hanya sebagai pemberi rasa yang mirip seperti kari untuk makanan Anda, kunyit juga dapat memerangi infeksi dan pembengkakan dengan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

8. Salmon

Salmon yang kaya protein adalah salah satu superfood untuk mendapatkan elemen penting bagi tubuh Anda seperti lemak omega 3, yang diperlukan untuk mengaktifkan T-cells. Semakin tinggi jumlah T-cell Anda, semakin jauh penyakit dari tubuh Anda.

9. Tiram (oyster)

Tiram mengandung vitamin C, vitamin E, dan sejumlah antioksidan yang menjaga kesehatan sel-sel tubuh Anda.

10. Brussel Sprout

Brussel Sprout memiliki nutrisi yang melimpah, mencegah kerusakan sel-sel tubuh, dan Anda hanya perlu mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit. 

 

(Sarah Kaye Santos untuk Harper's Bazaar US. Alih Bahasa: Stella Mailoa. Foto: Getty Images)