• Berkaca di Keindahan Danau Labuan Cermin

    Culture / News


    Berkaca di Keindahan Danau Labuan Cermin


    Indonesia seakan tidak pernah puas memberikan kejutan alami bagi dunia. Begitu banyak fenomena alam yang sangat unik dan istimewa ditemukan di negara ini. Mulai dari pantai berpasir merah muda, sungai dengan ombak laksana di laut, hingga danau dua rasa yang sangat bening berkilau bagai cermin.

    Danau Labuan Cermin, yang terletak di pedalaman Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, terkenal sebagai objek wisata unggulan Kalimantan Timur karena menawarkan panorama dan fenomena alam yang tidak ada duanya. Untuk mencapai danau ini, Anda perlu menggunakan sampan nelayan. Dari tepi desa hingga mencapai Danau Labuan Cermin memakan waktu sekitar 15 menit melintasi hutan bakau yang sangat asri dan masih dihuni oleh hewan liar eksotis seperti monyet, bekantan, bahkan beruang madu.

    Sesampainya di danau, Anda akan disambut hangat dengan pesona air danau berwarna biru kehijauan seperti sebuah baju zamrud yang baru selesai dipoles sempurna. Terpaan sinar matahari semakin menambahkan kilau danau tersebut. Airnya yang bening layaknya sebuah kaca yang memamerkan pemandangan bawah air dengan sangat jelas. Tak hanya kaya dengan pemandangan bawah air yang memukau. Danau ini semakin unik dengan perbedaan rasa antara permukaan dan bagian dasar danau. Ketika bagian permukaan danau merupakan air tawar, justru saat Anda berenang mendekati dasar, air akan terasa asin. Rasa asin ini berasal dari air laut yang mengalir dari Teluk Sumbang yang juga dialiri air danau ini. Perbedaan rasa air danau di permukaan dan bagian dasarnya ini seolah dipisahkan oleh selapis cermin raksasa di tengah-tengah danau. Ketebalan rasa masing-masing air tersebut konon berubah-ubah sesuai kondisi pasang surut air laut. Perbedaan rasa dan kandungan air ini juga menyebabkan Danau Labuan Cermin dihuni oleh dua jenis ikan, yaitu spesies ikan air tawar di permukaan, dan spesies ikan air laut di bagian dasar danau. Sungguh luar biasa mencengangkan bukan?

    Untuk mencapai lokasi, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 6,5 jam dari ibukota Kabupaten Berau. Apabila Anda berasal dari luar kota, gunakanlah maskapai yang membuka rute ke Bandar Udara Kalimarau Airport, Berau. Agar semakin mempermudah perjalanan, Anda bisa memanfaatkan agen travel booking online. Dan Anda tidak perlu kaget jika rata-rata pesawat harus transit terlebih dahulu di Balikpapan baru lanjut ke Berau.

    Selamat berjalan-jalan!

    (Foto: Dok. Traveloka)














- RELATED ARTICLE -