Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Jam Tangan Termahal di Dunia

Apa yang membuat lima jam ini berdiri pada predikat termahal?

5 Jam Tangan Termahal di Dunia
Layout by Nuraini Saraswati

Hallucination by Graff Diamonds

Courtesy of Graff

Dimiliki oleh Laurence Graff, yang juga merupakan pemegang saham utama South African Diamond Corporation, Hallucination memegang predikat sebagai jam tangan termahal di dunia.

Karya masterpiece ini sempurna bagi mereka yang menghargai kemewahan. Diperkenalkan pada tahun 2014, tetapi dengan cepat mendapatkan pengakuan sebagai jam tangan termahal yang pernah diciptakan. Didesain oleh John Graff dan tim pengrajin terampil, jam tangan ini menampilkan 110 karat berlian berwarna langka yang luar biasa. Konstruksinya yang teliti menampilkan desain gaya pelangi yang memukau, dengan berlian yang disusun dalam nuansa warna merah muda, biru, hijau, kuning, dan orange yang melingkupi pergelangan platinum

Patek Philippe Grandmaster Chime

Courtesy of Patek Phillipe

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014 sebagai penghormatan untuk peringatan ulang tahun ke-175 Patek Philippe, Patek Philippe Grandmaster Chime dibuat dari bahan stainless steel.

Sangat mengesankan dalam kompleksitasnya, Grandmaster Chime memiliki total 20 fitur tambahan yang luar biasa. Termasuk lima di antaranya berfungsi secara akustik, menjadikannya satu-satunya jam tangan dengan kemampuan tersebut. Dua fitur yang menonjol di antaranya adalah alarm yang dapat memukul waktu alarm yang telah diprogram dan pengulang tanggal yang elegan dengan memainkan bunyi tanggal saat diminta. Keunikan desain Grandmaster Chime adalah memiliki casing double-face yang memberikan opsi bagi pemakainya untuk dengan cepat mengubah tampilan jam sesuai keinginan.

Jaeger Lecoultre Joaillerie 101 Manchette

Courtesy of Jaeger-LeCoultre

Dirancang eksklusif untuk Ratu Inggris, jam ini menjadi keajaiban yang membanggakan koleksi milik Ratu Elizabeth II.

Jam tangan istimewa ini tidak hanya mengusung desain mewah dan gemerlap berlian pada emas putihnya, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dengan harga jual yang sangat tinggi, jam tangan ini menjadi lambang keanggunan dan keistimewaan. Dengan pergerakan manual winding 101 caliber.

Hublot Big Bang

Courtesy of Hublot

Jam tangan Hublot termahal yang pernah dibuat membuat debutnya di Baselworld 2012 dan akhirnya menjadi hadiah ulang tahun ke-43 untuk Jay-Z dari Beyoncé.

Dengan 1.282 keping berlian yang membentuk dial seakan-akan sinar matahari dan pola silang yang mengalir di sekitar seluruh dial dan gelang yang dihiasi berlian, jam tangan ini menjadi simbol kemewahan dan prestise. Casing berbahan emas putih menegaskan keanggunan dan keberlanjutan kemewahan, sementara konstruksi yang memakan waktu 14 bulan menekankan tingkat ketelitian dan perhatian terhadap detail. Sebagai karya seni dalam dunia horologi, jam tangan ini tidak hanya menjadi alat praktis, tetapi juga perwujudan dari keindahan dan kemewahan.

Roger Dubuis - Lamborghini

Courtesy of Roger Dubuis

Roger Dubuis memberikan sorotan menarik melalui kolaborasinya bersama Lamborghini.

Roger Dubuis menggambarkan jam tangan ini sebagai hasil kolaborasi antara insinyur visioner dan ahli pembuat jam. Inspirasi desain diambil dari mobil Lamborghini Countach LPI 800-4 yang memiliki bentuk aerodinamis, menciptakan desain yang unik dan futuristik. Tidak hanya pada bagian luar, tetapi Roger Dubuis juga mengintegrasikan inspirasi dari mobil tersebut ke dalam mesin jam tangan.

Mesin Excalibur Spider Countach DT/X Dubuis didesain untuk efisiensi, mirip dengan mesin supercar, dengan tourbillon ganda mekanis yang memiliki kemiringan sudut 90° untuk menjaga keakuratan jam dalam berbagai posisi. Kolaborasi ini menghasilkan perpaduan antara keahlian teknik dan keindahan desain yang mengagumkan.

(Penulis: Muhammad Aziz, Riza Arya; Foto: Courtesy of Hublot, Roger Dubuis)