• Prihal: Pameran Karya Arsitektur Terbaik dari Andra Matin

    Culture / News


    Prihal: Pameran Karya Arsitektur Terbaik dari Andra Matin

    Menyaksikan jejak kreasi Andra Matin selama 20 tahun berkarya.


    Prihal adalah pameran arsitektur yang menampilkan kumpulan gagasan dan rancangan Andra Matin selama 20 tahun ke belakang. Ide-ide tersebut dihimpun menjadi satu dalam ruang pamer Galeri A dan Galeri B di Galeri Nasional, Jakarta Pusat. Pameran ini dibuka secara resmi tanggal 27 November dan berlangsung hingga 11 Desember 2019 untuk umum.



    Skema pameran dibagi menjadi delapan bagian, masing-masing menyoroti unsur penting dalam pembuatan bangunan. Saat mengikuti alur pameran, pengunjung dapat menyaksikan perkembangan pola pikir Andra Matin terhadap arsitektur, begitu pula dengan transisi gaya desain yang ia tampilkan. Dalam pameran ini, pengunjung diharapkan tak hanya mengenal estetika karya arsitektur, namun juga memahami pentingnya evolusi prinsip berkelanjutan dalam karya-karya yang ia hasilkan. 



    Di area pertama (outdoor), pengunjung diajak untuk memperhatikan jejak karya Andra Matin sejak 1998 hingga tahun ini dalam struktur temporer. Pameran dilanjutkan ke dalam ruang Galeri A, tempat ditampilkannya proyek yang telah ia eksekusi. Beberapa di antaranya telah familier dengan publik, seperti Stadion Akuatik GBK dan Bandara Banyuwangi yang dikenal berprinsip ramah lingkungan. Pameran ini menyaring dan mempertunjukkan sejumlah 800 lebih karya arsitektur Andra Matin, dengan beberapa maket yang ditampilkan dalam skala 1:200. 



    Saat melanjutkan perjalanan ke dalam Galeri B, Anda akan disuguhkan dengan suasana kerja sehari-hari di dalam kantor Andra Matin. Beberapa titik menyuguhkan video wawancara persona lain dengan latar belakang desain dan arsitektur, sementara di titik yang lainnya terdapat susunan kartu pos dengan fotografi jepretan Andra Matin. Bagian penutup pameran tak kalah menariknya, sebab dalam ruang ini Anda diajak bermain merangkai karya Andra Matin dalam bentuk Lego. 



    Karya arsitektur Andra Matin tak sekadar membahas mengenai bangunan saja, melainkan juga menyangkut perihal lain seperti ruang hidup, cara bertetangga, kepekaan indra, dan keseharian hidup.


    (Foto: Ardhana Utama) 









- RELATED ARTICLE -