• Kisah Pertemuan Pertama Pangeran Charles dengan Putri Diana

    People / News


    Kisah Pertemuan Pertama Pangeran Charles dengan Putri Diana

    Season ketiga serial The Crown menyuguhkan kisah cinta Pangeran Charles dan Camilla. Lalu, bagaimana dengan Putri Diana?


    Sebelum bertemu dengan Putri Diana, Pangeran Charles sempat merajut hubungan dengan Camilla Shand. Kisahnya diceritakan dalam season ketiga serial Netflix yakni The Crown. Putri Diana masih belum nampak di season terbarunya ini, namun pasang surutnya roman antara Charles dan Camilla seakan memberikan petunjuk bahwa Princess of Wales akan dihadirkan secara perdana di season keempat.

    Cerita Camilla Shand yang diperankan oleh Emerald Fennel di sini dimulai ketika ia bertemu Pangeran Charles (Josh O‘Connor) untuk pertama kalinya di sebuah pertandingan polo. Peristiwa ini diberitakan memang terjadi di awal tahun '70-an. Sementara itu, Charles bertemu Diana Spencer di tahun 1977. Jika melihat rentang tahunnya, season ketiga The Crown menampilkan kisah dari tahun 1964 hingga 1977. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bila penulis ceritanya ingin menyimpan momen terbaiknya untuk season keempat.

    Charles dan Diana bertemu di kediaman keluarga Spencer di Althorp. Berdasarkan The Telegraph, ketika itu Diana masih berusia 16 tahun, terpaut 13 tahun dengan sang pangeran yang berusia 29 tahun. Charles menjadi salah satu anggota klub berburu dan teman kakaknya yakni Sarah Spencer. "Kami bertemu di sebuah tanah lapang," demikian ujar Lady Diana saat ia mengingat masa-masa pertemuan pertamanya dalam sebuah wawancara usai pertunangannya dengan Charles di tahun 1981.




    "Saya ingat Diana sebagai perempuan berusia 16 tahun yang ceria dan memesona," ungkap Charles dalam wawancara yang sama. "Ia terlihat sangat menyenangkan dan penuh semangat." Lalu Diana menambahkan kesan pertamanya saat melihat Charles sebagai momen yang begitu luar biasa baginya. 

    Pasangan tersebut mengakui bahwa mereka tak pernah menyangka akan bertunangan ketika pertama kali bertemu. Charles menjelaskan, ia perlahan menyadari jika Diana adalah wanita yang tepat untuknya. Ia menceritakan, pada akhir musim panas dan musim gugur sebelum meminang Diana ia mulai memahami kesamaan di antara mereka berdua.

    Pertemuan pertama mereka di Althorp juga diikuti dengan acara makan malam dan dansa. Charles kemudian mendatangi Diana dan memintanya untuk menunjukkan galerinya. "Seseorang seperti Charles yang menunjukkan ketertarikannya kepada perempuan muda berusia 16 tahun adalah sesuatu yang sangat luar biasa," kenang Diana lewat rekaman pribadinya yang dipublikasikan pada sebuah kisah dokumenter berjudul Diana: In Her Own Words di tahun 2017. "Mengapa pria seperti dirinya tertarik pada saya?," tanyanya. 




    Usai pertemuan kala itu, mereka tidak banyak bertemu. "Hingga sekitar dua tahun," kata Diana. Charles bahkan sempat berkencan dengan kakaknya, Sarah Spencer. "Kakak saya sangat tergila-gila padanya," ujarnya. Namun ketika Charles berulang tahun ke-30, ia mengundang Diana dan Sarah untuk menghadiri perayaannya. 

    Hubungan keduanya semakin dekat ketika Diana diundang untuk singgah di rumah Philip de Pass kawannya di mana Prince of Wales juga berada di sana. Satu momen ketika mereka hanya sedang berdua, Diana menunjukkan simpatinya kepada Charles. Ia ingat bagaimana Charles yang tampak sedih di pemakaman Lord Mountbatten (paman Pangeran Philip yang dikenal juga sebagai Uncle Dickie). "Beberapa menit kemudian, ia jatuh cinta kepada saya," ungkap Diana lewat rekamannya.

    Meskipun pasangan ini kerap berhubungan melalui telepon dan Charles mengundang Diana untuk menghabiskan waktu bersamanya dan keluarga kerajaan, mereka sebenarnya tidak begitu sering berduaan sebelum bertunangan. "Kami bertemu 13 kali, setelah itu kami bertunangan," cerita Diana.




    Charles dan Diana menikah pada tahun 1981 dan dianugerahi dua orang putra yakni Pangeran Wiliam dan Pangeran Harry. Sayangnya, mereka bercerai pada tahun 1966. Para penggemar setia kisah kerajaan Inggris dan masyarakat umum sudah mengetahui bagaimana kacaunya hubungan mereka. Akan tetapi, bagaimana The Crown mampu meramunya dalam season selanjutnya akan sangat menarik untuk dinantikan.


    (Penulis: Erica Gonzales; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US) 









- RELATED ARTICLE -