• 10 Tren Model Cardigan yang Bisa Anda Coba di Akhir Tahun

    Fashion / Trend


    10 Tren Model Cardigan yang Bisa Anda Coba di Akhir Tahun

    Selain musim hujan yang sudah tiba, akhir tahun momen yang tepat untuk menyalurkan kecintaan Anda terhadap cardigan.


    Cardigan memang sudah lama menjadi pakaian wajib ketika musim hujan atau musim dingin tiba dan sering kali memiliki konotasi sebagai benda fashion yang konservatif.

    Namun, di tahun 2019 cardigan justru kembali menjadi salah satu tren berpakaian dan kerap terlihat dikenakan oleh para model dan selebriti semacam Bella Hadid, Kylie Jenner, Gigi Hadid, dan banyak lagi. 

    Hal itu kemudian mempengaruhi banyak desainer dan brand untuk merombak desain cardigan terdahulu menjadi lebih terlihat modern dan tak membosankan.

    Jika dahulu rata-rata cardigan lebih banyak menggunakan tone warna netral atau lembut, tahun ini cardigan dengan spektrum warna yang berani dan imbuhan elemen tak terduga mendominasi daftar tren berbusana. 

    Berbagai macam siluet cardigan juga hadir dan memberi ruang untuk sang pemakainya agar dapat bereksplorasi dan mengenakannya dengan berbagai macam gaya dan ansambel.

    Berikut beberapa model cardigan yang dapat Anda jadikan inspirasi berbelanja di akhir tahun.

    1. Baloon sleeve

    Cardigan lansiran Red Valentino ini dilengkapi dengan lengan gembung yang mencerminkan energi feminin, model yang satu ini dapat dibilang cukup versatile. Anda bisa memadankannya dengan sepasang celana skinny jeans atau rok mini sekaligus menjadikannya sebagai luaran ketika cuaca cukup dingin.  


    2. Printed Knit

    Ketika musim dingin tiba, bukan berarti Anda hanya bisa mengenakan warna-warna netral dan dingin. Tetap tampil menyegarkan di musim dingin layaknya semarak musim panas dengan cardigan bermotif printed lansiran Gucci ini.

    Warna hijau, oranye dan merah muda di cardigan ini sangat jauh dari kata membosankan. Kenakan cardigan ini sebagai bentuk pernyataan di ansambel Anda dengan memadankannya dengan beberapa item basic seperti kaos putih, celana denim, hingga slip dress bahan satin untuk sentuhan yang mewah. 


    3. Formal cardigan

    Siapa bilang cardigan kurang tepat dikenakan saat Anda menghadiri sebuah kesempatan formal? Paco Rabbane mengubah fungsi cardigan yang tak hanya dikenakan saat berpakaian dengan gaya yang kasual. 

    Cardigan yang satu ini terbuat dari bahan beludru yang akan menciptakan kesan mewah di tampilan Anda. Dekorasi motif Ukiyo-e khas Jepang di atas cardigan ini menambah efek artistik yang tak ada duanya. Cukup kenakan perhiasan minimal dan kalung mutiara, maka Anda pun siap untuk berpesta.


    4. Cropped Cardigan

    Kelebihan cardigan ini bukan hanya terdapat di desain dan warnanya yang menggemaskan, dilansir oleh I Love Mr. Mittens yang mengusung konsep eco-conscious. Cardigan ini bukan hanya penuh gaya namun juga tidak merugikan lingkungan sekitar. Kenakan knee high boots atau sepasang sneakers penuh statement untuk tampilan ala supermodel off duty.


    5. Kimono Cardigan

    Maxi cardigan yang satu ini memiliki desain yang menyerupai kimono dan dihiasi oleh motif patchwork yang artistik. Kimono cardigan lansiran Missoni ini, tidak hanya akan cocok untuk menghangatkan tubuh namun juga dapat dikenakan saat Anda bervakansi di sebuah resort mewah sebagai luaran pakaian renang. 


    6. Basic cardigan

    Meski ada banyak versi cardigan yang beredar saat ini, bukan berarti cardigan dengan desain sederhana seperti ini sudah tidak pantas dikenakan. Di lansir oleh The Row yang mana merupakan sebuah label yang mengedepankan garis desain minimalis, cardigan berbahan jersey ini dipastikan kenyamanannya.

    Desainnya yang subtil, akan mendukung setiap ansambel sehari-hari Anda dan memberikan kesan cozy saat Anda menghadapi hari Anda. 


    7. Collar statement

    Jika Anda bosan dengan garis leher cardigan seperti biasanya, alternatif cardigan dengan hiasan collar tambahan yang dijahitkan menggunakan material katun dan aksen pita ini adalah pilihan yang unik.

    Warnanya yang lembut akan menginjeksi aura feminin di penampilan Anda. Padankan cardigan ini dengan rok pensil bahan tweed atau rok bahan wol yang hangat kemudian lengkapi tampilan dengan tas mikro yang menggemaskan.


    8. Fitted cardigan

    Jika Anda salah satu individu yang lebih memilih pakaian yang membentuk lekuk tubuh, maka Anda membutuhkan stretch cardigan di dalam lemari Anda. Meskipun bahannya menghangatkan tubuh, cardigan rancangan Alaia ini tetap akan menonjolkan bentuk tubuh dengan seksi.

    Ciptakan gaya ala '90-an dengan cardigan ini dengan mengenakannya bersama skinny jeans ataupun dengan menambah aksesori anting hoops seperti penyanyi Jennifer Lopez.


    9. Animal printed cardigan

    Terinspirasi dari alam, label Ganni mengadopsi unsur motif kulit harimau yang diterjemahkan menggunakan material lurex yang akan memberikan efek kilau di bagian permukaannya. 

    Kenakan cardigan ini jika Anda memilih untuk menginjeksi efek glamorama di ansambel kasual Anda, pilih sepasang celana wide leg hitam atau rok maxi bersiluet A line yang elegan.


    10. Logo cardigan


    Apakah Anda penggemar tren logo mania? Aplikasikan tren logo mania lewat atasan cardigan lansiran Balenciaga berikut ini. Bentuknya yang akan mengikuti bentuk tubuh membuat item fashion satu ini dapat mencerminkan gaya yang kasual, elegan sekaligus seksi dengan proporsi yang pas. Pilih bawahan celana berpotongan lurus atau legging yang hangat dan Anda pun dapat bergaya sekaligus bergerak dengan leluasa dengan ansambel tersebut.


    (FOTO: Courtesy of Balenciaga, Red Valentino, Gucci, Pacco Rabbane, I Love Mr. Mitten's, The Row, Miu Miu, Alaia, Ganni, dan Missoni.)









- RELATED ARTICLE -