• Inilah Makna di Balik Gelar dari Pangeran Charles

    People / News


    Inilah Makna di Balik Gelar dari Pangeran Charles

    Ia telah memegang julukan agung ini selama 50 tahun.


    Sebagian besar mungkin mengenal ayah Pangeran William dan Pangeran Harry sebagai Pangeran Charles, tetapi ia berangkat dari segelintir julukan agung, termasuk gelar yang paling umum digunakan: Pangeran Wales. Jika Anda perlu mengetahui sejarah kerajaan Anda sebelum merayakan musim terbaru dari The Crown, bacalah makna historis di balik gelar pangeran yang terkenal di bawah ini.


    Apa artinya?

    Pangeran Wales adalah gelar yang diberikan kepada ahli waris lelaki tertua dari kedaulatan, menurut situs resmi kerajaan. (Pangeran Charles adalah anak tertua dan putra tertua Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip.) Dan ya, itu secara harfiah merujuk pada negara Wales, yang merupakan bagian dari Britania Raya.





    Ketika Pangeran Charles Menerima Gelar

    Gelar Pangeran Wales tidak diwarisi tetapi dianugerahkan oleh penguasa. Pangeran Charles dinobatkan oleh ibunya, sang Ratu, sebagai Pangeran Wales pada 1 Juli 1969 dengan upacara heraldik di Kastil Caernarfon, sebuah kejadian ikonik Welsh. Ia berumur 20 tahun saat itu. Sebelum kebaktian, Charles muda belajar di University College of Wales di Aberystwyth untuk belajar bahasa Welsh, menurut situsnya.

    Charles tidak akan menjadi Pangeran Wales selamanya; ia diharapkan memberikan gelar itu kepada pewaris lelaki tertuanya yaitu Pangeran William, ketika ia naik takhta dan menjadi raja.

    Pada awal 2019, keluarga kerajaan merayakan peringatan ke-50 penobatan Charles.


    Sang ratu dan Pangeran Charles di upacara penobatannya.


    Tugas Kerajaannya

    Menurut situs resminya:

    "Bagian utama dari peran Pangeran Wales sebagai Pewaris Takhta adalah mendukung Yang Mulia Ratu sebagai titik fokus untuk kebanggaan nasional, persatuan dan kesetiaan dan menyatukan orang-orang dari semua lapisan masyarakat, mewakili stabilitas dan kontinuitas, menyoroti pencapaian, dan menekankan pentingnya layanan dan sektor sukarela dengan dorongan dan contoh."

    Itu berarti sang pangeran akan mewakili kedaulatan sambil menyambut pejabat asing atau saat bepergian ke luar negeri. Perannya juga termasuk mendukung dinas bersenjata (seperti melakukan tugas seremonial, mendukung personel militer dan veteran, dan memegang janji militer), melakukan tur ke luar negeri sebagai duta mahkota, melakukan penugasan untuk berbagai organisasi di Inggris, dan melakukan investasi di Istana Buckingham atas nama Ratu.


    Pangeran Charles memandu acara layanan investasi pada tahun 2009.


    Pangeran-Pangeran Wales Lainnya

    Pangeran Wales asli yang terakhir adalah Llywelyn ap Gruffydd, yang juga dikenal sebagai Llywelyn yang Terakhir, yang memberikan dirinya kepada gelar tersebut pada tahun 1258 ketika ia berjuang untuk mendapatkan kembali tanah yang diambil oleh Inggris. Ia wafat pada 1282.

    Situs web Pangeran Charles menambahkan:

    "Gelar ini diciptakan kembali pada tahun 1301 untuk Edward dari Caernarfon, yang diteruskan kepada Edward II. Itu adalah pertama kalinya putra sulung Raja Inggris dinobatkan sebagai Prince of Wales, menjadikan Edward II yang pertama dari garis Pangeran Wales saat ini, di mana Yang Mulia adalah yang ke-21. "

    Sebelum Pangeran Charles, Pangeran Wales terakhir adalah Pangeran Edward, putra Raja George V dan Ratu Mary, yang dinobatkan pada tahun 1911. Dan pada tahun 1936, ia naik takhta dan menjadi Raja Edward VIII.


    Edward, Pangeran Wales pada tahun 1911.


    Gelar Lain Charles

    Selain Pangeran Wales, Pangeran Charles memegang sejumlah gelar seperti Duke of Cornwall dan Duke of Rothesay, yang ia gunakan di Skotlandia. Dan inilah daftar gelar lengkapnya yang cukup panjang.


    Yang Mulia Pangeran Charles Philip Arthur George, Pangeran Wales, KG, KT, GCB, OM, AK, QSO, CC, PC, ADC, Earl of Chester, Duke of Cornwall, Duke of Rothesay, Earl of Carrick, Baron of Renfrew , Penguasa Kepulauan dan Pangeran serta Pejabat Besar Skotlandia.


    Surat-surat merujuk pada perintah kesatria.

    KG: Knight of the Garter

    KT: Knight of the Thistle

    GCB: Knight Grand Cross of the Order of the Bath

    OM: Order of Merit

    AK: Knight of the Order of Australia

    QSO: Companion of the Queen's Service Order

    CC: Order of Canada

    PC: Privy Counsellor

    ADC: Aide-de-Camp


    Coba katakan itu sepuluh kali dengan tempo yang cepat.



    (Penulis: Erica Gonzales; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)











- RELATED ARTICLE -