• 12 Festival Musik Terbesar di Dunia!

    Culture / News


    12 Festival Musik Terbesar di Dunia!

    Selebrasi musik di titik puncak.


    Bagi Anda para pencinta musik, sejumlah nama festival yang akan Bazaar bahas berikut pasti sudah tidak asing lagi. Euforia pergelaran konser musik di dunia selalu menarik untuk diikuti. Berbeda rasanya jika Anda menonton konser musik hanya melalui layar. Sensasi saat berada di konser musik memberikan rasa senang sekaligus bersemangat.

    Energi para musisi pun lebih jelas tersampaikan. Maka, tidak mengherankan apabila ada beberapa orang yang sampai menitikkan air mata ketika menyaksikan konser dari penyanyi dan musisi favorit mereka. Tidak jarang pula, tiket dari sejumlah festival musik sudah menyandang titel ‘sold out.’ Bahkan konser tersebut masih akan digelar dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan.

    Hal ini turut membuktikan antusiasme kita terhadap musik. Sudah pasti positif, di mana sebuah karya seni yang tertuang melalui medium musik dapat diapresiasi sedemikian rupa.

    Khusus Bazaar suguhkan bagi Anda para pencinta musik, 12 nama festival musik dunia terbaik.



    1. Coachella Valley Music & Art Festival


    Dikenal dengan nama Coachella, festival musik kelas dunia berikut digelar setiap tahunnya di California, tepatnya di Coachella Valley di Colorado Desert. Festival musik ini pertama kali dicetuskan oleh Paul Tollet dan Rick Van Santen. Mendatangi konser musik yang satu ini, Anda dijamin tidak akan menyesal! Tidak hanya penampilan dari para musisi kelas dunia yang akan disaksikan. Tetapi juga instalasi seni dan panggung pertunjukan yang selalu istimewa setiap tahunnya.


    2. Glastonbury Festival


    Sama istimewanya dengan festival musik yang Bazaar bahas sebelumnya. Glastonbury Festival of Contemporary Performing Arts, atau yang lebih dikenal dengan nama beken, Glastonbury Festival digelar rutin di Somerset, Inggris. Festival musik kelas dunia ini menghadirkan ragam pertunjukan seni. Di antaranya, musik, teater, sirkus, kabaret, tari, dan seni kontemporer lainnya. Festival ini biasanya digelar dalam kurun waktu lima hari secara berkesinambungan.


    3. Fuji Rock Festival


    Jepang juga menggelar festival musik kelas dunia. Dinamakan Fuji Rock Festival, konser besar musik ini digelar di Naeba Ski Resort, tepatnya di prefektur Niigata. Konser musik ini biasanya berlangung selama tiga hari penuh. Sehingga tidak jarang para pengunjungnya rela bermalam di area konser. Awal namanya sendiri terinspirasi dari lokasi pertama digelarnya konser musik ini yaitu di bawah kaki gunung Fuji, Jepang.


    4. Summerfest


    Milwaukee, Winconsin, menjadi tempat perhentian kita selanjutnya. Summerfest merupakan festival musik kebangaan area yang satu ini. Pertama kali diselenggarakan di tahun 1968, saat ini Summerfest menjadi festival musik tahunan dengan jumlah pengunjung yang terus meningkat setiap tahunnya. Summerfest digelar dalam kurun waktu yang cukup panjang, lebih dari 10 hari! Dan, tentu saja selalu jatuh di musim panas.


    5. New Orleans Jazz & Heritage Festival


    Berikutnya bagi Anda para penggemar musik beraliran jazz, terdapat sebuah festival musik tahunan berskala internasional di New Orleans. Dikenal dengan nama New Orleans Jazz & Heritage Festival, festival musik ini telah santer terdengar di telinga para penikmat musik jazz. Mereka biasanya mempersingkat nama festival ini menjadi Jazz Fest. Festival musik ini selalu digelar bertepatan di akhir minggu.


    6. Tomorrowland


    Khusus bagi para penikmat musik beraliran modern elektro, Tomorrowland di Boom, Belgium wajib dikunjungi. Festival musik kelas dunia ini senantiasa menampilkan aksi dari para musisi beraliran musik elektro berkualitas. Digelar kali pertama di tahun 2005, hingga saat ini Tomorrowland tetap rutin digelar setiap tahunnya. Usai diumumkan, tiketnya selalu habis dalam hitungan menit!


    7. Sziget Festival


    Sedangkan, Sziget Festival merupakan festival musik asal Hungaria. Festival musik ini dapat dikatakan sebagai salah satu festival musik termegah di benua Eropa. Digelar setiap tahunnya di Budapest, Hungaria, Sziget Festival menyuguhkan sekitar ribuan pertunjukan musik dengan konsep unik setiap tahunnya. Tidak hanya diapresiasi sebagai festival musik, namun juga sebagai festival budaya berkualitas.


    8. EDC Las Vegas


    EDC merupakan singkatan dari Electric Daisy Carnival. Para pencinta musik di dunia mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan EDC Las Vegas karena secara rutin digelar di kota Las Vegas, tepatnya di sekitar bulan Mei, beriringan dengan musim panas. Festival ini kerap menampilkan pertunjukan dari DJ ternama dan para musisi beraliran musik elektro.


    9. Snowbombing 


    Menyaksikan konser musik di tengah putihnya salju dan udara dingin memberikan sensasi menyenangkan tersendiri. Untuk pengalaman menikmati musik penuh kesan tersebut, para pencinta musik dapat mengunjungi Snowbombing, sebuah festival musik dunia yang rutin diselenggarakan di resort ski Mayrhofen di Austria.


    10. Ottawa Bluefest


    Setiap musim panas tiba di daeran Ottawa, Kanada, terdapat sebuah festival musik yang secara rutin digelar. Umumnya jatuh bertepatan di bulan Juli, konser musik berskala internasional ini menyuguhkan ragam pertunjukan aliran musik. Di antaranya rock, pop, hip hop, hingga reggae! Fakta menarik, Ottawa Bluefest merupakan festival musik kedua terbesar di Amerika Utara.


    11. Lollapallooza


    Lollapalooza. Begitu menyenangkan untuk diucapkan, semenyenangkan rangkaian pertunjukan musik yang digelarnya. Festival musik yang satu ini unik karena berkonsep tur atau festival musik travelling. Lokasinya senantiasa berubah. Pertama kali digelar di Grant Park Chicago. Kemudian, terus pindah ke Brasil, Argentina, Jerman, hingga Prancis.


    12. Untold Festival


    Kita tutup dengan festival musik elektro terbesar yang digelar di Cluj-Napoca, Romania. Untold Festival telah menerima penghargaan bertital Best Major Festival di ajang European Festival Awards di 2015. Para pencinta musik pasti sudah familier dengan festival musik berkualitas yang satu ini.


    Atau, mungkin salah satu dari Anda pernah mengunjunginya?




    (Foto & Video Courtesy of Instagram @coachella, @glastofest, @fujirock_jp, @summerfest, @jazzfest, @tomorrowland, @szigetofficial, @edc_lasvegas, @snowbombingofficial, @ottawabluefest, @lollapalloozafr, @untoldfestival)








- RELATED ARTICLE -