• Xtravaganza 2019: Bukan Sekadar Perayaan Seni dan Kultur

    Culture / News


    Xtravaganza 2019: Bukan Sekadar Perayaan Seni dan Kultur
    Xtravaganza 2019

    Simak keseruan acara Xtravaganza 2019 di Plataran Menjangan Resort & Spa!


    Generasi penerus mempunyai peran penting dalam melestarikan alam dan budaya Indonesia. “Tidak cuma melihat apa yang terpampang di media, mereka juga harus melihat ke akarnya,” tutur Yozua Makes selaku CEO Plataran saat menghadiri acara Xtravaganza 2019.


    Xtravaganza 2019


    Sepadan dengan tagline milik Plataran, A True Indonesian Icon, Plataran Menjangan baru saja mengadakan agenda yang merayakan kultur, musik, dan juga lingkungan hidup.


    Xtravaganza 2019


    Plataran menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi milenial, mengenai ekosistem pesisir dan laut. Banyak agenda edukasi yang dirangkum dalam acara Xtravaganza 2019 ini, seperti penanaman pohon endemik, penanaman karang, serta pelepasan burung Jalak Bali. Aktivitas tersebut pun didukung dengan kehadiran Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Nyoman Sutrisna, dan juga Kepala Taman Nasional Bali Barat, Agus Trisna.


    Xtravaganza 2019


    Bukan hanya bergantung dengan agenda-agenda seperti Xtravaganza 2019, Plataran juga menjalankan aktivitas menanam pohon dan koral secara rutin. Selain memberikan banyak peluang pekerjaan pada penduduk lokal, Plataran Menjangan juga berkolaborasi dengan komunitas dive lokal yang melakukan program edukasi dengan beberapa universitas di Indonesia, seperti Universitas Udayana dan Universitas Brawijaya. 




    Dengan tajuk Millennials for the Forest, acara kultur ini juga menggandeng beberapa alumni Putri Indonesia, Miss Indonesia, dan aktris yang juga seorang aktivis. Mereka adalah Artika Sari Devi, Bunga Jelitha, Dea Goesti Rizkita, Qory Sandioriva, Sonia Fergina Citra, Wilda Octaviana S, Achintya Nielsen, dan Angela Panari.


    Xtravaganza 2019


    Tidak usai sampai di sana, keseruan itu pun diisi dengan banyak program lainnya, mulai dari festival kuliner, lomba memasak, workshop pembuatan layang-layang, festival mural, hingga zumba bersama! Festival musik yang menampilkan sejumlah musisi ternama Indonesia pun ikut diagendakan, seperti Balawan, Jamie Aditya, Dialog Dini Hari, hingga pianis dan wakil ketua Ubud Village Jazz Festival, Astrid Sulaiman.


    Balawan, Xtravaganza 2019

    Balawan


    Jamie Aditya, Xtravaganza 2019

    Jamie Aditya


    Membungkus program edukasi dengan agenda selebrasi seperti Xtravaganza 2019 adalah salah satu cara Plataran Menjangan mengedukasi para masyarakat tentang alam sekitar. Bagaimana cara Anda?



    (Foto: Courtesy of Plataran Menjangan, Layout: Tevia Andriani)








- RELATED ARTICLE -