• 51 Feminist Quotes dari Para Wanita Hebat di Dunia

    People / News


    51 Feminist Quotes dari Para Wanita Hebat di Dunia

    Kata-kata mutiara dari wanita-wanita panutan yang akan membuat Anda merasa bangga sebagai perempuan.


    Bagi Anda para wanita dan pria yang memperjuangkan feminisme di tahun 2019, kami memiliki kumpulan kata-kata bijak dari para wanita pemimpin terbaik yang dapat menginspirasi Anda. Mulai dari Hillary Clinton hingga Maya Angelou, Gloria Steinem, Rihanna, dan figur pemberani lainnya, simak kutipan-kutipan berikut yang akan membantu mengiringi hari-hari Anda.


    1. Hillary Clinton

    "Untuk semua anak perempuan yang sedang menyaksikan ini, jangan pernah ragu bahwa kalian sangat berharga dan kuat, juga berhak mendapatkan setiap kesempatan dan peluang di dunia ini untuk mengejar dan meraih impian kalian."


    2. Malala Yousafat

    "Saya bersuara bukan karena saya ingin berteriak, tetapi supaya orang-orang yang tidak memiliki hak juga bisa didengar... Kita tidak bisa sukses bila sebagian dari kita diam saja."




    3. Margareth Thatcher

    "Jika Anda menginginkan sesuatu untuk dikatakan, mintalah kepada pria; jika Anda menginginkan sesuatu untuk dilakukan, mintalah kepada wanita."


    4. Madonna

    "Saya tangguh, ambisius, dan tahu benar apa yang saya inginkan. Jika ini membuat saya seperti wanita yang menyebalkan, tidak apa-apa."


    5. Madeleine Albright

    "Butuh waktu yang cukup lama untuk bersuara. Sekarang saya telah memilikinya dan saya tidak akan diam saja."


    6. Chimamanda Ngozi Adichie

    "Tentu saja saya tidak khawatir bila saya mengintimidasi para pria. Saya tidak tertarik dengan tipe pria yang merasa terintimidasi oleh saya."



    7. G.D. Amderson

    "Feminisme bukan mengenai bagaimana cara membuat wanita semakin kuat. Wanita sudah menjadi sosok yang kuat. Feminisme adalah cara merubah pandangan dunia untuk menerima eksistensi kekuatan tersebut."


    8. Gloria Steinem

    "Wanita selalu mengatakan bahwa mereka bisa melakukan apa yang juga dilakukan oleh pria. Demikian pula dengan para pria yang seharusnya juga bisa mengatakan, 'kami bisa melakukan apa saja yang dilakukan oleh wanita.'"



    9. Maya Angelou

    "Saya senang melihat gadis muda yang mendominasi dunia. Hidup itu keras. Anda harus berjuang."



    10. Maya Angelou

    "Saya adalah seorang wanita /Fenomenal / Wanita yang fenomenal / Itulah saya.“ 


    11. Ruth Bader Ginsburg

    "Wanita berada di tempat di mana banyak keputusan dibuat. ... Wanita bukan seharusnya menjadi pengecualian."



    12. Eric McKean

    "Anda tak perlu terlihat cantik. Anda tidak memiliki kewajiban menjadi cantik untuk semua orang. Bukan untuk kekasih dan rekan kerja Anda, terutama untuk para pria asing yang Anda temui di jalan. Anda pun tidak wajib menjadi cantik untuk ibu , anak-anak, dan khalayak umum lainnya. Kecantikan bukanlah sesuatu yang harus Anda bayarkan untuk dikenal sebagai wanita.“ 


    13. Melinda Gates

    "Seorang wanita yang memiliki suara didefinisikan sebagai wanita yang kuat."


    14. Gloria Steinem

    "Seorang feminis adalah siapaun yang menyadari akan kesetaraan dan kemanasiaan terhadap wanita dan pria.“


    15. Rihanna

    "Ada sesuatu yang sangat istimewa tentang seorang wanita yang mendominasi dunia laki-laki. Kekuatan, keanggunan, kecerdasan, dan keberanian dibutuhkan untuk tidak pernah mengucapkan kata tidak."



    16. Michelle Obama

    Kita sebagai wanita tidak memiliki batasan untuk meraih sesuatu."


    17. Bette Davis

    "Ketika seorang pria mengutarakan pendapatnya, ia dianggap sebagai seorang pria; ketika wanita mengungkapkan pendapatnya, ia adalah seseorang yang menyebalkan."


    18. Diane von Furstenberg

    "Saya selalu ingin menjadi femme fatale. Bahkan ketika saya masih kecil, saya tak pernah ingin menjadi seorang gadis. Saya ingin menjadi seorang wanita."


    19.  Audre Lorde

    "Saya tidak bebas ketika wanita lainnya juga terbelenggu, meskipun tantangan yang ia hadapi berbeda dengan saya."


    20. Hillary Clinton

    "Langit adalah batas kita ketika tidak ada penghalang. Jadi tetaplah berjuang hingga setiap orang dari 161 juta wanita dan anak-anak perempuan di seluruh Amerika memiliki kesempatan untuk mendapatkan hak mereka."


    21. Bell Books

    "Feminisme diperuntukkan bagi setiap orang."


    22. Nancy Pelosi

    "Wanita adalah seorang pemimpin dimanapun Anda melihatnya. Mulai dari seorang CEO dari perusahaan yang masuk ke daftar Fortune 500 maupun ibu rumah tangga yang membesarkan anak-anaknya dan melakukan pekerjaan rumah. Negara kita dibangun oleh wanita-wanita yang kuat dan akan terus bertarung untuk melawan stereotip."


    23. Emma Watson

    "Semakin saya berbicara mengenai feminisme, saya semakin menyadari bahwa upaya untuk memperjuangkan hak-hak wanita kerap berkaitan dengan kebencian kepada para pria. Jika ada satu hal yang jelas saya ketahui, saya ingin masalah ini dihentikan."



    24. Shonda Rhimes

    "Kata-kata memiliki kekuatan. Televisi memiliki kekuatan. Pena saya memiliki kekuatan."


    25. Sheryl Sandberg

    "Kita membutuhkan wanita di mana saja, termasuk di tingkat paling atas untuk mengubah dinamika, membentuk dialog, serta memastikan bahwa semua suara wanita didengar dan diperhatikan. Bukan untuk dilewati dan diabaikan."


    26. Hillary Clinton

    "Saya menentang asumsi mengenai wanita, tak peduli apakah saya ditakdirkan untuk melakukannya atau tidak. Saya sadar bahwa saya membuat orang lain tidak nyaman, namun itu hanyalah sebagian dari apa yang saya yakini sangat penting dari permasalahan di sejarah manusia. Wanita yang berdaya mampu berdiri untuk diri mereka sendiri."


    27. Beyoncé

    "Kita perlu mengubah persepsi tentang bagaimana kita memandang diri sendiri. Kita harus menunjukkan diri sebagai perempuan dan menjadi pemimpin."


    28. Eleanor Roosevelt

    "Wanita harus belajar berperilaku sama seperti pria."


    29. Meryl Streep

    "Anda bisa berpendapat bahwa kita sekarang bergabung dalam perubahan yang paling provokatif dan mendebarkan dalam sepanjang perjalan sejarah manusia bersamaan dengan revolusi teknologi. Kita ada di sini sekarang. Wanita ada di dunia dan kami tak akan diintimidasi."


    30. Kamala Harris

    "Tidak ada wanita yang perlu diberi tahu jika ia tidak bisa membuat keputusan terhadap bentuk tubuhnya sendiri. Ketika hak para wanita diinjak, kami melawan."


    31. Janelle Monáe

    "Wanita tidak akan berada dalam persembunyian lagi. Kami tidak akan menjadi figur yang disembunyikan. Kami punya nama. … Dr. Martin Luther King dan Malcolm X lahir dari seorang wanita. Berdasarkan kitab suci, Yesus pun lahir dari seorang wanita. Jangan pernah lupakan itu."


    32. Amy Schumer

    "Saya adalah wanita yang memiliki pemikiran, pertanyaan, dan hal-hal lain untuk disampaikan. Saya mengatakan bahwa saya cantik dan kuat. Saya yang menentukan cerita hidup saya, bukan Anda."


    33. Naomi Wolf

    "Saya menyimpulkan, musuh kita bukanlah liptik tetapi rasa bersalah. Kita berhak mempunyai lipstik jika kita menginginkannya, dan kebebasan berbicara. Kita berhak terlihat sensual dan serius, atau apapun yang membuat kita senang. Kita ditakdirkan untuk memakai sepatu cowboy dan membangun revolusi kita."


    34. Harriet Beecher Stowe

    "Saya rasa waktunya telah tiba bagi wanita atau anak-anak yang menyuarakan kebebasan. Manusia diharuskan untuk berbicara."


    35. Sheryl Sandberg

    "Tidak ada lagi pemimpin perempuan di masa depan. Yang ada hanyalah para pemimpin."


    36. Hillary Clinton

    "Hak asasi manusia adalah hak para wanita dan hak wanita adalah hak asasi manusia, sekarang dan selamanya."


    37. Rosa Luxemburg

    "Kebebasan wanita adalah pertanda akan kebebasan sosial."


    38. Jia Tolentino

    "Suara wanita yang kita dengarkan sekarang telah memicu amarah pria dan membuat mereka memutuskan untuk membangun kembali hirarki kekuasaan yang sudah lama ada di Amerika. … Dan kenyataan pahit ini tak akan menghentikan wanita untuk berbicara dan menurut saya hal ini akan mengubah pergerakan menjadi suatu momen. Sudah jelas bila tidak akan ada lagi yang sia-sia."


    39. Alexandria Ocasio-Cortez

    "Keadilan adalah sifat untuk memastikan bahwa bertindak sopan tidaklah sama dengan bersikap diam. Nyatanya, hal-hal baik yang kerap Anda bisa lakukan membuat orang lain merasa terganggu."



    40. Ilhan Omar

    "Mereka tidak tahan melihat seorang pengungsi, wanita berkulit hitam, imigran, dan seorang muslim yang hadir dalam sebuah kongres dan berpikir jika ia setara dengan mereka. Tetapi saya mengatakan kepadanya, 'Bagaimana lagi saya harus tampil di hadapan kalian?'"


    41. Helen Keller

    "Wanita telah menyadari bahwa mereka tidak bisa bergantung pada sikap pria untuk memberi mereka keadilan."


    42. Mitski

    Mungkin alasan utamanya adalah saya seorang wanita yang mengejar karirnya sehingga saya terobsesi dengan hasil karya dan pekerjaan saya. … Di sana tak ada tempat untuk cinta bagi saya."


    43. Angela Davis

    "Menurut pendapat saya, potensi yang paling menarik dari wanita yang bukan berkulit putih terletak pada kesempatannya untuk mempolitisasi identitas mereka, yakni menempatkan identitas mereka dalam politik daripada politik pada identitas."


    44. Toni Morrison

    "Membebaskan diri Anda adalah satu hal, sedangkan yang lain adalah mengklaim kepemilikan atas kebebasan diri sendiri tersebut."


    45. Edith Wharton

    "Terkadang yang mengandaikan sifat wanita layaknya sebuah rumah besar dengan banyak kamar di dalamnya. Ada sebuah lorong besar di mana orang-orang datang dan pergi. Ada sebuah ruang tamu yang menyambut tamu-tamu resmi. Lalu terdapat ruang bersantai di mana anggota keluarga yang juga datang dan pergi. Namun jauh sekali di ujung sana terdapat kamar-kamar lain dengan pintu kamar yang mungkin tak pernah dibuka. Tak ada yang tahu jalan menuju ke sana dan ke mana pintu tesebut mengarah. Di salah satu ruangan yang paling dalam, satu tempat yang paling suci dari semuanya, seseorang duduk di sana sendirian dan menunggu sosok lain yang tak pernah datang."


    46. Arundhati Roy

    "Dunia yang lain bukan hanya hal yang mungkin baginya, namun ia juga sedang berada dalam perjalanan menuju ke sana. Di suatu hari yang tenang, saya bisa mendengarnya bernapas."


    47. Nellie Bly

    "Anda tak mungkin bisa melakukannya.' Kata-kata tersebut adalah sebuah pernyataan yang buruk. 'Pada dasarnya Anda adalah perempuan dan membutuhkan sosok pelindung. Jika Anda berkesempatan untuk bepergian seorang diri, Anda harus membawa banyak sekali tas yang akan menghambat Anda untuk bergerak cepat. Selain itu, Anda hanya bisa berbicara dengan bahasa Inggris, sehingga tak ada gunanya untuk membahasnya. Tak ada satupun kecuali seorang pria yang mampu melakukannya.‘

    "'Baiklah,' saya mengucapkannya dengan marah. 'Mintalah pria itu untuk mulai melakukannya dan saya juga akan bekerja untuk surat kabar di hari yang sama guna mengalahkannya.'"


    48. Jane Austen

    "Saya tidak suka mendengar Anda berbicara layaknya pria yang baik-baik saja serta menganggap semua wanita juga baik-baik saja dan bukan sebagai makhluk yang rasional. Tak ada satupun dari kami yang mengharapkan selalu berada di air yang tenang."


    49. Coretta Scott King

    "Perempuan, jika nyawa dari suatu negara harus diselamatkan, saya yakin Anda adalah nyawanya."



    50. Angelina Jolie

    "Di seluruh dunia, ada banyak contoh perempuan yang bangkit dan menjadi pemimpin, menentukan takdirnya di tangan mereka sendiri, serta menginspirasi kita semua. Namun sebagian besar perempuan dan anak-anak merupakan korban perang. Lebih dari setengah pengungsi adalah perempuan dan sebagian besar menjadi korban pelecehan seksual dan kekerasan berbasis gender."


    51. Sojourner Truth

    "Pria itu mengatakan bahwa wanita butuh bantuan untuk masuk ke kendaraan, tidak menginjak jalanan berlubang, dan mendapatkan tempat terbaik di manapun. Tak ada yang pernah membantu saya di kendaraan atau ketika saya melewati jalanan penuh lumpur. Tak ada pula yang memberi saya tempat terbaik! Dan apakah saya bukan seorang wanita?"



    (Penulis: Staf Harper‘s Bazaar; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK) 


    Tags : kutipan, feminis






- RELATED ARTICLE -