• 15 Museum Unik di Dunia yang Perlu Anda Ketahui Sekarang!

    Culture / News


    15 Museum Unik di Dunia yang Perlu Anda Ketahui Sekarang!

    Bukti seni tak berbatas.


    Anda termasuk seorang apresiator seni? Jika demikian. Anda pasti paham benar arti tidak ada batas dalam seni.

    Seni ialah ekspresi. Tanpa aturan ataupun pakem yang berlaku. Nama dan konsep aliran hanya persepsi manusia. Berdasarkan teori semata.

    Faktanya, seni itu bebas. Setiap karya, berbeda adanya. Tidak ada satu pun yang sama. Jika ada pun, sudah pasti karya itu dinamakan plagiat.

    Atas alasan seni dan kekayaannya. Didirikan sejumlah destinasi museum unik di dunia, yang memaparkan varian karya seni, konsep aliran hingga pemilihan mediumnya.

    Tidak melulu secara harafiah. Sebuah seni diidentikan dengan karya lukisan agung yang terpampang di dinding dengan sorotan lampu yang menjadikannya lakon utama.

    Bahkan, benda yang dekat dengan keseharian manusia, dapat digolongkan sebagai sebuah karya seni. Di India, benda tersebut termasuk kloset kamar mandi!

    Unik dan kreatif. Mari menikmati kekayaan seni di 15 museum terunik di dunia pilihan Bazaar berikut.

    Kontroversial atau konvensional?

    Anda, para pengunjung museum sekaligus penikmat seni berhak menilai.


    1. The Hermitage di St. Petersburgh 



    The Hermitage terletak di St. Petersburgh. Galeri seni sekaligus museum ini secara rutin menggelar pameran serta aktivitas seputar seni dan keunikannya. Seperti terlihat pada unggahan video singkat barusan, yang diunggah oleh akun Instagram verified @hermitage_museum.



    2. Museum of Sex di New York



    Kata siapa seks itu tabu? Di Museum of Sex, New York, seks justru menjadi dedikasi bagi para seniman, sekaligus edukasi bagi para pengunjung. Museum yang satu ini jelas unik keberadaannya.



    3. Van Gogh Museum di Amsterdam


    Nama besar Van Gogh, sampai kapan pun akan terus melekat di hati para pencinta seni. Karya-karya dari maestro besar di dunia seni ini masih terus dapat dinikmati di museum atas namanya yang terletak di kota Amsterdam.



    4. Sulabh International Museum of Toilet di New Delhi


    Pernah membayangkan benda keseharian yang biasa terdapat di area kamar mandi, justru menjadi karya seni berharga? Imajinasi tersebut merupakan realita. Di mana Anda dapat menyaksikannya langsung dengan mengunjungi Sulabh International Museum of Toilet di New Delhi, India.



    5. Cancun Underwater Museum di Meksiko


    Bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan renang, agaknya wajib mengurungkan niat untuk menyambangi Cancun Underwater Museum di Meksiko. Karena para pengunjungnya diwajibkan berenang di bawah air untuk menyaksikan karya seni yang dipamerkan di museum ini.


    6. Prado Museum di Madrid



    Kota Madrid turut mempunyai museum andalannya sendiri. Salah satunya, Prado Museum. Museum ini kerap menampilkan karya seni langka, dari yang beraliran klasik, modern hingga kontemporer.



    7. Benaki Museum di Athena



    Ketika kelak Anda berkesempatan untuk mengunjungi Athena di Yunani. Benaki Museum wajib menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi. Di museum ini, perspektif akan seni dan turunannya akan diperluas. 



    8. Musee National Rodin di Paris



    Sebagai salah satu destinasi dunia dengan museumnya yang ternama. Kota Paris menjadi kota terbaik untuk mengalami seni yang sesungguhnya. Musee National Rodin menjadi salah satu museum istimewa milik Paris.


    9. Museum of Human Disease di Sidney


    Tidak pernah terlintas di benak, bagaimana berbagai jenis penyakit manusia ternyata ada seninya tersendiri. Museum of Human Disease merangkum segalanya. Terletak di kota Sidney, Australia. 



    10. Gallery Borghese di Roma


    Bagi para apresiator seni beraliran klasik, Gallery Borghese dapat diibaratkan sebagai surga. Di mana esensi kayanya seni aliran klasik dalam berbagai medium dituangkan secara jenius oleh sejumlah seniman kelas dunia. Kunjungi museum unik ini saat Anda berada di Roma. 


    11. Design Museum di London


    Seni dan desain ibarat satu kesatuan yang tidak akan pernah lepas satu sama lain. Pernyataan ini turut didukung dengan keberadaan Design Museum yang terletak di pusat kota London.




    Siapkan nyali sekaligus mental saat berkunjung ke Torture Museum di Chicago. Sesuai namanya, segala hal yang berhubungan dengan ‘teknik penyiksaan’ menjadi inspirasi berdirinya museum unik yang satu ini.


    13. The Victoria & Albert Museum di London

    Sedangkan, bagi Anda yang lebih memilih estetika untuk dapat dinikmati melalui seni. Ketimbang museum sebelumnya, Bazaar merekomendasikan Anda untuk mengunjungi The Victoria & Albert Museum di kota London. Nikmati seni dan segala unsur ekspresi estetika di dalamnya.


    14. Iceland Phallogical Museum di Reykjavik

    Museum unik selanjutnya, bertempat di tengah udara dingin Reykjavik di Iceland. Sejumlah karya artefak dan visual akan membawa Anda memelajari sejarah budaya lokal setempat.


    15. Funeral Carriage Museum di Barcelona

    Bahkan, kereta pembawa jasad orang yang telah meninggal dapat menjadi koleksi seni unik. Hal ini terbukti dari eksistensi Funeral Carriage Museum yang bertempat di Barcelona, Spanyol.


    (Foto Courtesy of Instagram @vangoghmuseum, @sherryshroff, @cynthiasenek, @museoprado, @thebenakimuseum, @museerodinparis, @unswdiseasemuseum, @fionatangart, @thedesignmuseum, @torture_museum, @vamuseum, @akuhirviniemi, @corpse_altar)









- RELATED ARTICLE -