• 10 Selebriti Terkenal Ini Pernah Mengalami Cyberbullying

    Culture / News


    10 Selebriti Terkenal Ini Pernah Mengalami Cyberbullying

    Perkembangan sosial media tak selalu membawa dampak positif, salah satunya maraknya cyberbullying di kalangan selebriti papan atas.


    Pasti Anda sudah tak asing lagi dengan kata bullying yang sudah ada sejak lama. Namun, dengan maraknya perkembangan internet terutama sosial media, kini muncul istilah yang disebut cyberbullying

    Cyberbullying sendiri merupakan bentuk kekerasan yang dialami seorang anak atau remaja. Hal ini biasanya dilakukan oleh teman sebayanya melalui dunia maya atau internet. Intimidasi di dunia maya adalah kejadian di mana seseorang diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan melalui internet, teknologi digital atau telepon seluler. Cyberbullying dianggap valid apabila pelaku dan korban berusia di bawah 18 tahun atau belum dewasa secara hukum. Bila salah satu pihak yang terlibat (atau keduanya) sudah menginjak usia 18 tahun, maka kasus yang terjadi dianggap sebagai kejahatan dunia maya atau lebih sering disebut cyber harassment.

    Bentuk dan metode kekerasan di dunia maya ini begitu beragam. Hal ini dapat berupa pesan ancaman melalui surat elektronik, mengunggah foto yang mempermalukan korban, membuat situs untuk menyebar fitnah dan mengolok-olok korban hingga mengakses jejaring sosial media orang lain untuk mengancam korban dan membuat masalah. Motivasi sang pelaku juga sangat beragam, mulai dari amarah, balas dendam, frustasi, ingin mencari perhatian, hingga sekadar mengisi waktu luang.

    Tak terbatas pada orang biasa saja, selebriti sering kali menjadi target utama cyber harassment. Tingkat popularitas membuat mereka menjadi rentan terhadap komentar pedas para warga internet dengan berbagai motivasi. Di bawah ini adalah beberapa selebriti dunia yang pernah menjadi korban kejahatan di dunia maya tersebut. Simak!


    1. Meghan Markle

    Sebelum bergabung dengan keluarga kerajaan, teman-teman dekat Meghan sebenarnya sudah memperingatkannya mengenai tabloid Inggris yang cenderung memuat berita penggiring opini negatif. Namun, ia tak menghiraukannya. Setelah ia resmi menjadi anggota keluarga kerajaan, Meghan perlahan seolah menjadi target pemberitaan di sosial media, di mana berita tersebut tak semuanya bersifat positif. Mulai dari bentuk tubuh saat hamil dan setelah melahirkan, cara ia menggendong anaknya, hingga surat pribadi dari ayah kandungnya menjadi bahan berita yang kurang mengenakkan. Sampai pada akhirnya di suatu wawancara yang emosional, ia mengungkapkan bahwa menjadi sorotan saat sedang hamil dan menjadi ibu baru adalah hal menantang. Baru-baru ini, Meghan juga melayangkan tuduhan atas cyberbullying kepada kakaknya, Samantha Markle, yang saat ini sedang dalam investigasi.


    2. Selena Gomez

    Sebagai seorang penyanyi sukses, Selena Gomez merupakan salah satu selebriti yang cukup sering menerima komentar pedas di sosial media. Salah satunya yang paling mengejutkan adalah komentar dari salah satu rumah mode terkenal yang mengunggah video Selena lalu menulis caption "She's so ugly!". Selain itu, Selena juga pernah menerima cacian pedas di dunia maya hingga ia sempat menonaktifkan akun Instagramnya lalu menghabiskan waktu beberapa bulan di tempat rehabilitasi mental untuk mendapatkan pertolongan atas depresi dan kecemasan yang dialaminya. Ia berkata kepada salah satu majalah lifestyle ternama, bahwa itu semua terjadi karena tekanan untuk menjadi sempurna melalui sosial media. 


    3. Sulli

    Baru-baru ini, berita duka datang dari Korea Selatan. Salah satu selebriti terkenalnya, Sulli, melakukan aksi bunuh diri yang diduga akibat cyberbullying yang kerap diterimanya. Salah satu hal yang paling sering diungkit di sosial media adalah tindakannya yang tidak mengenakan bra. Sebelum mengalami depresi, Sulli sempat menghadiri talk show yang berbicara mengenai cyberbullying. Di acara tersebut, ia membaca berbagai komentar negatif tentang dirinya yang beredar di sosial media, lalu menanggapinya. Ia juga sempat menyuarakan harapannya terhadap warga internet agar mereka dapat menerima perbedaan yang dimiliki setiap orang. "Banyak sekali karakteristik orang yang unik dengan berbagai bakat dan saya merasa mereka membuang tenaga melalui kritik yang tidak perlu," ujar Sulli.


    4. Taylor Swift

    Siapa yang tidak tahu tentang komentar pedas di akun sosial media penyanyi ini? Salah satu masalah yang paling sering diungkit adalah perseteruannya dengan pasangan suami istri Kim Kardashian dan Kanye West. Menanggapi lirik lagu Kanye West "I made that b**ch famous", Taylor mengaku ia tak pernah menyetujui hal tersebut. Kemudian suasana semakin panas saat Kim merilis sebuah video rekaman telepon antara Kanye dan Taylor yang mengesankan bahwa mereka berdua mencapai kesepakatan atas lirik lagu tersebut. Warga internet sontak bereaksi dengan mengisi kolom komentar di akun Instagram Taylor Swift menggunakan emoticon ular berwarna hijau karena ia dianggap licik seperti binatang tersebut. Namun hebatnya, Taylor malah memanfaatkan momen tersebut untuk menciptakan lagu berjudul Reputation dan juga menjadi tajuk albumnya. Di tahun lalu, Taylor Swift juga sukses menggelar konser dunia dengan tajuk yang sama.


    5. Demi Lovato

    Sebagai seorang penyanyi sukses, Demi tentunya menjadi idola dan pedoman bagi sebagian remaja. Namun perjalanan hidupnya sebagai selebriti tak sepenuhnya mulus. Ia sempat menerima kecaman mengenai bentuk tubuh dan berat badannya. Akibat komentar pedas di akun sosial medianya, ia sempat mengidap eating disorder. Tak hanya sampai di situ, akibat yang dialami secara mental pun kian parah. Demi sempat melakukan cutting yaitu tindakan menyakiti diri sendiri menggunakan benda tajam dengan cara menyayatkannya ke permukaan kulit. Sekarang, Demi telah menerima bantuan profesional untuk mengatasi masalah yang dialaminya dan kembali ke publik sebagai duta anti-bullying.


    6. Keluarga Kardashian-Jenner

    Keluarga ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga Anda. Diliputi gaya hidup kelas atas yang mewah, ternyata kehidupan mereka tak semenyenangkan yang diperlihatkan di televisi dan sosial media. Para anggota keluarga Kardashian-Jenner kerap menerima kritik pedas melalui berbagai platform sosial media mulai dari Instagram, YouTube hingga Twitter. Semua ini dimulai dari beredarnya video porno yang melibatkan Kim Kardashian. Kemudian sang adik, Kylie Jenner, juga kerap menerima komentar negatif mengenai perubahan wajahnya yang dianggap berlebihan. Sementara itu, Khloe Kardashian juga sering menerima kritikan tentang bentuk tubuh hingga kehidupan percintaannya. Ternyata menjadi pusat perhatian tidak semudah itu, bukan?


    7. Cardi B

    Saat ia memenangkan Grammy di kategori Best Rap Album, Cardi malah mendapatkan kecaman dari berbagai penjuru. Banyak yang menganggap bahwa Cardi, sebagai seorang rapper perempuan, tidak pantas menerima penghargaan tersebut karena masih banyak yang lebih hebat darinya. Berbagai kecaman yang datang berakhir pada ia menghapus akun Instagramnya untuk sementara waktu. Selain itu, para penggemar Nicki Minaj juga sempat melayangkan komentar pedas ke Cardi di dunia maya karena perselisihan masa lalu mereka. Ditambah lagi, Ariana Grande juga sempat menyatakan rasa tidak sukanya atas kemenangan Cardi B karena mengalahkan Mac Miller yang merupakan mantan pacar Ariana.


    8. Adele

    Pelantun tembang hit dengan karakter dramatis ini juga sempat menerima cacian di dunia maya. Hal tersebut terjadi sesaat setelah ia melahirkan putranya. Komentar pedas yang beredar di internet bahkan termasuk death threats, kritikan soal berat badannya hingga bercandaan tentang postpartum depression. Tentu hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah dihadapi, namun saat itu ia dan sang suami (yang sekarang sudah menjadi mantan suami) menghadapinya dengan tegar. Beberapa penggemar Adele pun melayangkan cuitan pembelaan terhadapnya.


    9. Lorde

    Penyanyi asal Selandia Baru ini begitu terkenal hingga mengundang komentar negatif ke akun sosial medianya. Lorde dan pacarnya saat itu, James Lowe, menerima cuitan rasis di Twitter mengenai hubungan percintaan mereka. Lorde tetap terlihat tegar dan mencoba untuk tidak menghiraukan pada bullies, namun ia mengakui dalam sebuah wawancara bahwa ia sangat terpengaruh oleh komentar pedas tersebut.


    10. Zendaya


    Aktris yang sedang naik daun ini telah memiliki kesuksesan di dunia akting dan musik. Namun sayangnya, ia juga pernah menerima komentar pedas dari cyberbullies di dunia maya. Hal ini terjadi sesaat setelah ia dipilih sebagai pemeran Aaliyah di sebuah film. Haters mengungkapkan bahwa Zendaya tak bisa menjalani peran tersebut karena kariernya yang tak cukup besar, dan sebagian lain mengomentari latar belakang bi-racial miliknya. Tentu saja hal ini tak membuat Zendaya patah semangat. Ia tak menghiraukan segala komentar pedas itu dan melanjutkan berakting di film tersebut dengan sukses.




    (Foto: Courtesy of Instagram/ @sussexroyal, @selenagomez, @jelly_jilli, @taylorswift, @ddlovato, @kimkardashian, @iamcardib, @adele, @lordeargoficial, @zendaya)







- RELATED ARTICLE -