• 18 Film Baru yang Wajib Anda Saksikan di Bulan November

    Culture / News


    18 Film Baru yang Wajib Anda Saksikan di Bulan November

    Film-film terpilih di bulan November yang dapat membantu Anda untuk mengalihkan perhatian sejenak dari padatnya aktivitas akhir tahun.


    1. Unlovable


    Unlovable menjadi film kedua yang disutradarai oleh Suzi Yoonezi setelah Dear Lemon Lima, sekaligus merupakan film debutnya dengan tema coming-of-ager. Suzi menghadirkan keceriaan, humor, dan daya tariknya tersendiri dalam drama komedi musikal arahannya yang menceritakan tentang hubungan asmara dan intimasi dari seorang gadis yang berusaha bangkit dari masalah kecanduan seks.

    Film Unlovable dibintangi oleh Charlene deGuzman (2 Broke Girls), Melissa Leo, dan John Hawkes.



    2. Suspiria


    Usai menggarap Call Me by Your Name, sutradara Luca Gaudagnino kini muncul dengan film terbarunya yang berjudul Suspiria yang dibintangi oleh Dakota Johnson, Tilda Swinton, dan Mia Goth. Judulnya memang terdengar familiar, sebab film ini merupakan remake dari giallo di tahun 1977 yang disutradarai oleh Dario Argento.

    Bila Dario sebelumnya memperlihatkan suasana mencekam disertai dengan teriakan-teriakan ketakutan yang memekakkan telinga, di film barunya Luca lebih menggunakan pendekatan-pendekatan artsy. Meskipun demikian, keberadaan penyihir di sini masih tetap menjadi ancaman.



    3. The Nutcracker and the Four Realms


    Film fantasi yang solid dan memorable dari rumah produksi Disney memang layak untuk dinanti. Menuju musim libur akhir tahun, kita disuguhi dengan film berjudul The Nutcracker and the Four Realms.

    Mackenzie Foy, Keira Knightley, dan Helen Mirren siap menghibur dalam sebuah cerita yang menjanjikan petualangan penuh warna dengan tentara-tentara kue jahe dan tikus-tikus kecil. Film ini telah tayang di seluruh dunia sejak tanggal 2 November yang lalu.



    4. Boy Erased


    Beberapa kisah sedih yang mengundang tangis telah dirilis pada bulan Oktober lalu, misalnya saja Beautiful Boy, The Hate U Give, dan What They Had. Di bulan November ini, Boy Erased siap mengajak penontonnya untuk kembali tersedu. \

    Drama ini mengadaptasi cerita dari buku memoar tulisan Garrard Conley berjudul Boy Erased: A Memoar of Identity, Faith, and Family yang mengungkapkan pengalaman pribadinya. Aktor dan aktris kelas Oscar seperti Nicole Kidman, Lucas Hedges, dan Russel Crow berkolaborasi bersama di bawah arahan sutradara Joel Edgerton.



    5. A Private War


    Matthew Haineman dikenal sebagai sutradara dan produser kawakan film dokumenter perang seperti Cartel Land dan City of Ghosts. Karya selanjutnya dari Matthew adalah cerita dokumenter tentang seorang koresponden perang asal Amerika yang terkenal bernama Marie Colvin.

    Rosamund Pike ditunjuk sebagai pemeran sang jurnalis, di mana ia bermain bersama Jamie Dornan dan Tom Hollander. Film ini akan rilis di Amerika pada tanggal 16 November mendatang dan diharapkan mampu melukiskan sisi keberanian yang identik dengan film Matthew pada umumnya.



    6. The Front Runner


    Bulan November tahun ini tidak semata bernuansa Thanksgiving tetapi juga dibumbui dengan suasana politik Amerika Serikat. Hidangan layar lebar kali ini adalah sebuah kisah nyata tentang skandal yang melibatkan orang penting di kursi pemerintahan Amerika, yaitu Senat Gary Hart yang maju menominasikan dirinya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat pada pemilihan tahun 1988.

    Ia melakukan hubungan terlarang dengan wanita yang bukan istrinya dan hal ini tentu mengancam karirnya. Dibintangi oleh  Hugh Jackman sebagai si tokoh utama, film tersebut dirilis pada tanggal 6 November yang bertepatan dengan hari pemilihan di Amerika Serikat.



    7. Dr. Seuss' The Grinch


    The Grinch siap menyambut libur Natal dan akhir tahun Anda dengan cerita klasik yang diangkat dari buku karangan Dr. Seuss. Benedict Cumberbatch, Angela Lansbury, dan Kenan Thompson menjadi pengisi suara dalam film animasi berdurasi 86 menit dari rumah produksi Universal Pictures ini.



    8. In a Relationship


    Sam Boyd menghadirkan drama komedi dengan tentang kisah dua pasangan yang hubungannya cukup bertolak belakang. Emma Roberts dan Michael Angarano memerankan salah satunya dan mampu menampilkan sesuatu yang berkesan dengan bumbu humor dalam kehidupan romansa pasangan ini. In a Relationship sudah tayang di bioskop Amerika Serikat pada tanggal 9 November.


    9. Overlord


    Unsur horor dan misteri dipadukan dalam sebuah film yang mengambil latar cerita D-Day ketika pasukan Amerika menginvasi Normandy. Perang ini bukanlah pertarungan biasa, sebab pasukan G.I. Force harus menghadapi musuh tak terduga dari laboratorium Nazi yang berada di ruang bawah tanah sebuah gereja.

    Disutradarai oleh Julius Avery bersama J.J. Abrams sebagai produser, film ini mampu mendulang pujian dari para kritikus sehingga layak untuk masuk ke daftar screening Anda.



    10. The Girl in the Spider's Web


    Jangan mengira bahwa petualangan seorang hacker bernama Lisbeth Salander telah berakhir, sebab sekarang ia kembali beraksi dalam sebuah saga terbaru yang diadaptasi dari buku original karangan Stieg Larsson. Film The Girl in the Spider‘s Web masih bercerita tentang jaringan mata-mata melawan penguasa pemerintahan yang licik, hanya saja sosok Lisbeth kali ini diperankan oleh Claire Foy dari serial The Crown.  



    11. Jinn


    Debut Nijla Mumin sebagai sutradara dalam film Jinn patut diapresiasi. Film bertema coming-of-ager tersebut mengisahkan tentang seorang remaja perempuan berusia 17 tahun yang berusaha mencari jati dirinya ketika ibunya memutuskan untuk menganut agama Islam.

    Jinn sebelumnya telah memenangkan penghargaan dalam SXSW Festival pada bulan Maret lalu dan dirilis ke layar lebar pada tanggal 15 November 2018.



    12. Widows


    Sutradara peraih Piala Oscar, Steve McQueen, tahun ini mempersembahkan sebuah kisah psychological thriller tentang aksi sekelompok perempuan yang ditinggal mati oleh suaminya masing-masing. Viola Davis, Michelle Rodriguez, dan Elizabeth Debicki harus menyelesaikan konsekuensi akibat tindakan kriminal yang pernah dilakukan oleh suami mereka semasa hidup.

    Film ini turut dibintangi pula oleh aktor-aktor ternama seperti Liam Neeson, Daniel Kaluuya, dan Colin Farrell.



    13. The Ballad of Buster Scruggs


    Ethan Coen dan Joel Coen memadukan unsur komedi dalam sebuah drama western dengan setting wilayah frontier di Amerika. Film ini memang hanya tayang di beberapa negara, namun kabar baiknya adalah Anda bisa menyaksikan enam segmen kisah seorang cowboy bernama Buster Scruggs (Tim Blake Nelson) hanya dari sofa nyaman di rumah sebab The Ballad of Buster Scruggs akan hadir di Netflix tanggal 16 November 2018.



    14. Jonathan


    Setelah membintangi Baby Driver tahun lalu, Ansel Elgort tahun ini menghibur penggemarnya dalam film debut arahan sutradara Bill Oliver. Ia berperan sebagai dua karakter yang berbeda bernama Jonathan dan John, tetapi keduanya berdiam dalam satu tubuh yang sama.

    Persoalan semakin rumit ketika Jonathan dan John jatuh cinta pada satu perempuan yang sama bernama Elena (Suki Waterhouse). Drama sci-fi ini tayang di layar lebar pada tanggal 16 November 2018.



    15. Creed II


    Michael B. Jordan kembali membawa Adonis Creed ke atas ring tinju di bawah pimpinan sutradara baru, Steven Caple Jr. Di sini, Creed sebagai petinju kelas berat didikan Rocky Balboa (Sylvester Stallone) akan menghadapi lawan baru yang membuatnya terjun ke kenangan masa lalu. Creed II akan tayang di bioskop pada tanggal 21 November mendatang.



    16. Green Book


    Kisah unik tersaji dalam film Green Book, di mana seorang pria bouncer kulit putih menjadi supir bagi seorang pianis klasik keturunan Afrika-Amerika dan menemaninya di sepanjang perjalanan ke wilayah Amerika Selatan. Aktor Virgo Mortensen dan Mahersala Ali memerankan kedua tokoh utama tersebut.

    Film drama ini disutradarai oleh Peter Farrelly yang pernah bekerja di belakang layar dan kursi pengarah film untuk Dumb and Dumber.



    17. The Favourite


    Emma Stone, Rachel Weisz, dan Olivia Colman bergabung dalam jajaran pemeran di film berjudul The Favourite. Yorgos Lanthimos menyutradarai drama yang membawa kita kembali menyaksikan kehidupan kerajaan di abad ke-18. Film ini lebih menonjolkan cerita tentang hubungan antara tiga wanita yang menjadi tokoh utamanya, yaitu seorang ratu bersama teman dekat dan pelayannya. The Favourites mulai tayang di bioskop pada tanggal 23 November 2018.



    18. Shoplifters


    Sutradara asal Jepang, Hirokazu Kooreda, mengulas tentang kehidupan sebuah keluarga yang menggantungkan nasibnya dari hasil mencuri di toko. Mereka lalu menemukan seorang gadis kecil, menjadikannya sebagai anggota keluarga dan mengajarinya untuk mencuri.

    Cerita tersebut memang sedikit mengingatkan kita pada Oliver Twist, hanya saja Shoplifters memberikan napas yang lebih gelap. Sebelumnya, drama ini pernah mendapatkan penghargaan Palme d‘Or pada festival film Cannes 2018 dan akan segera tayang pada tanggal 23 November.



    (Penulis: DeAnna Janes; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US)








- RELATED ARTICLE -