• Cara Merawat dan Membersihkan Jaket Kulit

    Fashion / Tips


    Cara Merawat dan Membersihkan Jaket Kulit

    Bagi Anda penyuka jaket kulit berikut Bazaar tampilkan kiat-kiat untuk merawat dan membersihkan jaket kulit.


    Jaket kulit merupakan busana fashion yang wajib dimiliki. Dengan kualitas kulit yang bagus jaket kulit pun dapat meningkatkan gaya Anda. Walaupun hanya mengenakan T-shirt dan celana jeans, jaket kulit memberikan kesan elegan jika dikombinasikan dengan tepat.



    Namun ternyata untuk membersihkan sekaligus merawat jaket kulit perlu perlakuan khusus. Karena bahan kulit mudah untuk tergores bahkan sampai robek. Untuk itu Bazaar bagikan cara-cara untuk merawat dan membersihkan jaket kulit.

    Sebelum Anda membersihkan jaket kulit. Ada baiknya Anda membaca instruksi yang terdapat pada label pakaian. Karena biasanya setiap jaket kulit memiliki spesifikasi tersendiri yang detail mengenai cara pembersihan yang cocok sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.





    Cara Membersihkan Jaket Kulit:

    1. Membersihkan jaket kulit menggunakan air hangat dan sabun.

    Sabun yang dapat digunakan adalah sabun cair pencuci piring. Campurkan dua sendok sabun dan air hangat kemudian aduk agar sabunnya larut. Penggunaan sabun pun harus diperhatikan karena sabun berlebihan dan keras dapat merusak warna pada jaket kulit sehingga menimbulkan noda. 

    Dalam membersihkan jaket ini, Anda dapat menggunakan spons atau handuk halus. Kedua media ini dilakukan dengan cara direndam ke dalam air sabun, kemudian peras hingga spons atau handuk basah saja. Karena air berlebihan dapat merusak bagian kulit pada jaket. Usap bagian luar jaket. Perhatikan cara mengusapnya harus dengan hati-hati karena dapat menimbulkan goresan pada jaket kulit. 

    Setelah menggunakan sabun, kembali usap jaket kulit Anda dengan handuk yang hanya dibasahi dengan air. Anda pun dapat membersihkan kembali jaket dengan handuk halus yang kering. Tepuk-tepuk jaket untuk menghilangkan sisa air yang menempel. Jika sudah kering, gantung jaket Anda di dalam lemari. Panas yang berlebihan dapat merusak kulit apalagi ketika masih lembap. Hindari penggunaan hair dryer atau pengering baju.



    Selain dengan sabun cair pencuci piring, Anda pun dapat menggunakan :

    1. Pasta gigi: Posisikan pasta gigi ke bagian noda di jaket Anda dengan jari. Kemudian gosok lembut memakai kain halus hingga noda hilang.
    2. Penghapus kuteks: Nail polish remover dapat menghilangkan noda tinta. Caranya dengan kapas yang dibasahi penghapus kuteks kemudian tekan perlahan sampai noda tinta memudar dan hilang, jangan digosok karena dapat membuat noda menyebar. Kemudian bersihkan dengan kain bersih yang dibasah. Untuk proses pengeringan dapat memakai handuk halus.
    3. Baking soda: Tabur baking soda atau tepung maizena di tempat yang berminyak dan bernoda. Kemudian gosok dengan lembut menggunakan kain basah. Tinggalkan selama semalam agar bahan tersebut dapat menyerap minyak. Terakhir, bersihkan sisa baking soda dengan kain lembut dan keringkan pakai handuk lembut.
    4. Alkohol atau cuka putih: Larutkan cairan alkohol atau cuka putih dengan air. Kemudian bersihkan jaket kulit Anda dengan kain. Ini dapat membersihkan jamur pada jaket kulit.


    BACA JUGA: Cara Merawat Tas Dan Sepatu Kulit




    2. Anda juga dapat memakai pembersih khusus kulit.

    Pembersih kulit mengandung bahan yang dapat membersihkan kotoran, noda, dan minyak, sehingga jaket kulit Anda tetap sehat dan lembut. Untuk menggunakan pembersih ini, Anda dapat mengaplikasikannya pada jaket menggunakan handuk yang lembut dan bersih.

    Pijat dan usap dengan cara melingkari secara perlahan di bagian yang bernoda atau memiliki minyak. Usap sedikit demi sedikit sampai bersih. Teknik ini pun dapat Anda terapkan diseluruh bagian jaket kulit Anda. Dengan menggunakan pembersih khusus ini, mampu mengangkat sisa-sisa air dan kotoran yang menempel pada jaket Anda.

    Catatan bagi jenis kulit yang lembut Bazaar sarankan untuk dibersihkan oleh ahli profesional. Jenis kulit ini sangat rentan sehingga khawatir akan merusak bahan kulit bahkan dapat merobek kulit. Meski jenis kulit suede dapat dibersihkan dengan sikat tangan yang halus untuk menghilangkan debu yang menempel.


    Perbandingan antara jaket kulit sebelum dan sesudah dibersihkan


    (Sebelum dan Sesudah)

    Cara Merawat Jaket Kulit:

    1. Penggunaan krim waterproof:

    Penggunaan krim ini dapat mencegah kerusakan kulit karena waterproof akan melindungi pori-pori kulit dan membuat jaket Anda tahan akan air. Jika terlalu banyak paparan uap air, jaket kulit akan cepat rusak. Harus diingat penggunaan waterproof ini harus secara berkala, dan lebih baik digunakan saat Anda baru membeli jaket kulit. 



    2. Kondisioner khusus bahan kulit:

    Salah satu langkah yang penting dalam merawat jaket kulit Anda adalah dengan penggunaan kondisioner khusus untuk bahan kulit. Krim kondisioner ini dapat mempertahankan kelembapan serta dapat mencegah keretakan kulit pada jaket. Krim ini dapat Anda pakai setahun sekali atau saat Anda selesai membersihkan jaket kulit. Selain kondisioner opsi lain yang dapat anda terapkan adalah memakai minyak zaitun atau minyak kayu putih.


    tampilan jaket kulit setelah dibersihkan


    Cara Penyimpanan Jaket Kulit:

    Untuk menyimpan jaket yang telah dibersihkan, Anda dapat menggantungkan jaket di tempat kering atau sejuk. Jika jaket Anda mengalami kerutan, Anda dapat menyetrika dengan temperatur panas yang sedang namun harus dilapis handuk terlebih dahulu.

    Merawat jaket kulit adalah hal yang penting agar jaket kulit dapat bertahan lama. Anda dapat membersihkan jaket kulit kesayangan satu tahun sekali untuk menjaga kualitas dan agar kondisinya tetap baik.




    (Foto: theveca©123RF.com, Steve Collender©123RF.com, Giuliano Cesare Del Moretto©123RF.com dan Instagram @chanel, @ysl, @Moschino, @Celine)







- RELATED ARTICLE -