• Mencicipi Kuliner Dim Sum Terlezat di Hong Kong

    Culture / Tips


    Mencicipi Kuliner Dim Sum Terlezat di Hong Kong

    6 destinasi kuliner autentik bagi para penggemar dim sum.


    Cuaca dingin akibat curah hujan tinggi memang paling bisa membuat perut lapar, seakan tidak berkompromi dengan diet yang tengah dijalani. Nafsu makan saat udara dingin memang lebih tinggi dari biasanya.


    Perasaan baru satu jam yang lalu kita menghabiskan nikmatnya semangkuk ramen hangat di kala hujan, tapi sekarang sudah lapar lagi. Entah lapar mata atau memang cacing di dalam perut sudah menjelma menjadi ular raksasa. Yang jelas makan di saat hujan nikmatnya dua kali lipat! Apalagi kalau bicara yang hangat-hangat, seperti bakpao daging dengan kepulan asap hangat, atau semangkuk sup tim ayam yang menyehatkan. Membayangkannya saja sudah membuat liur menetes. 


    Bulan Desember memang identik dengan cuaca dingin. Selain tentunya waktunya bergaya dengan koleksi Fall/ Winter karya desainer tenar, ada satu lagi kiat menjaga tubuh tetap hangat saat cuaca dingin ini datang. Apalagi kalau bukan makan.


    Memiliki rencana liburan akhir tahun ke Hong Kong sebentar lagi? Maka Anda tidak salah laman. Bersama Bazaar, kita akan menelusuri tempat terbaik menyantap hidangan pecinan khas Hong Kong. Dim sum! Disajikan bertumpuk di mangkuk anyaman maupun di atas piring putih bersih bergaya modern, yang jelas dim sum tetap saja nikmat. Selamat menyimak!


    1. Tim Ho Wan



    Mungkin saat membacanya sekilas, Anda langsung berpikir apa bedanya dengan Tim Ho Wan di Jakarta? Jawabannya, jelas berbeda.


    Tim Ho Wan Hong Kong terkenal karena merupakan restoran berbintang Michelin dengan harga yang tetap terjangkau. Selain kelezatan menu dim sum nya, restoran ini buka 24 jam penuh. Sehingga, tak peduli kapan pun rasa lapar menyerang, Tim Ho Wan akan selalu siap dengan menu dim sum hangat kepunyaan mereka.


    2. Lin Heung



    Walaupun tidak dibuka 24 jam penuh seperti Tim Ho Wan, nyatanya Lin Heung selalu dipenuhi para penggemar dim sum ketika jam operasionalnya berlangsung. Rasa autentik dim sum kreasi restoran yang satu ini memang sudah tenar mendunia. Selain mencoba kelezatan dim sum di Lin Heung, Anda juga dapat mencoba ritual minum teh yang menjadi ciri khas restoran ini.


    3. Dragon King



    Jangan coba-coba datang terlalu siang terutama saat akhir pekan. Yang ada Anda tidak akan kedapatan tempat untuk menikmati brunch di Dragon King.


    Selalu ramai dipenuhi turis hingga warga lokal, Dragon King jelas menjadi pilihan Bazaar untuk tempat menikmati dim sum terbaik di Hong Kong. Soal kenikmatan rasanya, agaknya tidak perlu ditanyakan lagi. Cukup dibuktikan dengan antrian panjang yang selalu terjadi setiap akhir minggu tiba.


    4. Seventh Son



    Tidak ada yang mengalahkan rasa autentik sekaligus asli sepiring dim sum. Semakin autentik, semakin nikmat hidangan tersebut. Namun, seringkali bahasa menjadi kendala. Banyak penikmat kuliner mengeluh kesulitan berbahasa dalam memesan menu dim sum mereka. Sebagian besar juru masak yang merupakan penduduk Hong Kong asli memang tidak semua lancar berbahasa Inggris. Namun, Anda tidak akan menemukan kendala semacam itu di Seventh Son. Hampir seluruh tim juru masak hingga pelayan mereka dapat berbahasa Inggris dengan nyaris sempurna. Soal rasa dim sum, tentu tidak kalah dengan yang lain.


    5. Luk Yu Tea House 



    Pertama kali dibuka di tahun 1930, restoran legendaris ini menjadi rekomendasi Bazaar selanjutnya. Terletak strategis di pusat distrik Hong Kong, para penggemar dim sum wajib mencoba Luk Yu Tea House. Menikmati dim sum di tengah interior bergaya oriental dengan sentuhan Art Deco akan menjadi pengalaman berkesan. Selain dim sum, Luk Yu Tea House juga terkenal akan racikan tehnya yang berkualitas.


    6. Duddells





    Kelihaian sang koki eksekutif Fung Man-Ip menjadi rahasia kesuksesan Duddells. Sekilas namanya mengingatkan kita akan film laga ternama yang dibintangi aktor kawakan Jet Li. Namun bukan lihai membela diri, juru masak kenamaan ini lihai berkreasi kuliner. Menu dim sum dan sejumlah resep masakan Asia lainnya pun menjadi kreasi andalannya.


    Tidak heran bila Duddells juga diakui para turis dan warga lokal sebagai salah satu tempat menikmati dim sum terbaik di Hong Kong.


    (Foto: dash©123RF.com , Courtesy of Instagram of @supertastermel, @frankfurtfoodie, @thecolordiet, @olivesundays, @stephwsc, @duddellshk)









- RELATED ARTICLE -