• Tips Menyimpan Parfum Agar Tahan Lama

    Beauty / Tips


    Tips Menyimpan Parfum Agar Tahan Lama

    Mengapa menyimpannya di dalam lemari menjadi pilihan terbaik.


    Entah Anda telah menemukan “yang satu-satunya” dan masih menggunakan eau de parfum yang sama dengan yang Anda gunakan di masa remaja Anda, atau Anda adalah seseorang yang menyesuaikan parfum dengan pakaian yang Anda kenakan, acara atau suasana hati, ketahuilah ini: ada cara yang dapat membuat aroma parfum Anda lebih baik.

    Ya, hanya menyimpannya dengan benar, Anda dapat memperpanjang intensitas aroma yang dibuat dengan baik.
    Ini juga berarti Anda dapat menggunakan lebih sedikit sehingga jika Anda mencoba untuk membenarkan label harga parfum favorit baru Anda, maka inilah alasannya. Ditambah, Anda tidak perlu membuang setengah dari isi parfum yang hanya akan menambah debu, karena aromanya sudah tidak sama lagi seperti saat Anda membelinya.

    Ini yang perlu Anda ketahui tentang wewangian...

    Apakah penting mengenai di mana Anda menyimpan parfum?
    Singkat kata, ya. Dengan cara yang sama pelembap Anda dipengaruhi oleh suhu, parfum pun dapat berubah tergantung pada apakah udara terlalu panas, lembap atau suhu yang terus berubah. Kamar mandi terlupakan dari pertanyaan (panas dari bak mandi atau shower dapat menghasilkan kelembapan yang berlebihan) seperti di mana saja yang terkena matahari langsung. Ya, botol mungkin terlihat cantik ketika berkilauan dibawah sinar matahari, tetapi tidak memberi manfaat untuk parfum di dalamnya. Tempat yang ideal? Di tempat dengan suhu konstan dan dingin, rekomendasi dari Nick Gilbert, ahli dan konsultan wewangian. “Idealnya simpan wewangian Anda di kotak aslinya untuk melindungi dari panas dan cahaya. Apabila parfum Anda sudah termasuk penutup botol, simpanlah itu juga.

    Apakah bahan alami vs sintetis membuat perbedaan?

    Kebanyakan wewangian mengandung campuran bahan molekul dan ekstrak alami yang berisiko teroksidasi atau ‘mati’. Namun, parfum yang benar-benar alami cenderung lebih cepat teroksidasi sehingga sangat penting Anda untuk menghargai komposisi dan menyimpannya dengan benar.

    Apakah ada bahan parfum yang mudah menghilang?
    Menurut Nick, bahan jeruk adalah yang terburuk. Jeruk akan bagus jika itu merupakan sebuah perpaduan dengan bahan lain, karena bahan lain akan membantu, tetapi itu adalah sesuatu yang perlu dipikirkan jika Anda berinvestasi dengan parfum baru. Jika Anda tidak yakin Anda akan menggunakannya dalam enam bulan ke depan, sebaiknya beli botol dengan ukuran yang lebih kecil.



    Bagaimana Anda tahu bahwa parfum sudah melewati tanggal kadaluwarsa?
    Setelah Anda membuka segelnya, parfum Anda akan beraroma spektakuler selama sekitar satu tahun (kecuali hanya terbuat dari bahan jeruk). Setiap parfum berbeda, tentu saja, tetapi Anda akan tahu dengan perubahan dalam aroma. “Tergantung pada bahan-bahannya, mereka mungkin mulai mengembangkan aroma ‘amis’ atau ‘mint’ jika mereka citrusy, aroma berlemak pada beberapa kayu, atau bubuk kari untuk beberapa bahan bunga,” ujar Nick.

    Apakah warna botol membuat suatu perbedaan?
    Apakah Anda mengira botol hanya bagian dari branding? Serta menimbang keputusan Anda apakah Anda ingin membelinya, desain botol memiliki dampak besar dalam menjaga kualitas bahan-bahan di dalamnya. Botol yang bening mungkin terlihat chic, tetapi mereka seperti tombol fast-forward yang menyebabkan kerusakan karena sinar matahari dapat langsung masuk. Jadi, jika Anda ingin aroma Anda tercium dari jarak jauh, botol yang buram atau gelap dapat Anda incar pertama kali.

    Sekali Anda membuka segel botol, parfum Anda akan

    beraroma spektakuler selama setahun


    Apabila saya pergi liburan, apakah perbedaan suhu dapat menjadi masalah?

    Jika Anda akan bermain ski, iklim yang dingin bukanlah musuh di sini. Namun, jika Anda datang di suatu tempat di mana perkiraan cuacanya panas 24/7, berhati-hatilah. “Ekstrem panas akan mulai mengubah sifat material dalam wewangian, secara efektif memasaknya dan mengubahnya menjadi lebih cepat,” Nick memperingatkan. Hal terbaik yang harus dilakukan ketika Anda check-in adalah untuk memburu mini bar dan menyimpan botol parfum Anda disana.

    Bagaimana dengan aroma “acara spesial” Anda?
    Sayangnya, setelah ada ruang di dalam botol dan oksigen membuat kontak dengan aroma, waktu terus berjalan pada berapa lama aroma tersebut akan bertahan. “Jangan menyimpan wewangian yang Anda anggap paling baik terlalu lama, karena Anda mungkin akan melewati tahun-tahun mendatang dan itu akan berubah,” ujar Nick.

    Singkatnya, simpan wewangian Anda di tempat yang gelap dan apabila aroma parfum Anda mulai beraroma seperti kunyit daripada wangi sedap malam, mungkin sudah waktunya untuk Anda menggantinya.

    (Penulis: Becci Valis, diedit oleh Jessica Vince; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih Bahasa: Livia Geraldine; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)









- RELATED ARTICLE -