Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Tips Memilih Busana di Musim Hujan

Tetap ingin tampil modis meski musim hujan tiba? Coba simak 15 tips berikut untuk Anda kenakan di musim hujan kali ini.

15 Tips Memilih Busana di Musim Hujan

Memasuki musim akhir tahun, temperatur udara di berbagai kota memang cenderung dingin bahkan memiliki peluang diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Namun untuk urusan gaya, bukan menjadi kendala untuk Anda tidak bisa tampil modis. Gaya berbusana pun dapat disesuaikan dengan kondisi cuaca. Mulai dari pemakaian busana berlapis, beragam model jaket, hingga aksesori tahan air bisa menjadi kunci untuk tampilan di musim hujan ini. Hangat, nyaman, dan mampu memberi impresi modis seketika.

Selain gaya padu padan busana yang patut diperhatikan, jangan lupa pula untuk sedia payung di dalam tas ataupun mobil Anda. Dan siaplah bergaya di tengah rintikkan air hujan.
Berikut Bazaar berikan tips dalam memilih busana agar tetap modis di musim hujan.
1. Sweater
 

Memasuki musim dingin maupun hujan, sweater menjadi objek fashion wajib untuk dimiliki. Apalagi sweater yang terbuat dari bahan rajut, memiliki fungsi yang mampu menawarkan kehangatan sekaligus kenyamanan. Anda juga bisa dengan mudah memadupadankannya. Coba bermain dengan tabrak warna. Pilih sweater berwarna cerah dan padukan bersama rok warna vibran yang saling bertentangan. 
2. Blazer
 
Selain menjadi items andalan untuk busana kerja, kini fungsi blazer bertambah luas. Lewat padanan blazer, Anda bisa tampil profesional sekaligus menjadi busana penghalau dingin. Jika impresi tangguh jadi preferensi Anda, pilih blazer berstruktur tegas dan padukan bersama celana berpotongan lurus.
3. Coat
 
Memasuki musim hujan, coat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Cukup kenakan blus atau dress sebagai dalaman, kemudian tumpuk bersama luaran coat ini. Selain hadir dari bahan wol, coat juga diperkaya dengan model yang lebih ringan atau biasa disebut trench coat. Ragam fitur tambahan seperti kancing multi-fungsi dan reversibel, memudahkan para pemakai untuk berkreasi secara fashionable.
4. Jaket Parka
 
Hadir dalam siluet oversized, luaran berpotongan konseptual ini menjadi salah satu jajaran wajib punya sebagai sahabat musim hujan. Anda dapat mengenakan bawahan berupa celana cargo untuk tampilan tangguh dan beri imbuhan warna yang memikat. 
5. Jumpsuit
 
Dikenakan dengan atau tanpa luaran mantel, jumpsuit dengan aksen zipper pada bagian dada ini, dapat mengelevasi pernyataan gaya Anda yang ingin tampil lebih sporty namun tetap eksklusif.
6. Denim
 
Meski didaulat sebagai material kasual, nyatanya denim tidak pernah lekang dimakan waktu dan musim. Siasati koleksi denim Anda dengan teknik layering. Siluet tubuh Anda pun masih dapat terlihat dinamis dan tidak terkesan ‘berat’.
7. Jaket Hoodie
 
Meski rancangannya terkesan maskulin, Anda tetap dapat tampil feminin dengan mengenakan jaket hoodie. Padukan jaket hoodie bersama celana pendek, dan beri pernyataan lewat pointy heels dengan kaos kaki untuk tampilan masa kini.
8. Midi Dress
 
Ciptakan tampilan resmi lewat padanan dress tanggung dan boots seperti inspirasi street style di atas. Anda juga bisa memadukan dengan tas dalam warna selaras sebagai penyempurna. Namun, pastikan pilih jinjingan yang bersiluet simpel agar kapabel untuk menemani segala kegiatan profesi Anda.
9. Rok Lipit
 
Desain rok lipit berpotongan midi dalam warna vibran, dapat menambah vibrasi gaya Anda di kala hujan sering melanda. Anda juga dapat mengenakan atasan berupa jaket dari material neoprene yang telah berhasil membuat para pemakainya merasa terlindungi dari cuaca dingin.
10. Boots Kulit
 
Salah satu item yang tak boleh terlewatkan adalah sepatu boots dari kulit. Jenis sepatu boots ini begitu versatile untuk dikenakan sepanjang musim. Apalagi dalam pilihan warna hitam yang selalu jadi andalan. Mungkin beberapa wanita kurang percaya diri untuk mengenakan boots tinggi, namun Anda bisa menyiasatinya lewat padanan cape dress, dan nuansa effortless yang tangguh pun tercipta.
11. Topi Fedora
 

Tak hanya untuk melindungi kepala dari sinar matahari, topi jenis fedora juga bisa menjadi penyelamat di kala rintik hujan turun. Penampilan pun menjadi lebih statement ketika mengenakan topi inip sebagai penunjang gaya penampilan sehari-hari.
12. Sneakers
 
Hadir dalam desain yang sporty sekaligus stylish, kini sneakers tak hanya diandalkan sebagai alas kaki untuk olahraga. Alas kaki ini pun diolah atraktif sehingga mampu menjadi pelengkap gaya para wanita di segala kesempatan. 
13. Tas PVC
 
Pikat perhatian lewat jinjingan tas dari material PVC transparan yang anti air ini. Kemudian padukan dengan busana berwarna netral agar tas Anda kian menjadi pusat perhatian.
14. Boots PVC
 
Memakai sepatu boots tembus pandang dengan kaos kaki bercorak, mengapa tidak? Kuncinya, percaya diri! Pastikan busana Anda berpotongan di atas lutut sehingga penampilan eksentrik ini tidak berlebihan. Dan sepatu boots siap menemani langkah Anda di atas permukaan jalan yang berair.
15. Syal 
 
Saatnya berinvestasi ke ragam model syal sebagai penambah aksen saat bergaya. Modifikasikan syal dengan berbagai macam trik lilitan agar bisa juga dikenakan sebagai pelindung kepala saat hujan ringan.
 
(Foto: Szymon Brzoska, Valentina Valdinoci, Vincenzo Grillo / IMAXTREE.COM)