• Cerita 10 Seleb Hollywood Tentang Korset yang Menyiksa

    Fashion / News


    Cerita 10 Seleb Hollywood Tentang Korset yang Menyiksa

    Betapa tersiksanya para aktris ini ketika mereka harus menggunakan korset untuk kebutuhan film dan serial drama.


    Para selebriti Hollywood akan melakukan apa saja agar dapat memenuhi peran yang harus mereka mainkan. Tak terkecuali dalam penggunaan busana. Demi menampilkan kembali drama sejarah, selebriti ini harus rela menggunakan kostum yang memerlukan perhatian ekstra. Sebut saja Korset.

    Meskipun, korset mencerminkan keterbatasan seorang wanita pada zaman ia berjaya dan memiliki efek serius kepada pemakainya.


    Berikut Bazaar tampilkan 10 Selebriti yang memiliki pengalaman buruk dan emosional dari penggunaan korset dalam film mereka.



    1. Keira Knightley


     Keira Knightley merupakan akrtis Hollywood yang identik dengan kemewahan drama sejarah. Namun tetap saja bagi Keira menggunakan korset yang harus ia kenakan merupakan “hal yang paling menakutkan”

    “Ini bukan sesuatu hal yang mengejutkan bagi saya, sebagai wanita yang lemah. Karena saya tidak bisa menghirup udara ketika saya menggunakannya,” Keira berpendapat kepada Today. “ Ketika saya harus melakukan adegan yang penuh dengan emosi, emosi itu datang begitu saya ingin memulainya dan malah menjadi susah bagi saya untuk menenangkan diri.”

    “Saya tidak bisa menarik napas saya dan memusatkan diri saya. Saya pun tak heran jika banyak orang pingsan di mana-mana.”


    2. Dakota Fanning


    Aktris yang memerankan serial drama Amerika The Alienist, di Netflix ini, terlihat tampil menarik dengan gaun berlengan puffy panjang bergaya New York di tahun 1896. Tapi tampilan ini harus dibayar mahal oleh Dakota Fanning.

    “Saya pingsan ketika pertama kali saya mencoba menggunakannya, dan ini memberikan Anda indikasi bagaimana penggunaan korset.” Kata Dakota kepada Digital Spy

    Dakota mengatakan bahwa korset adalah pembatasan bagi para wanita di zaman itu, dan korset digunakan untuk menjaga penampilan bagi para perempuan.

    “Sebagai wanita, ini merupakan hal yang tidak bisa kita lakukan sendiri,” lanjut sang aktris.

    “Saya harus menggunakan kostum yang rumit ini hanya untuk menjaga penggambaran wanita di zaman itu, bahkan saya tidak bisa melepaskannya sendiri setelah saya selesai shooting.”


    3. Lily James 

    Lily pernah menggunakan kostum korset ketika ia memerankan Lady Rose di Downton Abbey. Namun Lily tidak menyangka akan merasa tersiksa menggunakan korset ketika berperan menjadi Cinderella untuk film ciptaan Disney.

    Lily mengungkapkan kepada The Daily Mail “Korset yang saya gunakan sangat ketat, bahkan saya hanya bisa memakan makanan yang bertekstur.”

    Akrtis Mammamia 2 ini menambahkan bahwa gaun biru ikonis dalam film itu merupakan suatu penyiksaan.


    4. Emma Stone


    Peraih akrtis terbaik piala Oscar ini secara tidak langsung mengungkapkan betapa mengerikan penggunaan korset untuk serial drama terbarunya The Favourite.

    “Tidak ada wanita yang mampu menggunakannya untuk waktu yang lama. Sehingga membuat Anda simpati dengan apa yang telah terjadi di zaman itu,” jelas Emma ketika menghadiri The Graham Norton Show.

    “Untuk satu bulan pertama, saya tidak bisa bernapas, dan saya tidak bisa mencium aroma menthol. Ini membuat saya berpikir saya ingin berada di tempat terbuka dan bernapas untuk sejenak. Setelah satu bulan, Seluruh organ tubuh saya berpindah, ini sangat tidak pantas untuk dibahas dan jangan lakukan itu jika Anda tidak perlu melakukannya!”


    5. Nicole Kidman


    Di tahun 2001, Nicole Kidman mengejutkan penggemarnya dengan tampil dalam musikal Moulin Rouge! Dan ia mematahkan tulang rusuknya dengan mencoba menggunakan korset burlesque-dancer 

    “Saya kembali mematahkan tulang rusuk saya dengan menggunakan itu,” kata sang aktris di acara Graham Norton.

    “Saya ingin pinggang saya turun 18 inch, seperti Vivian Leigh di Gone with the Wind. Maka ketika saya menggunakannya, saya berkata “Lebih ketat, lebih ketat lagi.”


    6. Jenna Coleman


    Aktris 32 tahun ini telah menggunakan korset untuk dua serial dari drama Royal Victoria. Tentunya ini tidak mudah baginya.

    Meski bagi Jenna korset sangat tidak nyaman, namun ia sangat suka dengan bentuk tubuhnya ketika menggunakan korset. Bagi Jenna kendala saat menggunakan korset dapat membantu dia untuk masuk ke dalam pola pikir pemerintahan raja pada zaman itu.

    “Ini sangat luar biasa, saya bisa mengendalikan kondisi psikologi saya. Dan ini sangat membantu ketika saya harus melakukan adegan emosional,atau Anda ingin berjalan dengan cepat namun merasakan sesuatu yang membuat napas Anda memendek,” kata pemeran Cry kepada OK!


    7.Natalie Dormer


    Akrtis The Game of Thrones ini memiliki korset khusus setelah membintangi dua serial drama Tudors dan The Scandalous Lady W. Tapi daya tarik dari pemeran dua drama BBC, Picnic at Hanging Rock, kembali menggunakan korset kembali.

    “Saya muak dengan korset, dan saya berjanji saya tidak akan menggunakannya untuk waktu yang lama,” Natalie sebelummya mengatakan kepada Radio Times.

    Natalie mengatakan ini menjadi sangat sulit, karena pengambilan gambar dilakukan saat musim panas di Melbourne.

    “Hal yang paling saya sukai adalah kopi mereka, wine merah dan alpukat yang dihancurkan, dan Anda bisa merasakan masakan Asia yang lezat. Saya harus katakan Tarik korsetnya lebih ketat. Melbourne adalah tempat terbaik untuk menikmati makanan,” tambahnya

    “Anda harus berkeringat dan menjaga kelembapan, dan jangan berada di sekitar saya ketika melepaskan korset ini,” tutupnya


    8. Emma Watson


    Emma menjadi akrtis dan aktivis pendukung hak wanita yang berani menolak untuk menggunakan korset di film Disney Beauty and The Beast. Emma ingin mencerminkan seorang wanita modern ketika ia memerankan karakter Belle.

    Emma juga ingin perannya sebagai putri yang kontemporer untuk memiliki agensi dan mengontrol aksinya, daripada direduksi dengan perkataan “korset adalah ide yang tidak masuk akal dari kecantikan wanita.”

    Disainer dari gaun kuning ikonik yang digunakan Emma dalam film tersebut akhirnya mengganti korsetnya dengan bahan yang lebih lentur.

    “Ia tidak pernah dibatasi dengan apa yang dia pakai.” Kata sang designer Jacqueline Durran, kepada WWD. “Ia bisa melakukan apa saja yang ia inginkan dengan kostumnya. Ia sedang menaiki seekor kuda.”


    9. Heida Reed


    Akrtis pemeran serial televisi Poldark ini, menamai korsetnya dengan sebutan “Cruella” karena rasa sakit yang ditimbulkan oleh korset yang ia kenakan.

    Akrtis 30 tahun ini mengunggah foto hitam putih dirinya yang sedang menggenakan korset tersebut ke dalam Instagram, dengan menambahkan keterangan “Siapa yang ingin makan banyak dalam waktu dua minggu,dan menggunakan korset Cruella? Ia kembali dan ia jahat.”

    Heida juga mengatakan kepada Radio Times, “Saya hanya bisa makan sup dan smoothies karena korset itu sangat ketat.”


    10. Jessica Brown Findlay


    Pemeran The Downton Abbey ini mengatakan menggunakan korset untuk memerankan tokoh Lady Cybil untuk waktu yang lama, membuatnya ingin melupakan sejarah serial itu untuk waktu yang lama.

    “Saya benci korset,” kata Jessica kepada The Telegraph. “Saya benar-benar membenci korset. Dan saya pikir saya tidak akan pernah menggunakannya.”

    Namun pada akhirnya, sang aktris menyerah setelah di tahun 2017 bergabung dengan serial drama Harlots bersama Lesley Manville dan Samantha Morton.


    (Penulis: Naomi Gordon; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Denniel Saerang; Foto: Courtesy of Bazaar UK)








- RELATED ARTICLE -