• Belajar Sejarah Indonesia Lewat Drama Musikal

    Culture / News


    Belajar Sejarah Indonesia Lewat Drama Musikal

    CIMB Niaga bersama Josodirdjo Foundation dan ZigZag Indonesia mempersembahkan musikal bertajuk Khatulistiwa.


    Ratusan orang memenuhi area Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki di akhir pekan pertengahan November lalu saat pementasan pertama drama musikal Khatulistiwa: Jejak Langkah Negeriku

    Sesuai dengan namanya, drama musikal ini menampilkan sejumlah kisah pahlawan-pahlawan Indonesia yang tanpa kenal takut, melawan penjajah sampai titik darah penghabisannya. 




    Selain itu dipentaskan juga momen terbentuknya Sumpah Pemuda dan momen menjelang Proklamasi kemerdekaan Indonesia.

    Di bawah arahan sutradara Adjie NA, musikal ini mengemas sejarah tersebut lewat cerita seorang ayah kepada sejumlah anak kecil tentang perjuangan para pahlawan. 

    Di antara ratusan talenta muda yang terlibat dalam musikal ini, terlihat juga Rio Dewanto yang memerankan Ki Hajar Dewantara, Kelly Tandiono sebagai pemandu pramuka, serta Sita Nursanti sebagai Dewi Sartika. 


    Meski terdapat beberapa kendala teknis cahaya dan suara saat Bazaar menyaksikan musikal ini, plot yang menceritakan kisah pahlawan yang berbeda-beda tetap dirasa sebagai cara yang menyenangkan untuk belajar sejarah negeri ini.

    Dan turut menjadi salah satu media atraktif bagi pendidikan para generasi muda Indonesia tentang perjuangan pahlawan di masa lampau, dan bagaimana kita dapat melanjutkan perjuangan itu lewat cara-cara yang bermakna.

     

    (Foto: Dok. Instagram Musikal Khatulistiwa)










- RELATED ARTICLE -