• Destinasi Liburan Sesuai Zodiak Anda

    Culture / Tips


    Destinasi Liburan Sesuai Zodiak Anda

    Apa kata zodiak Anda tentang tujuan berlibur Anda di akhir tahun nanti?


    Akhir tahun semakin mendekat! Saatnya bersiap untuk merencanakan liburan. Banyak jenis liburan yang bisa Anda lakukan, dari mulai solo traveling atau memilih pergi bersama keluarga dan sahabat. Menjadi backpacker atau turis penuh gaya. Semuanya terserah Anda.

    Namun jika bingung menentukan destinasi terbaik, serahkan saja pada zodiak Anda. Karena kami tahu Anda selalu penasaran akan zodiak, bukan?


    AQUARIUS

    Tipe liburan: Menjelajah destinasi tidak populer

    Jangan pernah berharap seorang Aquarius mau mengunjungi tempat di mana turis biasa berkumpul. Sosok Aquarius adalah petualang yang gemar mencari destinasi eksentrik, guna mendapatkan pengalaman yang berbeda.

    Oleh karena itu destinasi ekstrim seperti Iran bisa menjadi jawaban untuk Aquarius. Di balik penggambaran media mengenai Iran, negara ini merupakan salah satu destinasi terbaik untuk mengamati lebih dekat peradaban kuno Timur Tengah. Di mana Anda bisa mengunjungi Persepolis, situs kuno berusia ribuan tahun.

    Persepolis (Cr: Anneta Ribarska)

    Selain itu, di Iran Anda bisa melihat lanskap alam yang luar biasa, dengan pegunungan yang menjulang. Cocok untuk Aquarius yang menyukai tantangan dan aktivitas luar ruangan. Di tambah kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat Iran yang selama ini mungkin hanya Anda lihat dari berita di televisi. Pastinya kunjungan ini akan jadi salah satu pengalaman terbaik bagi Aquarius.

    Di Indonesia, Aquarius bisa memilih Kepulauan Anambas sebagai lokasi untuk menghilangkan penat. Terletak nyaris di garis perbatasan Indonesia, membuat kepulauan yang dinobatkan sebagai Asia's Best Tropical Island pada 2013 lalu ini masih kalah populer dibandingkan wisata kepulauan Nusantara lainnya, seperti Raja Ampat. Karena alasan itulah maka Anambas adalah tempat yang tepat bagi sosok Aquarius.

    Kepulauan Anambas (Cr: Giri Prasetyo)

    Kepulauan Anambas dengan lebih dari 200 pulau pastinya tak akan membuat Aquarius bosan. Laguna berair jernih yang menjadi pembatas antar pulau adalah spot terbaik untuk melakukan diving atau snorkeling. Belum lagi Anda bisa melakukan island hoping, bersantai di pulau-pulau kecil, dan bercengkrama dengan masyarakat lokal.


    PISCES

    Tipe liburan: Mengembalikan fokus

    Kebiasaan Pisces yang kerap melarikan diri dari sebuah situasi membuatnya menjadi sosok penggemar traveling sejati. Pisces selalu butuh waktu untuk sejenak melepaskan diri dari kesibukan dan rutinitas yang mengikat.

    Saran Bazaar untuk para Pisces, pilih destinasi yang dekat dengan perairan luas dan panorama alam yang bisa kembali menyegarkan pikiran Anda.

    Indonesia adalah destinasi paling tepat bagi Pisces yang ingin menikmati matahari tropis sembari bersantai. Untuk liburan yang berbeda, cobalah menikmati cruise bersama Alila Purnama yang akan mengantarkan Anda menjelajah perairan di wilayah Indonesia bagian timur.

    Alila Purnama (Cr: Alila Hotels)

    Kapal mewah Alila Purnama terbatas hanya untuk 10 penumpang, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan privasi dan kenyamanan. Belum lagi terdapat layanan spa, restoran, dan aktivitas bawah laut yang bisa dinikmati Pisces selama berlayar.

    Punya budget lebih? Silahkan mengunjungi Amalfi Coast, pesisir pantai nan cantik di bagian selatan Italia. Terletak di Semenanjung Sorrentino, Amalfi Coast merupakan UNESCO World Heritage Site berkat lanskap alamnya yang luar biasa. Anda bisa menginap di salah satu hotel yang berdiri di bibir tebing, memberikan akses pada panorama Laut Tyrrhenian. Sesampainya di sini ada banyak kota yang bisa Anda kunjungi, salah satunya Positano yang terkenal.

    Positano (Cr: www.positano.com)


    ARIES

    Tipe liburan: bertualang

    Terlahir sebagai seorang Aries berarti Anda merupakan sosok penuh energi, jiwa pemberani, dan merupakan seorang independent traveler. Seorang Aries tak segan dalam mencoba aktivitas yang menantang adrenalin ketika traveling, karena bagi mereka ‘vacation is an active adventure’.

    Di Indonesia, untuk kegiatan penuh adrenalin, Anda bisa menantang nyali dengan melakukan paralayang di salah satu spot terbaik paralayang di dunia, yakni di Matantimali, Sulawesi Tengah.

    Matantimali (Cr: Instagram @fikijbhayangkara)

    Matantimali merupakan nama sebuah desa di atas Pegunungan Verbek, yang konon dulu merupakan lokasi pos pemantau tentara Belanda. Lokasinya yang berada di atas gunung, membuat angin yang berhembus ke arah lereng bisa menimbulkan turbulensi, sehingga perjalanan Anda melayang di udara semakin seru sembari dimanjakan pemandangan alam lembah Palu yang cantiknya.

    Jika pilihan liburan Anda adalah luar negeri, maka tempat yang cocok ialah Queenstown, Selandia Baru. Di musim dingin, banyak pilihan aktivitas ekstrim yang bisa Anda coba. Mulai dari heli-ski, berselancar dengan perahu jet di sungai berbatu, dan tentunya bungee jumping.

    Heli-ski.

    Tips untuk Aries adalah selalu perhatikan pilihan aktivitas yang hendak Anda lakukan, karena Aries memiliki tendensi bertindak sebelum berpikir lebih jauh, yang membuatnya bisa kewalahan saat melakukan sebuah aktivitas atau mengunjungi sebuah destinasi.

     

    TAURUS

    Tipe liburan: Mewah

    Merupakan salah satu zodiak terkuat dalam jajaran bintang Taurus lahir dengan karakter yang keras kepala, loyal, dan sabar. Membuat mereka menjadi pribadi yang biasa bekerja keras untuk mencapai target yang mereka inginkan.

    Ketika berlibur, seorang Taurus mendambakan kepuasan dan selalu berprinsip untuk menikmati waktu liburan mereka seutuhnya. Karena itu seorang dengan zodiak Taurus lebih suka berwisata di tempat yang nyaman dengan akomodasi bagus dan cenderung mewah, serta menikmati gaya traveling yang santai dan tidak tergesa-gesa.

    Seorang Taurus pastinya bisa mengapresiasi island life dan akomodasi super mewah yang ditawarkan oleh Nihiwatu Resort di Sumba. Dengan konsep all inclusive, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Sumba sepanjang 2,5 km. Selama berada di sana ikutilah beragam kegiatan yang menjadi bagian dari liburan Anda, seperti snorkeling, kayaking, dan memancing, atau Anda juga bisa menikmati spa safari, mengunjungi pabrik coklat hingga mengunjungi desa adat terdekat.

    Pemandangan dari salah satu vila di Nihiwatu (Cr: Nihiwatu)

    Jika menginginkan sesuatu yang berbeda, arahkan liburan Anda untuk menikmati resort terbaru di Maldives, St. Regis Vommuli Resort. Akomodasi premium di pulau pribadi ini tak dipungkiri lagi akan memenuhi seluruh ekspektasi Taurus akan liburan yang mewah.

    St. Regis Vommuli Maldives Resort (Cr: St. Regis Vommuli Maldives Resort)

     

    GEMINI

    Tipe liburan: Padat aktivitas

    Satu hal yang paling ditakutkan dari seorang Gemini adalah rasa bosan. Karenanya Gemini butuh liburan dengan beragam aktivitas berbeda untuk menjauhkannya dari rasa jemu.

    Selain itu karakter Gemini yang cukup kuat adalah kemampuannya menjadi seorang storyteller yang baik. Membuatnya selalu berusaha mempelajari dan mendalami banyak hal, untuk ia ceritakan kembali sepulangnya dari berlibur.

    Tujuan wisata yang menyimpan tempat berbudaya, area untuk menjajal aktivitas fisik, serta lokasi pesta adalah kriteria untuk seorang Gemini yang tidak bisa diam terlalu lama di satu tempat.

    Karena itu tempat terbaik yang bisa dikunjungi Gemini di Indonesia adalah Bali. Pulau Dewata punya paket lengkap yang bisa membuat Gemini tetap terhibur selama liburan. Anda bisa mengunjungi desa adat, seperti Desa Adat Tenganan, untuk interaksi budaya lokal. Mengunjungi berbagai galeri atau mengikuti workshop untuk aktivitas seni, dan di malam hari saatnya berpesta dengan mengunjungi pusat nightlife di Seminyak.

    Wanita-wanita di Desa Adat Tenganan (Cr: Ara Siahaan)

    Untuk destinasi di luar Indonesia, arahkan rencana perjalanan Anda ke Meksiko City. Tempat yang lagi-lagi akan membuat Gemini sibuk mengeksplorasi sejarah, seni, dan budaya di seluruh sudut kota.

    Meksiko City terkenal akan budaya muralnya. Seakan seluruh dinding kota ini diciptakan untuk para mural artist. Namun untuk pengalaman menyaksikan sendiri karya mural terbaik adalah National Autonomous Unversity. Tempat ini merupakan situs seni yang menyimpan buah karya dari beberapa muralist terkenal seperti Diego Rivera, Juan O’ Gorman, dan David Alvaro Siqueiros.

    Bangunan National Autonomous University (Cr: www.unam.mx)

    Untuk keriaan di malam hari, district Condesa adalah jawabannya. Berbagai bar akan membuka pintunya untuk Anda yang mencari ingar bingar pesta penutup hari panjang Anda di Meksiko City.

     

    CANCER

    Tipe liburan: Mencari kenyamanan

    Merupakan zodiak dengan karakter sensitif dan sentimental, seorang Cancer gemar bernostalgia tentang perjalanan-perjalanan yang mereka lakukan. Seorang Cancer juga merupakan tipe repeat visitor yang bisa berkali-kali mengunjungi sebuah tempat jika destinasi tersebut ternyata cocok dengan mereka.

    Karena itu penting bagi seorang Cancer menemukan destinasi liburan yang bisa memberikan perasaan nyaman layaknya rumah. Tak jarang seorang Cancer akan mengajak keluarga atau sahabat terdekat untuk berlibur bersama, menciptakan memori indah untuk kemudian diulangi berkali-kali.

    Destinasi yang mungkin cocok bagi seorang Cancer adalah Kroasia. Selain kecantikan alamnya yang luar biasa, Kroasia menawarkan suasana yang nyaman, dengan fasilitas yang tak perlu diragukan lagi. Standar kehidupan yang tinggi membuat Kroasia banyak menjadi tujuan untuk menghabiskan waktu pensiun atau beristirahat.

    Villa Agave (Cr: www.adriaticluxuryvilla)

    Anda bisa menyewa salah satu vila di kawasan Dubrovnik yang memberikan pemandangan tanpa batas ke Laut Adriatik. Di tempat ini banyak tersedia vila di pinggir tebing, seperti Villa Agave, yang berdiri di tepi tebing Pulau Lokrum, menjanjikan panorama kota tua Dubrovnik dan Laut Adriatik. Tiga kamar di vila cantik ini cocok untuk menciptakan memori bersama keluarga dan sahabat.

    Sementara lokasi di Indonesia yang cocok adalah Yogyakarta. Nuansa kota yang sarat dengan nostalgia kerajaan cocok bagi Cancer yang sensitif. Ada begitu banyak tempat di Yogyakarta yang bisa membuat Cancer bersenang-senang. Dari mulai bangunan candi yang eksotis, pantai-pantai yang tenang, hingga suguhan kebudayaan seperti Sendratari Ramayana.

    Candi Prambanan. (Cr: Instagram @nadhif_88)

    Seorang Cancer juga membutuhkan support dan atensi secara terus menerus, karena itu zodiak ini paling tepat pergi secara berkelompok. Dan pastikan untuk memiliki banyak foto dan kenang-kenangan, karena Cancer pasti akan kembali bernostalgia sepulang dari berlibur. 

     

    LEO

    Tipe liburan: Liburan berkelas

    Seorang berzodiak Leo selalu suka menjadi pusat perhatian di tengah keramaian, membuatnya cocok untuk pergi berlibur bersama orang lain. Karena dengan begitu Leo bisa memiliki audiens selama di perjalanan. Preferensi Leo akan pusat keramaian membuatnya tak pernah bosan untuk mengunjungi destinasi beriklim hangat dan punya banyak opsi nightlife.

    Hal lain yang perlu diperhatikan seorang Leo dalam memilih destinasi adalah Leo menyukai kemewahan dan segala sesuatu yang indah. Leo akan memastikan diri mereka selalu mendapatkan akomodasi terbaik dan kemewahan selama perjalanan.

    Bali tetap menjadi salah satu lokasi favorit untuk Leo yang menyukai hal-hal glamor dan serunya pesta. Dan pusat keramaian di Bali yang tak boleh dilewatkan adalah Motel Mexicola. Kuliner khas Meksiko, musik latin bercampur dengan playlist Top 40 dan pengunjung yang tak segan bergoyang pasti akan membuat Leo merasa berada di habitatnya. Apalagi dengan tradisi berdansa di atas meja ala Mexicola, niscaya tempat ini adalah panggung yang tepat bagi Leo.

    Motel Mexicola (Cr: Motel Mexicola)

    Di luar Indonesia, Leo bisa mencoba akomodasi super mewah dengan mengunjungi Irlandia, dan menginap di Ashford Castle yang merupakan bangunan dari Era Medieval dan dulu merupakan kastil milik Keluarga Guinness.

    Ashord Castle (Cr: Ashford Castle)

    Ashford Castle merupakan salah satu castle hotel terbaik di Irlandia yang menyediakan pengalaman lengkap, dari mulai kuliner hingga kesempatan untuk bersantai dan menikmati kehidupan ala bangsawan di hotel yang mendapatkan penghargaan sebagai Global Winner for Grand Luxury Hotel of the Year 2016.


    VIRGO

    Tipe liburan: Mengejar pengalaman

    Virgo merupakan zodiak yang suka memberikan perhatian lebih pada detail dan perencanaan. Maka jangan kaget jika seorang Virgo akan mempelajari betul destinasi yang mereka tuju. Perencanaan ini berguna agar Virgo bisa dengan total mengamati kehidupan warga lokal, begitu sampai di tempat liburan.

    Virgo bisa belajar banyak dari destinasi-destinasi eksotis, atau dari tipe vakansi yang memasukan agenda edukasi seperti wine tasting atau cooking class. Orang dengan zodiak Virgo juga selalu berhasil menjadikan traveling pengalaman yang memperkaya pengetahuan dan kedalaman emosionalnya.

    Jerman bisa menjadi salah satu destinasi impian seorang Virgo yang gemar menjelajahi bangunan kastil kuno, world-class museum, bangunan bersejarah, hingga kawasan pedesaan yang pasti akan memanjakan mata dan menyenangkan hati Virgo.

    Dresden Christmas Market (Cr: www.dresden.de)

    Kota yang sesuai dengan selera Virgo adalah Dresden yang memiliki taman kota nan hijau serta sejarah musik yang panjang, karena di kota inilah komposer Wilhelm Wagner pertama kali memperdengarkan karya-karyanya. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Dresden di kala Natal, jangan lewatkan Christmas Market yang memiliki sejarah panjang dari mulai abad ke-15. Atau Anda bisa mengunjungi Cologne, kota yang terkenal dengan arsitektur Gothic ini bisa membuat seorang Virgo dengan asyiknya berkeliling kota seharian.

    Tak menolak untuk dimanjakan fasilitas mewah, Virgo juga bisa mengunjungi Solo sebagai destinasi liburan. Di jantung peradaban Jawa Tengah ini, Anda bisa menelusuri sejarah kerajaan dengan bertandang ke Pura Mangkunegaraan dan Keraton Kesunanan Surakarta. Wisata budaya di Solo juga tidak akan lengkap bila tidak menyempatkan diri ke House of Danar Hadi, museum yang hingga kini masih menjaga batik sebagai salah satu warisan kebudayaan Indonesia.

    Keraton Kesunanan Surakarta (Cr: Instagram @sahiddipa)

     

    LIBRA

    Tipe liburan: Mencari kedamaian

    Libra adalah sosok yang menyenangkan untuk menjadi teman di perjalanan. Sifat mereka yang easy going dan cenderung tenang, menjadikan sosok mereka adalah partner yang tepat untuk berlibur.

    Libra memilih sebuah destinasi yang bisa membantu mereka mengembalikan keseimbangan hidup setelah sekian lama fokus pada pekerjaan. Maka destinasi yang memberikan kesempatan untuk bersantai bagi pikiran bisa menjadi opsi baik bagi Libra. Atau mungkin pilihan liburan dengan mengunjungi tempat-tempat sarat nilai kebudayaan dapat membuat Libra merasa terhubung dengan sisi spiritual dan budaya.

    Salah satu cara terbaik mengembalikan keseimbangan pikiran untuk Libra adalah menyampingkan sejenak smartphone Anda dan biarkan diri Anda dimanjakan oleh spa dan indahnya lanskap alam. Jika itu yang Anda inginkan maka Argentina adalah tempatnya. Silahkan mengunjungi Llao Llao Hotel & Resort yang merupakan salah satu destinasi spa terbaik di Amerika Selatan. Selama disini Anda bisa memilih untuk akomodasi di bangunan bergaya klasik, atau yang memiiki sentuhan modern. Apapun yang Anda pilih, keduanya memiliki akses ke indahnya pemandangan Patagonia.

    Llao Llao Hotel & Resort (Cr: Llao Llao Hotel & Resort)

    Saat liburan, Libra tak segan memanjakan diri dengan makanan enak atau berbelanja benda-benda favorit mereka. Karena itu Bali tetap menjadi tujuan berlibur yang bisa dinikmati oleh Libra. Deretan retail shop dan living store di kawasan Seminyak adalah kunci dari liburan ala Libra.

    Rekomendasi dari Bazaar? Anda bisa mengunjungi Souq di kawasan Seminyak. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai koleksi busana nuansa tropis yang cocok dikenakan di Bali. Selagi di sini, Anda bisa menikmati kudapan dan kopi di area Souq Cafe. Tempat lain yang bisa memanjakan Libra adalah Kim Soo Cafe, homeware store yang kini dijuluki sebagai new design mecca in Bali.

    Kim Soo Seminyak (Cr: Instagram @kimsoohome)


    SCORPIO

    Tipe liburan: recharging

    Seorang Scorpio bisa menjadi sosok yang sangat intens, karena itu traveling adalah waktu di mana Scorpio bisa melakukan recharge untuk menemukan kembali keseimbangan dalam hidup. Scorpio cocok dengan destinasi yang berdekatan dengan air dan alam. Namun jangan harap mereka mau sepenuhnya hidup menyatu dengan alam, karena sesungguhnya Scorpio tetap menginginkan kenyamanan modern selama traveling.

    Berkemah di gurun pasir (Cr: www.luxurydessertcamp.com)

    Bagi Scorpio yang penuh gairah, liburan bersama pasangan bisa menjadi pilihan. Ajak pasangan Anda menikmati kemping mewah di tengah gurun pasir di Maroko.  Percayalah Anda akan tetap merasakan kenikmatan akomodasi modern plus dapat menikmati waktu berkualitas bersama orang kesayangan Anda di tempat yang sunyi, seakan-akan dunia hanya milik Anda berdua.

    Alternatif liburan di dalam negeri bisa mengunjungi lokasi yang berdekatan dengan air namun juga memberikan intensitas gairah yang sama. Cobalah menikmati liburan dengan mengikuti kegiatan cruise.

    Alexa Cruise (Cr: Alexa Cruise)

    Alexa Cruise adalah salah satu penyedia layanan private cruise yang bisa Anda nikmati untuk diri sendiri. Dengan kapal phinisi yang telah dirombak sehingga menjadi akomodasi premium, Anda akan diantar berkeliling di wilayah laut Indonesia bagian timur. Sembari menikmati berbagai pelayanan bintang lima di atas kapal.

     

    SAGITARIUS

    Tipe liburan: Penuh rasa penasaran

    Dengan simbol Centaur, seorang Sagitarius selalu penuh dengan rasa penasaran dan kerap memburu sesuatu yang unik dan baru. Baginya mendapatkan pengalaman dan ilmu dari sebuah perjalanan pelesir adalah sebuah keharusan.

    Sagitarius akan menyukai mengunjungi tempat-tempat yang tidak familiar dan menjanjikan mereka bisa mendapatkan sebuah kisah dan pengalaman yang baru.

    Tak jarang seorang Sagitarius memilih berpartisipasi dalam aktivitas liburan yang tidak biasa. Misalnya melakukan tur sepeda di Mallorca, salah satu pulau di Laut Mediterania yang punya pemandangan mempesona. Anda bisa memulai trip bersepeda ini dengan mengunjungi Ibiza terlebih dahulu, sambil mencoba beberapa trek di lokasi tersebut. Barulah terbang ke Mallorca untuk memulai bike trip Anda. Kesempatan berolahraga sekaligus mengamati lebih dekat kehidupan masyarakat lokal.

    Bike trip di Mallorca (Cr: www.duvine.com)

    Karena kami tahu, Sagitarius selalu senang bisa mendalam langsung kehidupan masyarakat lokal. Bagi Sagitarius berpelesir merupakan kesempatan untuk mendalami seluruh kearifan lokal, dinamika, dan pengalaman hidup yang membuat sosok Sagitarius semakin menyelami hal spiritual dan psikologis. Satu destinasi dalam negeri yang bisa juga dijelajah oleh Sagitarius adalah Flores, tepatnya desa Wae Rebo di Flores.

    Desa Wae rebo (Cr: Marishcka Prudence)

    Di tempat ini Anda berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal, bahkan bisa menginap di salah satu Mbaru Niang, salah satu rumah adat yang ada. Masyarakat Wae Rebo sendiri cukup terbuka untuk menerima wisatawan dan tak segan berbagi cerita dan kearifan lokal yang masih mereka jaga hingga saat ini. Pengalaman bertandang ke Wae Rebo selain akan menantang bagi Sagitarius juga tentunya akan memberikannya memori seumur hidup.

     

    CAPRICORN

    Tipe liburan: Larut dalam pikirannya sendiri

    Capricorn merupakan zodiak yang terhubung kuat dengan elemen bumi. Perilakunya yang kerap menahan diri membuat Capricorn cocok berlibur ke tempat yang sunyi dan tenang selama perjalanan wisata. Meskipun begitu Capricorn tetap menyukai dikelilingi oleh banyak orang, tapi meluangkan waktu untuk menikmati waktu sendiri adalah favorit seorang Capricorn.

    Sebagai zodiak dengan karakter yang gemar mengatur segala sesuatu, Capricorn cocok dengan aktivitas berlibur dnegan jadwal yang sudah pasti. Preferensi ini dibarengi dengan Capricorn yang senang mengunjungi tempat-tempat high-class seperti art gallery, restoran mewah, dan teater.

    Capricorn bisa mencoba mengunjungi Bali untuk mengikuti Bali Food Safari. Tur kuliner dengan esensi kejutan ini akan mengantarkan Capricorn berkeliling spot kuliner terbaik di Bali yang menawarkan kreativitas menu dan rekomendasi kuliner. Anda bisa memilih destinasi kuliner yang Anda tuju, apakah itu Ubud, Seminyak, atau Jimbaran. Dan bersiaplah diberikan kejutan dalam rangkaian wisata kuliner ini. 

    Bali Safari Food (Cr: Bali Safari Food)

    Jika Anda seorang Capricorn yang ingin berwisata ke luar negeri, rekomendasi Bazaar agar Anda mengunjungi San Fransisco. Kota di pesisir barat Amerika Serikat yang memberikan ruang bagi Capricorn untuk sibuk dalam pikirannya sendiri, sembari bersepeda di Golden Gate Bridge, mengunjungi Exploratorium, dan menuntaskan hari dengan kuliner lezat di Quince, restoran bintang tiga Michelin, yang menghidangkan kuliner lokal dalam gaya kontemporer. 

    Alamo Square (Cr: www.sftravel.com)
     

     

    (Foto: Maridav/Shutterstock/Click Photos)








- RELATED ARTICLE -