Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pameran Fashion Eksperimental WUSINWUG

Pada acara ICAD 2016, pameran What U See Is Not What U Get menampilkan karya fashion eksperimental dari peserta dengan ragam latar belakang.

 Pameran Fashion Eksperimental WUSINWUG

Hari Senin 7 November 2016 lalu merupakan saat pembukaan pameran What U See Is Not What U Get (WUSINWUG) yang bertempat di Hotel Grand Kemang Jakarta Selatan. Pameran ini dikuratori oleh Ika Vantiani yang menampilkan empat nama seniman dengan latar belakang berbeda-beda. Benang merahnya adalah fashion eksperimental yang diwujudkan ke dalam sejumlah karya berupa mix media hingga instalasi.

 

 

Felicia Budi (desainer di balik label fbudi) mempersembahkan karya berupa potongan baju yang menggantung di panel putih. Desain bajunya bertema geometri, dan pengunjung dapat merespon karyanya dengan menggambar di atas permukaan baju tersebut. Material yang digunakan untuk gaun tergolong unik, yaitu tyvek yang berupa kertas dengan ketahanan sangat kuat.

 

 

Meski kini berkonsentrasi dalam dunia mode, desainer Tommy Ambiyo Tedji (kreator label Byo) memiliki latar belakang sebagai industrial designer. Dalam pameran ini ia menampilkan karya gaun dan clutch yang dibangun dari anyaman material plastik. Byo yang pada awalnya berkonsentrasi pada produk tas, kini melebarkan eksperimennya ke dalam desain baju dengan material yang sama.

 

 

Karya selanjutnya datang dari Anton Ismael. Fotografer yang dikenal lewat kegiatan Kelas Pagi ini menampilkan karya berupa mix media dari kolase foto dan sapuan cat akrilik pada bidang dua dimensi. Karyanya memiliki nuansa warna-warna pastel dan monokrom. Di samping itu, ia juga menampilkan performance berupa live photoshoot di momen pembukaan pameran.

 

 

Berbeda dengan yang lainnya, Marishka Soekarna menampilkan instalasi berbentuk tenda. Di dalam tenda tersebut, terpasang lampu dengan suasana psychedelic. Di dinding tenda tergantung sejumlah benda bertajuk feminin seperti perhiasan, pakaian dalam, hingga coretan dan tulisan. Selain itu, permukaan dinding bagian dalam dipenuhi oleh motif polkadot yang memantulkan warna neon. Instalasi unik ini merupakan karya Marishka yang berlatar belakang seni grafis dan memiliki label aksesori bernama Ugly.

 

Pameran What U See Is Not What U Get akan berlangsung hingga 7 Desember 2016 di Grand Kemang Hotel, Jakarta Selatan.

 

(Foto: Courtesy of ICADARTURA, Tommy Ambiyo Tedji, Ardhana Utama)