• Model Rambut Pria dengan Teknik Fade Haircut

    Beauty / Tips


    Model Rambut Pria dengan Teknik Fade Haircut

    Dimulai dari ranah militer era '50-an, teknik potongan rambut fade mulai merambah gaya rambut pria Indonesia.


    Teknik potongan rambut fade yang dalam bahasa Indonesia berarti 'memudar', adalah jenis potongan yang memberikan efek gradasi pada kelebatan rambut dan kulit kepala. Potongan terpendek dimulai dari leher hingga secara perlahan menebal di bagian atas kepala.

     

    Intensitas ketebalan dan porsi gradasinya bergantung pada gaya rambut yang diinginkan. Biasanya, barber akan memaksimalkan penggunaan alat cukur (hair clipper) beserta gunting rambut untuk mencapai hasil terbaik fade.


    Baca juga: Langkah Mudah Perawatan Wajah Pria

     

    Berbicara mengenai teknik potongan rambut ini, Harper's Bazaar berusaha memahami seluk-beluk teknik fade lewat diskusi singkat bersama Henoch Sitompul dari Pancos The Barber. Henoch yang sejak belia menggemari rambut rapi layaknya karakter Superboy di televisi rupanya telah mendalami teknik potongan ini selama beberapa tahun belakangan dan konsisten menggali sejumlah sumber informasi untuk menguasai keterampilan tersebut.

     

    Bertahun-tahun pula, berbagai macam jasa potong rambut telah ia tandangi mulai dari salon, barber, hingga jasa potong pinggir jalan untuk bisa menemukan jenis potongan yang menurutnya 'sempurna'. Meski demikian, kepuasan nyatanya sulit untuk didapatkan.


    Sehingga pada 2013 ia memutuskan untuk memulai bisnis barber. Selama perjalanannya, masa pencerahan akhirnya ia peroleh ketika berangkat ke negeri Paman Sam dan menyaksikan langsung cara seorang master barber bekerja.


    Baca juga: 13 Ide Model Rambut Pria dari Selebriti


    Kembali ke aplikasinya untuk gaya rambut pria yang timeless, berikut beberapa alternatif potongan rambut yang dapat diperoleh lewat metode fade haircut.



    1. Military Cut / Caesar's Cut


    Jika Anda mulai merasa bosan dengan potongan rambut botak namun menginginkan kadar kepraktisan yang sama, lakukan sedikit perubahan dengan gaya Caesar's Cut. Jenis potongan ini memiliki volume yang lebih tebal di bagian atas, kemudian menipis secara bertahap ke bagian dasarnya.

     

    model rambut pria Military Cut

     


    2. Classic Undercut


    Potongan rambut tipe ini masuk ke dalam golongan yang versatile, sehingga mudah untuk digunakan dalam perhelatan formal maupun informal. Jenis gaya ini juga berarti cocok untuk padu padan kasual hingga rapi.

     

    model rambut pria classic undercut

     


    3. Side Part


    Kunci dari potongan rambut ini adalah cukuran tipis yang terjaga di kepala bagian samping. Rambut bagian atas dibiarkan lebih panjang, kemudian ditata dengan belahan yang menyamping.
     

    model rambut pria Side Part

     


    4. Side Part with Beard


    Tambahkan janggut ke dalam potongan undercut untuk mendapatkan kesan yang rough dan manly. Meski berkesan lebih maskulin, tetap terapkan prosedur trimming yang rapi dan terukur.

    model rambut pria Side Part with Beard



    Baca juga: Wanita Single Lebih Bahagia Daripada Pria Single

     

    5. Medium Length Low Fade


    Kini dipermudah dengan maraknya kembali penggunaan pomade, gaya rambut medium length dapat diaplikasikan oleh pria untuk hasil klimis. Sesuai dengan namanya, konsentrasikan arah sisir dari bagian atas dan samping ke arah belakang. Atur hingga memperoleh hasil yang diinginkan.

    model rambur pria Medium Length Low Fade

     


    Gaya rambut pria dengan teknik fade kreasi Henoch Sitompul dapat disaksikan lebih lanjut di laman @pancosthebarber

     



    Baca Juga:


    Rambut Aman Untuk Pekerja Kantor

     

    11 Gaya Rambut Terkini
     

    Solusi Rambut Berminyak

     

     

    (Foto: Courtesy of Pancos The Barber, Jason Salmon/Clickphotos/Shutterstock)








- RELATED ARTICLE -