• Etika Kala Berpesta

    Culture / News


    Etika Kala Berpesta

    Mencuri tips untuk hadir sebagai tamu pesta yang beradab.


    Dalam buku terbarunya yang berjudul A Butler's Guide to Table Manners, Nicholas Clayton yang selama 20 tahun menjalani profesi sebagai butler, membeberkan seputar etika meja makan saat sedang digelar sebuah pesta.

    Berikut Bazaar UK membagikan beberapa tips dari buku Nicholas singkat yang bisa Anda praktekan saat menghadiri pesta Natal atau pesta akhir tahun nanti.

    1. Cara memahami dress code

    "Banyak pria yang tidak paham bahwa pesta dengan dress code black tie, sebenarnya diciptakan sebagai kesempatan para wanita untuk menunjukan penampilannya, bukan untuk pria. Jadi sebagai seorang pria pastikan Anda berpakaian dengan pantas, dan menjadi pendamping yang baik bagi wanita yang berpenampilan cantik dan sempurna, sepanjang malam."

    2. Apa yang harus Anda lakukan saat ditawari canapé

    "Jika Anda sedang memegang piring, jangan pernah ambil canapé dan langsung memasukannya ke mulut Anda. Canapé tersebut harus menyentuh piring yang Anda pegang terlebih dahulu. Jangan ambil lebih dari satu canapé dalam satu kesempatan. Tak perlu khawatir, karena para pramusaji akan kembali menawari Anda."

    3. Apa yang Anda lakukan dengan roti yang disajikan di atas meja

    "Saat yang tepat untuk mengambil seluruh potongan roti adalah saat sarapan. Sementara pada sajian makan malam, potong roti yang hendak Anda konsumsi dengan tangan, jangan dengan pisau. Lalu oleskan butter secukupnya dengan butter knife yang telah disiapkan."

    4. Jenis percakapan yang harus Anda hindari

    "Isu mengenai seks, agama, dan politik merupakan tema percakapan yang tabu saat di meja makan. Selain itu hal-hal mengenai penyakit, prosedur medis, dan uang juga harus dihindari. Bercerita terlalu banyak mengenai perjalanan Anda keliling dunia, atau monolog mengenai koleksi mobil Anda bisa menjadi percakapan yang mengganggu bagi orang lain ketika jamuan makan."

    5. Bagaimana jika saya menghadiri makan malam dengan konsep buffet

    "Jika makan malam dihidangkan dengan buffet, maka berarti Anda diharapkan untuk melayani diri Anda sendiri. Hanya ada satu peraturan disini: jangan pernah menaruh makanan hingga sangat penuh, seakan-akan Anda tidak akan pernah makan lagi! Perilaku seperti itu sangat keterlaluan dan membuat orang lain akan mencemooh Anda."

    6. Bagaimana cara menggunakan serbet

    "Demi kesopanan Anda diharapkan tidak mengelap sekeliling mulut Anda dengan serbet, namun cukup menekan pinggiran bibir Anda untuk menghilangkan remah-remah makanan. Anda bisa melakukannya sebelum meminum sesuatu atau saat hendak meninggalkan meja. Selain itu Anda juga boleh mengelap tangan Anda dengan serbet."

    7. Apakah saya harus memakan garnish

    "Tidak ada peraturan perihal apakah garnish yang menghiasi piring Anda harus dimakan atau tidak. Tapi kebanyakan orang akan membiarkan garnish tidak tersentuh. Akan tetapi jika dalam cocktail Anda juga tersedia garnish, silahkan untuk memakannya."

    8. Apa yang harus saya lakukan saat disajikan champagne

    "Jangan tersinggung jika Anda ditawari champagne yang hanya memenuhi sepertiga bagian gelas. Hal ini dilakukan menghindari sisa champagne yang terlalu banyak di gelas Anda, sementara tangan Anda membuat suhunya naik dan rasanya menjadi tidak enak."

    9. Apa yang harus dilakukan mengenai minuman keras

    "Adalah perilaku yang buruk saat Anda mabuk di sebuah pesta. Maka jika Anda mulai merasa alkohol mempengaruhi Anda berlebihan, lebih baik undur diri pada tuan rumah dan segeralah mencari taksi untuk pulang."

    Jadi, siap menyambut jamuan pesta akhir tahun?

    (Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Hadi Cahyono. Layout: Ika Wahyuni)






- RELATED ARTICLE -