• ANGFDA: Kompetisi Fashion Skala Global

    Fashion / News


    ANGFDA: Kompetisi Fashion Skala Global


    Asia New Generation Fashion Designer Award (ANGFDA) merupakan kompetisi yang bertujuan mencari bakat-bakat muda di bidang mode, khususnya desain busana.

    Tak terasa, ANGFDA atau juga sering disebut Bazaar New Generation telah mencapai episodenya yang ketiga. Kompetisi yang diprakarsai oleh majalah Harper's Bazaar yang berada di kawasan Asia Tenggara ini kembali mencari perancang busana yang masih segar untuk menambah semarak industri fashion secara global. Tepatnya, dimulai pada tahun 2013, ANGFDA yang dikelola oleh Harper's Bazaar Singapura, Harper's Bazaar Malaysia, Harper's Bazaar Thailand, dan Harper's Bazaar Indonesia memulai ajang ini pada bulan November. Untuk pertama kalinya, Bangkok menjadi tuan rumah untuk perhelatan level regional ini. Pada saat itu, Indonesia mengirimkan dua finalisnya, yaitu Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya. Kini keduanya telah mengembangkan sayapnya dengan label Peggy Hartanto, dan Seanandsheila, serta menjadi desainer-desainer muda yang namanya selalu diperhitungkan di setiap festival mode Tanah Air.

    Sedangkan untuk perhelatan kedua, ANGFDA merayakan pesta mode di Singapura pada tahun 2015, tepatnya di bulan Mei silam. Kembali mengundang juri-juri internasional, yakni para pemimpin redaksi dan juga perwakilan dari Istituto Marangoni, Malcolm McInnes, karena merupakan institusi yang memberikan beasiswa Master Degree bagi pemenang utama. Pada ANGFDA tahun kedua, Indonesia mengirimkan Audrey A. Chaerunnisa dan Cynthia Fransisca Haryono untuk mengadu karyanya dengan partisipan lain asal negara-negara Asia Tenggara, yang pada kesempatan ini, Vietnam menjadi negara pendatang yang turut berkompetisi.

    Untuk pelaksaan ANGFDA yang ketiga di tahun 2016, Malaysia disinyalir menjadi negara tuan rumah. Dan Istituto Marangoni kembali menjadi pemberi hadiah utama berupa beasiswa Master Degree untuk fashion design selama 15 bulan di London, atau course option berupa accessories design di Milan, fashion business di Paris, dan fashion styling di London. Untuk mengikuti perlombaan ini, Anda diwajibkan:

    1. Mengisi formulir yang dapat diunduh di website ini.

    2. Mengirimkan formulir bersama sketsa desain sebanyak 15 looks per sketsa/tema (Anda dapat mengirimkan maksimal dua sketsa board/tema berbeda, dengan amplop yang dibedakan).

    3. Anda berusia di antara 20 tahun (pada tahun depan) dan maksimal 30 tahun.

    4. Penerimaan formulir diterima hingga tanggal 16 Desember 2015.

    5. Alamat pengiriman: Harper's Bazaar Indonesia, Wisma MRA lantai 5, Jl. TB Simatupang No. 19 Jakarta Selatan 12430.

     

    (Gusti Aditya, Foto: Dok. Bazaar)







- RELATED ARTICLE -