• 25 Fakta Tentang Gong Yoo, "Ahjussi" Tampan dari Goblin

    People / News


    25 Fakta Tentang Gong Yoo,

    Penggemar Gong Yoo? Mungkin Anda perlu menyimak fakta-fakta menarik tentang dirinya.


    Bagi penikmat drama Korea Selatan dan pernah menonton drama yang sempat gempar di tahun 2016 berjudul Guardian: The Lonely and Great God atau yang lebih dikenal dengan Goblin, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan sosok Kim Shin yang diperankan oleh Gong Yoo. 

    Bazaar telah mengumpulkan fakta-fakta menarik tentang Gong Yoo yang disebut pernah dijuluki sebagai Raja Iklan:

    1. Gong Ji-chul atau yang lebih akrab dengan nama panggung Gong Yoo lahir di Busan pada 10 Juli 1979.

    2. Nama Gong Yoo sendiri memiliki arti berbagi.

    3. Memiliki hewan peliharaan yaitu seekor kucing. Gong Yoo punya kebiasaan untuk selalu membersihkan kotoran kucing miliknya sesaat setelah ia bangun tidur.

    4. Gong Yoo dikenal sebagai orang yang sangat usil. Ia pernah bercerita dalam sebuah wawancara bahwa meskipun dirinya sedang tidak memiliki jadwal syuting, Gong Yoo akan pergi ke kantor manajemennya kemudian mengganggu rekan kerjanya dan setelah selesai, ia kembali ke rumah.

    5. Tidak seperti kebanyakan artis lainnya, Gong Yoo sendiri tidak memiliki akun resmi untuk sosial medianya. Ia menganggap bahwa sosial media bukanlah sesuatu yang tepat bagi dirinya. Ia lebih suka berkomunikasi dengan penggemarnya lewat karya-karyanya dan bukan lewat sosial media.

    6. Gong Yoo dikenal karena bentuk matanya yang besar dan memiliki lipatan mata monolid yang sukses menyihir para penggemarnya. Matanya ramahnya memberi pesona kekanak-kanakan yang membuat Anda akan lupa bahwa dirinya sekarang telah menginjak usia 40-an.


    7. Gong Yoo pernah bercerita tentang pengalaman mengesankan ketika ia berkunjung ke Indonesia tepatnya ke Lombok untuk menjalani sebuah pemotretan. Kala itu ia bertemu dengan remaja perempuan yang merupakan penggemarnya. Para remaja itu kemudian memanggil dirinya dengan sebutan “Ahjussi” sambil menangis kegirangan. 

    8. Gong Yoo mengatakan bahwa dirinya sangat familier dengan Indonesia karena ia memiliki teman baik yang tinggal di Jakarta.

    9. Gong Yoo pernah tampil manis bersama artis Tanah Air, Tatjana Saphira, saat membintangi iklan ASUS.



    10. Gong Yoo diketahui bersahabat baik dengan rekan sesama artisnya, Kang Dong Woon. Namun bukan hanya sebatas sahabat, rupanya Gong Yoo dan Kang Dong Won merupakan kerabat jauh karena dihubungkan melalui pernikahan keluarga mereka. "Gong Yoo dan saya menjadi kerabat karena ada pernikahan di keluarga kami. Kedua kakek kami sudah dekat sejak masih berusia muda dan mereka akhirnya membuat keluarga kami menjadi satu," ungkap Kang Dong Won dalam sebuah wawancara.




    11. Gong Yoo juga dikabarkan menjadi bersahabat dekat dengan lawan mainnya di drama Goblin, Lee Dong Wook. Baru-baru ini Gong Yoo dan Lee Dong Wook terlihat sedang menghadiri sebuah upacara pernikahan. Tidak berhenti sampai di Goblin saja, “bromance” antara kedua aktor papan atas Korea Selatan ini masih dapat kita lihat. Hal ini terbukti ketika mereka berdua sedang bersiap-siap untuk berfoto bersama kedua mempelai, mereka terlihat kompak berpose membentuk hati yang besar.



    12. Gong Yoo memulai kariernya di industri hiburan dengan mengambil peran-peran kecil di berbagai film dan serial drama. Kemudian baru di tahun 2005 akhirnya ia mendapatkan peran utama lewat serial Hello My Teacher. 




    13. Ia pun semakin mengukuhkan kemampuannya dalam berakting lewat berbagai serial drama yang juga sukses di pasaran. Berberapa drama yang pernah ia bintangi dan meraih kesuksesan seperti:

    Coffee Prince 


    Coffee Prince
    atau yang dikenal juga dengan nama The 1st Shop of Coffee Prince tayang pada tahun 2007. Di drama ini, Gong Yoo beradu akting dengan Yoo Eun-Hye dan Kim Jae Wook yang juga merupakan rekan satu agensinya.


    Big


    Serial yang dibintangi oleh sederet artis terkenal Korea Selatan seperti Lee Min-Jung, Bae Suzy, Shin Won-Ho, serta dirinya terdiri dari 16 episode yang mengisahkan tentang perjalanan Seo Yeon-Jae (Gong Yoo) dan Kang Gyun-Joon (diperankan oleh Shin Won-Ho) untuk kembali ke tubuh mereka masing-masing setelah jiwa mereka tertukar saat mengalami kecelakaan bersama.


    14. Sedangkan untuk film-film layar lebarnya yang tak kalah sukses adalah seperti:

    Finding Mr. Destiny


    Diangkat dari sebuah drama musikal Korea dengan judul Kim Jong-Ok Chatgi, film yang dirilis pada 9 Desember 2010 ini merupakan sebuah komedi romantis yang mengisahkan tentang perjalanan Han Gi-Joon (Gong Yoo) yang membawa Seo Ji-Woo (Lim Soo-Jung) berkeliling ke seluruh penjuru Korea untuk menemukan cinta pertamanya.


    The Age of Shadows


    Film yang berlatar di tahun 1920 mengisahkan tentang masa ketika Jepang menjajah Korea. Beradu akting dengan aktor Song Kang-Ho, film ini dirilis pada 7 September 2016. 


    15. Kariernya pun semakin menanjak naik ketika ia bermain dalam drama berjudul Goblin yang berkisah tentang seorang Dokkaebi terkutuk yang telah hidup selama 900 tahun untuk menunggu pengantin manusianya agar dapat menghentikan kehidupan abadinya. Bersama dengan Kim Go Eun, Gong Yoo berhasil memenangkan sederet penghargaan seperti BaekSang Arts Awards untuk kategori aktor terbaik dan Blue Dragon Film Awards untuk kategori penghargaan popularitas. 





    16. Popularitasnya dan kepiawaiannya dalam berakting juga tidak perlu diragukan lagi. Pada tahun 2016, Gong Yoo membintangi film yang berjudul Train To Busan yang mengisahkan tentang wabah zombi yang menyerang sebuah kereta tujuan Busan, dan ia pun harus mencari segala cara untuk menyelamatkan dirinya serta anak perempuannya. Film ini berhasil sukses di mancanegara dan bahkan sempat diputar di ajang bergengsi dunia yaitu Cannes Film Festival 2016.



    17. Tidak hanya berakting, Gong Yoo juga memiliki suara yang indah. Keahliannya dalam bernyanyi dibuktikan saat dirinya mengisi soundtrack berjudul Second First Love untuk film Finding Mr. Destiny yang juga ia bintangi. 



    18. Gong Yoo sangat menyukai olahraga bisbol, ia merupakan hardcore fans dari klub Lotte Giants.



    19. Untuk ukuran orang Korea Selatan, Gong Yoo termasuk artis yang fasih berbicara dalam Bahasa Inggris. Gong Yoo juga bercerita bahwa dirinya tidak pernah pergi atau tinggal di luar negeri dan keahliannya dalam berbahasa Inggris ia dapatkan dari hasil belajar autodidak. Para penggemar sangat terkesan ketika ia menyebutkan kata "play store" dalam Bahasa Inggris di serial Goblin. Selain itu kita juga dapat melihat kecakapan berbahasa Inggrisnya lewat iklan yang ia bintangi untuk Louis Vuitton.



    20. Tidak hanya aktif di dunia hiburan saja, Gong Yoo juga terlihat menghadiri pergelaran mode pakaian pria milik Louis Vuitton untuk koleksi Spring 2020 di Place Dauphine pada 20 Juni 2019. Gong Yoo tampil mengenakan pakaian serba hitam dari koleksi Fall 2019 milik Louis Vuitton. Ini merupakan penampilan kedua Gong Yoo di pertunjukan Louis Vuitton, setelah sebelumnya ia menghadiri pertunjukan busana pria musim semi 2018 pada tahun 2017. Di acara pergelaran busana yang bergengsi tersebut, Gong Yoo juga terlihat bertemu dengan Virgil Abloh, Direktur Artistik dari koleksi pakaian pria Louis Vuitton.




    21. Gong Yoo juga giat menghiasi sampul majalah ternama baik di Korea Selatan maupun negara lain. Contohnya seperti ketika ia menjadi sampul depan di majalah Harper’s Bazaar Korea untuk edisi Februari 2019 dan Harper’s Bazaar China untuk edisi Februari 2018.



    22. Memulai kariernya di industri hiburan, Gong Yoo rupanya bukan langsung terjun ke dunia perfilman ataupun pertelevisian. Ia memulai kariernya sebagai seorang video jockey (VJ) di program acara bernama Mnet pada tahun 2000. Selain itu ia juga pernah menjadi DJ di program radio militer untuk Departemen Pertahanan selama menjalani masa wajib militernya.

    23. Gong Yoo memulai wajib militernya pada 14 Januari 2008 dan menyelesaikan tugasnya pada 8 Desember 2009.

    24. Sempat dijuluki sebagai Raja Iklan, memang perlu kita akui wajahnya sering menghiasi layar kaca lewat berbagai iklan yang ia bintangi. Mulai dari produk kopi, telepon, sampai tempat tidur pernah ia mainkan.



    25. Setelah vakum kurang lebih 3 tahun dari dunia hiburan, akhirnya Gong Yoo kembali ke layar lebar lewat film terbarunya yang berjudul Kim Ji-Young: Born 1982. Di film ini, Gong Yoo berperan sebagai Jung Dae-Hyun, yang merupakan suami dari Kim Ji-Young. Gong Yoo juga akan beradu akting dengan aktris papan atas Korea Selatan yaitu Jung Yu-Mi. Ini akan menjadi kali ketiga Gong Yoo dan Jung Yu-Mi beradu akting dalam satu film setelah sebelumnya telah bekerja bersama di film Silenced yang rilis pada tahun 2011 dan Train To Busan yang meraih kesuksesan pada tahun 2016. Film terbarunya ini telah dapat Anda saksikan pada 23 Oktober 2019.





    (Foto & Video: Courtesy of IMDb, Harper’s Bazaar Korea, Harper's Bazaar China,Twitter, Instagram @harpersbazaarhk @harpersbazaarkorea @koreadispatch, YouTube)








- RELATED ARTICLE -