• Intip Beberapa Koleksi Desainer Lokal Yang Perlu Anda Miliki

    Fashion / News


    Intip Beberapa Koleksi Desainer Lokal Yang Perlu Anda Miliki

    Siluet dekonstruksi, unfinished, teatrikal dan warna-warna vibran mendominasi koleksi terbaru para desainer Tanah Air.


    Ketika para desainer rumah mode internasional melansir koleksi terbaru mereka lewat pekan mode dunia, para desainer Tanah Air juga tak kalah melahirkan koleksi terbaru mereka yang penuh kreativitas dan inovatif. 

    Dari mulai siluet fluid, sentuhan teatrikal yang artistik, koleksi bergaya tangguh, hingga percikan warna vibran lewat pemilihan ornamen, palet warna atau embellishment bertabur manik-manik yang kaya warna meliputi koleksi terbaru para desainer Tanah Air kali ini.

    Berikut beberapa desainer Tanah Air yang dapat Anda lihat lebih lanjut koleksinya.





    Stella Rissa

    Label Stella Rissa yang dikenal akan fokusnya di aspek siluet dan tailored yang minimalis dan modern, mengusung siluet fluid yang akan mengikuti gerak sang pemakai secara anggun di koleksi musim gugur/dingin 2019.

    Selain maxi dress dengan siluet loose yang minimal, sang desainer juga melibatkan material berstruktur seperti denim, linen dan satin yang ia jahit menjadi sekumpulan kemeja, celana panjang loose, blazer dan rok berpalet warna monokrom.


    Studio Moral

    Untuk koleksi musim semi/panas 2020, label Moral yang didirikan oleh Andandika Surasetja merilis sebuah koleksi bertajuk Suaka. 

    Suaka yang memiliki arti sebagai tempat berlindung, ia terjemahkan melalui sebuah visual yang menampilkan relasi manusia dengan alam. Penerjemahan relasi alam dan manusia tersebut kemudian sang desainer injeksikan ke dalam cara berpakaian yang bereksplorasi dengan trik padu padan. 

    Salah satu contoh datang dari ansambel bagian dari koleksi ini yang merupakan padanan mantel dengan garis bahu berstruktur dan celana high waisted yang menyuarakan gaya tangguh untuk para penyuka gaya maskulin. 

    Meski mengusung desain maskulin dan tangguh, alih-alih menggunakan warna yang gelap, eksplorasi padu padan di koleksi ini justru turut meleburkan warna terang seperti merah muda atau kuning yang menyuarakan energi musim panas. 


    Purana

    Label pakaian bergaya etnik Purana, melansir koleksi terbarunya yang dirancang secara spesial untuk Africa Fashion Exchange yang digelar di Durban, Afrika Selatan. 

    Busana etnik dan batik kontemporer yang menjadi ciri khas label Purana, kali ini dikemas dengan bentuk desain multifungsi yang dapat diubah menjadi beberapa model sekaligus.


    Selain berkonsentrasi di busana yang versatile, koleksi ini juga menelurkan maxi dress bersiluet fluid yang modern dengan imbuhan bordir floral yang penuh statement.


    Harry Halim

    Nuansa glamor yang identik dengan garis desain Harry Halim Paris, kali ini digabungkan dengan aliran surealisme yang misterius dan dark.

    Untuk koleksi musim semi/panas 2020, Harry Halim bereksplorasi dengan teknik pleating yang ia sisipkan di beberapa bagian koleksi ini. Teknik tersebut kemudian ia fungsikan menjadi aksen di bagian lengan sebagai unsur tambahan yang penuh pernyataan.

    Melalui koleksi ini, Anda akan menemukan gaun malam, blazer, hingga mantel yang akan memberikan efek misterius dan romantis dengan aura glamor yang akan menarik atensi siapa pun yang melihat.


    Toton

    Motif printed layaknya sebuah ilustrasi yang dilukis oleh tangan diangkat label Toton untuk musim semi/panas 2020. 

    Siluet feminin masih diterapkan sang desainer di koleksi ini, bahkan sang desainer pun mencoba mengeksplorasi topi model snapback yang dibubuhi dengan motif floral yang cantik.

    Permainan tabrak motif, floral 3D applique hingga teknik laser cut yang diaplikasikan di bahan denim menjadikan koleksi ini penuh dengan detail yang tak terlupakan dan tentunya juga dibuat dengan metode craftsmanship yang apik.


    Lulu Lutfi Labibi

    Di koleksi musim semi/panas 2020, Lulu Lutfi Labibi mengisahkan perjalanan kariernya lewat Sewindu Bercerita. Label yang terkenal akan koleksinya yang romantis dan puitis ini kembali melahirkan busana feminin dengan percampuran siluet dan material yang rileks.

    Motif lurik yang merupakan andalan label ini dikemas menjadi atasan cropped top yang mudah dipadankan dengan berbagai model bawahan. Dari mulai bawahan celana denim dekonstruksi, rok bersiluet jukstaposisi yang dijahit menggunakan bahan tulle yang ringan, serta ornamen tambahan penuh statement sebagai penyegar penampilan.



    (Foto: Courtesy of Instagram.com/@totonthelabel, @harryhalim, @lululutfilabibi, Stella Rissa, Purana, & Studio Moral)










- RELATED ARTICLE -