• 10 Model Atasan Bahan Organza dan Transparan Terbaik

    Fashion / Trend


    10 Model Atasan Bahan Organza dan Transparan Terbaik

    Material transparan semakin menjadi benda wajib untuk dikenakan sejak musim gugur/dingin 2019 ini.


    Bahan organza, dahulu hanya digunakan di gaun malam yang glamor dan gaun prom di era 50-an, bahan organza kini semakin mengalami pembaruan yang diterapkan di musim sekarang. Jika dahulu bahan ini memiliki konotasi yang feminin, sekarang desainer-desainer bereksperimen dengan material ini dengan mengemasnya menjadi lebih santai.

    Hal itu semua berawal dari koleksi Prada musim gugur/dingin 2018, ketika organza diubah menjadi sekumpulan busana streetwear, bahan tersebut diciptakan dalam rentang warna neon, yang kemudian dilapiskan dengan teknik sulam dan motif berani untuk elemen kontras yang menarik perhatian.

    Beberapa musim kemudian, Rejina Pyo muncul dengan menerapkan kelembutan bahan organza bersama rok warna pastel yang dihiasi oleh aksen bulu. Serta dalam format gaun tumpuk yang dibubuhi 3D floral applique.





    Meski digemari di musim panas kemarin, blus organza justru semakin digandrungi di tren musim gugur/dingin 2019, bahkan pencarian kata organza semakin melonjak hingga 3000 persen sejak September kemarin.

    Hal itu seiring dengan musim berpesta yang menuntut banyak orang untuk berpakaian secara stylish sehingga para insan mode semakin menjadikan busana transaparan sebagai wardrobe staple mereka.

    Jika Anda membutuhkan inspirasi, lihat beberapa pergelaran musim gugur/dingin 2019 rumah mode Giorgio Armani, kemeja monogram bertabur manik-manik dari Fendi, dan atasan turtlenecks transparan rancangan Dries Van Noten yang muncul dibalik mantel bahan wol yang hangat.

    Untuk menghindari terlihat berlebiha, ikuti peraturan berpakaian dari kami. Di siang hari, kenakan sesuatu yang nyaman seperti celana denim dan boots untuk hiking. Sementara itu, di malam hari, kombinasikan segala tekstur seperti velvet, satin dan embellishment selama penampilan Anda dari kepala hingga kaki berwarna serba hitam.

    Milliki beberapa blus di bawah ini yang akan sempurna untuk dipadankan di setiap kesempatan.


    1. Layering

    Hal yang menyenangkan dari organza adalah bagaimana bahan ini mudah sekali dikenakan secara bertumpuk. Miliki rok dengan siluet simpel dan Anda pun dapat mengenakannya berulang kali menjadi beberapa ansambel berbeda. Seperti versi Topshop yang dapat dikenakan sebagai atasan tunik dengan rok panjang atau dikenakan bersama dengan atasan camisole



    Organza longline shirt, £39, Topshop


    2. Wrapping

    Label Nanushka menciptakan busana bahan organza dengan sentuhan segar dan muda. Siluet boxy yang dikenakan sebagai wrapped shirt ini memiliki detail utilitarian yang digambarkan lewat tambahan kantong dan ikat pinggang bulat di bagian depan.

    Coba trik bergaya dengan item ini dengan cara mengenakan bahan kulit, atau celana panjang berwarna khaki yang akan menyeimbangkan warna lavender di blus ini.



    Dalas organza wrap shirt, £350, Nanushka at Net-a-Porter


    3. Victorian 

    Bahan organza dan transparan identik untuk penampilan bernuansa gothic. Blus warna hitam dengan detail ruffled dan bagian leher yang memanjang ini adalah salah satunya. Detail pita besar yang diikatkan di bagian punggung, menambah kesan glamor dan menyenangkan. Kenakan blus ini dengan sepatu boots bertali yang akan melengkapi visi gothic yang ingin disampaikan label Rochas.



    Neck-tie silk-organza blouse, £892, Rochas at Matches Fashion


    4. Pussy Bow

    Blus bersiluet feminin dari Brock Collection's ini dipenuhi bordir berbentuk hati dan aksen pita di bagian depan berukuran besar. Potongan di bagian pinggang dari blus ini, memudahkan blus ini untuk dimasukkan ke dalam celana panjang dikarenakan bahan organza memiliki tekstur yang licin dan sedikit sulit untuk dimasukkan ke bagian dalam celana atau rok.

    Padankan blus ini dengan rok maxi bermotif senada dari koleksi musim gugur/dingin 2019 untuk menciptakan ansambel yang menyerupai gaun.



    Pussy-bow silk-blend organza blouse, £1,610, Brock Collection at Net-a-Porter


    5. Boho

    Ganni turut berpartisipasi di tren organza kali ini, yang memiliki nuansa ala bohemian. Motif harimau yang menyelimuti blus ini, dipadankan dengan aksen kancing dan lengan bersiluet balon yang dramatis.




    Printed organza blouse, £200, Ganni at Net-a-Porter

    6. Work

    Dahulu, bahan organza non sintetis digunakan untuk menjahit gaun malam dan Fendi kini mengemasnya menjadi sebuah kemeja bahan sutra, dan hasil akhir yang transparan. Material ini ideal untuk dikenakan di kantor dan proporsi Fendi yang sempurna, dengan kerah yang rapi membuat blus ini cocok untuk dikenakan saat bekerja.

    Potongan ini tidak hanya dapat dikenakan dari pagi hingga sore hari, Anda juga dapat mengenakannya di malam hari dan memadankannya dengan bawah rok pleated.



    Sheer silk-organza shirt, £1,090, Fendi at Matches Fashion


    7. Evening

    Bahan organza yang beredar rata-rata mengandung bahan sintetis dan dibuat sangat transparan yang dimana sangat tepat untuk dikenakan sebagai tampilan di malam hari. Blus Mango satu ini contohnya, dengan motif polkadot dan aksen lengan balon, Blus ini cocok untuk dipadankan dengan bra yang memberikan kesan minimal.



    Polka-dot flock organza shirt, £49.99, Mango


    8. Layered

    Jika Anda tertarik untuk bermain dengan tekstur namun Anda kurang menyukai bahan transparan, Noir Kei Ninomiya melansir kemeja yang multifungsi. Terbuat dari bahan katun poplin dengan lapisan organza, blus transparan ini memiliki siluet kerah berbentuk pie crust, pergelangan tangan berbentuk ruffled yang elegan.



    Organza-overlay cotton shirt, £385, Noir Kei Ninomiya at Matches Fashion


    9. Power Piece

    Tak perlu takut mengenakan sesuatu yang menampilkan sisi feminin Anda, dan tak ada yang bisa melakukannya dengan baik selain Prada. Diwarnai dengan warna pistachio, blus ini dilengkapi dengan detail ruffles, kancing berbentuk mutiara, dan sebuah camisole bahan sutra di bagian dalamnya.

    Pakaian berpotongan girly ini juga mudah dipadankan dengan styling yang lebih menyenangkan: seperti dikombinasi dengan rentang warna pastel, bahan chiffon yang lembut dan tambahan trim.



    Ruffled organza blouse, £1,020, Prada


    10. Printed

    Di beberapa musim terakhir, koleksi Marc Jacobs kerap menginjeksikan warna-warna era '80-an dan blus ini adalah salah satu contohnya. Terbuat dari bahan organza monokrom yang dibalut dengan motif polkadot di sekujur blus, blus ini dilengkapi dengan dalaman camisole yang memudahkan Anda untuk mengenakannya secara langsung.



    Polka-dot silk-organza blouse, £710, Marc Jacobs at Matches Fashion


    (Penulis: Abigail Southan; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Astrid Bestari; Foto: Courtesy of Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -