• 20 Lagu Indonesia Paling Romantis dari Era '90-an

    Culture / News


    20 Lagu Indonesia Paling Romantis dari Era '90-an

    Saatnya bernostalgia.


    Tidak dapat dipungkiri, era tahun '90-an menjadi masa berkesan bagi sebagian besar dari kita, di saat segalanya masih sederhana. Koneksi antar sesama belum berbasis teknologi seperti saat ini. Apakah Anda termasuk salah satu yang lahir di zaman transisi tersebut?

    Jika ya, bahasan Bazaar berikut pasti akan membuat Anda tersenyum kecil sembari bernostalgia ke masa '90-an. Di antara begitu banyak hal berkesan yang dapat dikenang dari masa menyenangkan tersebut, mari kita telusuri dari industri musik. 

    Durasi tahun 1990 hingga awal 2000 menjadi masa di mana deretan lagu ikonik dilahirkan. Tak heran jika beberapa di antaranya diaransemen ulang dengan teknik musik yang lebih kekinian. 

    Setiap lagu membawa kita berfantasi ke sebuah momen spesifik di masa lalu. Ingin menguji ke mana keindahan musik akan mengajak Anda bernostalgia? Kenakan earphone, dengarkan hingga urutan terakhir 20 lagu terbaik dari era '90-an pilihan Bazaar.



    1. Hidupku Kan Damaikan Hatimu - Caffeine


    Mendengarkan ulang lagu berjudul Hidupku Kan Damaikan Hatimu oleh Caffeine akan membuat Anda bernostalgia. Liriknya sederhana dan manis, namun bermakna.


    2. Dan – Sheila on 7


    Grup musik asal Yogyakarta tidak dapat dilewatkan. Sheila on 7 yang hits di era tahun '90-an akhir ini melahirkan rentetan lagu ternama pada masanya. Salah satunya adalah Dan.


    3. Kita – Sheila on 7


    Masih dibawakan oleh Sheila on 7 dengan konsep yang lebih ceria, lagu berjudul Kita juga pasti berkesan bagi Anda para generasi '90-an.


    4. Bukan Pujangga – Base Jam


    Base Jam juga menjadi salah satu grup ikonik yang tenar di tahun '90-an. Satu lagunya yang tidak dapat terlupakan sampai saat ini adalah Bukan Pujangga.


    5. Bila Kuingat – Lingua


    Trio vokalis ini terdiri dari Ari, Amara dan Frans Mohede. Siapa yang sanggup melupakan ketiganya? Grup musik Lingua dengan lagunya yang bertajuk Bila Kuingat tentu akan terus diingat.


    6. Inikah Cinta – M.E.


    Koreografi hip hop dengan anggota grup musik mengenakan jaket berbeda warna menjadi ingatan yang tak lekang dimakan waktu.


    7. Cerita Cinta – Kahitna


    Lagu berjudul Cerita Cinta dibawakan oleh grup musik ternama di era '90-an. Kahitna juga merupakan salah satu grup musik yang melahirkan sejumlah karya lagu ternama pada masa tersebut.


    8. Begitu Indah – Padi


    Sedangkan, bagi Anda yang menyukai musik bergenre pop rock. Sudah pasti lagu bertajuk Begitu Indah dari Padi mewarnai hari-hari Anda di masa lalu.


    9. Takkan Ada Cinta yang Lain – Dewa 19

    Dewa 19 tentunya tidak bisa luput dari ingatan. Salah satu lagu yang paling tenar pada masanya berjudul Takkan Ada Cinta yang Lain.


    10. Tak Bisa ke Lain Hati – KLa Project


    Memiliki Katon Bagaskara sebagai vokalis sekaligus pencetus, KLa Project juga menjadi salah satu rekomendasi grup musik dengan karya nostalgia untuk dinikmati.


    11. Jauh – Naif


    Easy listening. Di antara sekian judul lagu yang dirilis oleh grup musik Naif, Jauh dapat dikategorikan sebagai salah satu lagu ikonik bernuansa melankolis.


    12. Satu Hati – Dewa 19


    Dewa 19 dengan lagunya yang bertajuk Satu Hati menempati urutan selanjutnya. Didengarkan hingga hari ini, lagu ini tetap menorehkan efek adiksi untuk diputar berulang kali.


    13. Terlalu Manis – Slank


    Siapa di antara Anda yang merupakan Slankers sejati? Grup musik beraliran rock ini juga tenar dengan lagu romantis andalannya yang berjudul Terlalu Manis.


    14. Masih Ada – Warna


    Terdapat pula grup vokal Warna dengan lagunya yang berjudul Masih Ada. Selain lagu penuh kenangan yang satu ini, Warna juga telah membawakan sejumlah lagu lainnya yang menjadi hits pada masanya.


    15. Satu yang Tak Bisa Lepas – Reza Artamevia


    Satu yang Tak Bisa Lepas oleh Reza Artamevia rasanya memang tidak akan bisa lepas sampai kapan pun dari benak para apresiator musik dalam negeri.


    16. Cintaku – Chrisye


    Menyusul lagi lagu Cintaku yang dibawakan sempurna oleh almarhum Chrisye. Legenda dalam dunia musik Tanah Air ini memang tiada dua.


    17. Bagaikan Langit – Potret


    Mari berdansa kecil dengan dentuman lagu berjudul Bagaikan Langit. Kita bicara mengenai awal debut Melly Goeslaw di dunia musik dalam negeri.


    18. Cantik – Kahitna


    Untuk pilihan lagu selanjutnya masih datang dari grup musik Kahitna. Memiliki judul Cantik, sampai saat ini lagu berlirik manis ini masih sering dinyanyikan ulang dengan aransemen yang lebih segar.


    19. Yang Terlupakan – Iwan Fals



    Iwan Fals dengan lagunya yang berjudul Yang Terlupakan juga terus melekat di hati dan benak ingatan. Lantunan musik ini tetap berkesan untuk didengar hingga sekarang.


    20. Terbang – Gigi



    Di “tangga nada” ke dua puluh, kita tutup dengan sebuah lagu kenangan dari grup musik Gigi. Vokal khas Armand Maulana akan membuat bernostalgia.



    (Foto & Video: Courtesy of YouTube)








- RELATED ARTICLE -