• Kandungan Skincare Ini Dapat Membuat Anda Tampak Glowing

    Beauty / Advertorial


    Kandungan Skincare Ini Dapat Membuat Anda Tampak Glowing

    Lawan tanda penuaan dan buat wajah tampak glowing dengan kandungan perawatan kulit yang tepat.


    Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam kulit secara alami akan berkurang. Selain faktor alamiah tersebut, terdapat pula penyebab lain yang bisa mempercepat proses penuaan.

    Mulai dari paparan UVA dan UVB, polusi, pola makan, stres, waktu istirahat, hingga kebiasaan merawat wajah yang kurang baik menjadi faktor eksternal yang mampu mempercepat proses penuaan. Tanda penuaan alami biasanya mulai muncul di usia pertengahan 20 tahun, namun gaya hidup yang kurang baik bisa memicu gejala tersebut muncul lebih awal.

    Tanda penuaan tersebut juga dapat memudarkan cahaya alami kulit, sehingga terlihat lebih kusam. Demi menjaga kulit agar tetap tampak glowing dan mengurangi tanda penuaan, diperlukan rutinitas perawatan wajah yang tepat. Skincare yang baik hendaknya memiliki kandungan untuk menjaga dan memperbaiki kulit agar senantiasa terasa kenyal dan lembap, agar nantinya wajah jadi terlihat lebih muda.

    Namun sebelum Anda menyelami lebih dalam tentang kandungan-kandungan yang mampu membantu wajah agar tampak lebih glowing, apakah Anda sudah menjalankan ritual kecantikan harian secara benar?

    Nah, Bazaar menjabarkan langkah-langkah perawatan wajah yang perlu Anda dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit serta membuatnya tampak glowing. Simak!


    1. Eksfoliasi teratur

    Melakukan pengangkatan sel kulit mati merupakan langkah penting dalam menjaga cahaya alaminya. Penumpukan kotoran, polusi dan sisa riasan dapat membuat pori tersumbat dan kulit terlihat kusam. Eksfoliasi teratur menggunakan scrub wajah yang lembut dapat mengangkat lapisan kulit mati, kotoran membandel, hingga sisa makeup yang tak hilang saat mencuci wajah. Lakukan langkah ini paling tidak dua hingga tiga kali dalam satu minggu untuk hasil yang maksimal.


    2. Aplikasi toner

    Setelah mencuci muka, kembalikan lagi keseimbangan pH kulit wajah melalui aplikasi toner. Selain itu, penggunaan produk satu ini juga mampu membantu mengangkat sisa kotoran yang tertinggal saat mencuci wajah. Tuang toner pada kapas lembut, lalu aplikasikan secara merata ke seluruh area wajah.


    3. Pulaskan serum wajah

    Satu lagi langkah penting yang sebaiknya selalu dilakukan dalam merawat wajah yaitu aplikasi serum. Produk perawatan satu ini dapat melembapkan secara maksimal, namun teksturnya lebih ringan dari pelembap sehingga memiliki kemampuan menyerap yang lebih baik. Serum juga hadir dengan bahan aktif berkonsentrasi tinggi yang memberi target khusus dan lebih tepat sasaran.


    4. Gunakan masker

    Selain perawatan harian, sebaiknya tambahkan penggunaan masker ke dalam rutinitas mingguan Anda. Tak perlu dilakukan setiap hari, Anda sebaiknya mengaplikasikan masker sebagai perawatan wajah sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Menggunakan masker wajah adalah bentuk perawatan lebih intensif sehingga dapat memberi hasil yang maksimal.


    5. Jangan lupakan tabir surya

    Sesaat sebelum keluar ruangan, selalu aplikasikan tabir surya atau sunscreen secara menyeluruh pada wajah. Tabir surya merupakan perisai terhadap efek negatif sinar matahari, sehingga menjadi senjata paling penting untuk melindungi kesehatan kulit.

    Tapi Anda perlu tahu, jika ternyata paparan matahari memiliki sinar ultraviolet yang terdiri dari UVA dan UVB. Ya! Terdapat perbedaan dari kedua sinar tersebut.

    Sinar UVA mengakibatkan penuaan dini dan menciptakan kerutan pada kulit. Sifat gelombangnya yang panjang dapat menembus lapisan kulit lebih dalam dibanding sinar UVB. Sinar satu ini juga menjadi salah satu penyebab kanker kulit.

    Sedangkan sinar UVB merupakan penyebab utama kemerahan pada kulit akibat terbakar. Ia memiliki sifat gelombang yang pendek, sehingga cenderung merusak lapisan kulit paling luar dan menyebabkan sunburn.


    6. Konsumsi makanan sehat

    Selain melakukan perawatan dari luar, penting sekali bagi Anda untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Konsumsi makanan bernutrisi menjadi faktor yang cukup kuat dalam melawan proses penuaan dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. Makanan seperti sayuran hijau dan buah-buahan yang kaya akan vitamin menjadi salah satu kunci gaya hidup sehat. Kebiasaan ini bisa menjaga kesehatan kulit dalam jangka waktu yang cukup panjang. Jangan lupa untuk selalu menjaga asupan air putih secukupnya.


    Sudah merasa mengikuti ritual di atas? Sekarang mari membahas mengenai kandungan terbaik untuk melawan penuaan dan membuat kulit tampak lebih glowing.


    1. Kolagen

    Kolagen adalah sejumlah protein yang berfungsi menyusun dan memberikan struktur pada tubuh. Sebanyak 75 persen lapisan dermis kulit terdiri dari kolagen. Kolagen memiliki fungsi penting, yaitu mempertahankan elastisitas kulit. Ia secara normal diproduksi oleh tubuh, namun dapat berkurang intensitasnya seiring pertambahan usia. 

    Penurunan produksi kolagen dapat membuat lapisan kulit semakin tipis, sehingga semakin mudah iritasi dan terpapar oleh faktor eksternal yang mengakibatkan munculnya tanda penuaan seperti kerutan.


    2. SPF dan PA

    SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor yang berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari. SPF menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan kulit untuk menjadi merah akibat sinar UVB.

    Tabir surya dengan SPF 35 berarti kulit akan terlindungi 35 kali lebih lama dari daya tahan alami kulit Anda. Artinya, jika kulit biasanya mengalami kemerahan setelah 10 menit di bawah paparan sinar matahari, maka dengan menggunakan SPF 35, kulit akan terlindungi selama 350 menit.

    PA adalah protection grade of UVA atau tingkat perlindungan terhadap sinar UVA. Tanda (+) setelah PA menandakan tingkat proteksi terhadap UVA. Semakin banyak tanda tersebut, maka semakin tinggi pula tingkat perlindungannya. PA+++ memiliki tingkat proteksi terhadap UVA yang sangat baik.


    3. Gold peptide crystals

    Kandungan ini merupakan sebuah teknologi terkini yang mengombinasikan peptida dengan kristal emas murni (pure gold crystals). Kombinasi tersebut menjadikannya 90 kali lebih stabil dan efektif dibandingkan peptida biasa dalam proses peremajaan kulit. Kandungan ini mampu menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah secara efektif.

    Peptida sendiri adalah molekul protein yang dibutuhkan sel dalam proses pembentukan kolagen. Untuk membantu mempercepat produksi kolagen pada kulit menua, dibutuhkan peptida ekstra yang bisa didapat dari kandungan skincare.

    Kristal emas murni berfungsi melindungi peptida agar tidak mudah terurai. Bahan ini sudah sejak lama dijadikan sebagai kandungan perawatan kulit untuk mendapatkan tekstur yang lebih kenyal dan cerah.


    4. Youthglow Active

    Bahan aktif ini merupakan adaptasi dari senyawa yang diproduksi oleh mikroorganisme yang dapat hidup di kondisi ekstrem seperti paparan sinar matahari berlebihan, polusi, suhu tinggi dan radikal bebas.

    Kandungan aktif ini juga dapat bekerja dengan cara membentuk lapisan kelembapan yang melindungi kulit dari faktor eksternal yang membahayakan kesehatannya. Ia mampu menjadikan kulit senantiasa tampak muda dan bercahaya.


    Jadi, segera temukan sederet formula atau kandungan di atas dalam skincare Anda untuk melawan tanda penuaan akibat faktor internal dan eksternal, sekaligus membuat kulit tampak lebih sehat bercahaya.



    (Foto: Courtesy of Irina Ryabushkina©123RF.com)








- RELATED ARTICLE -