• 14 Langkah Pencegahan Jika Orang Terkasih Ingin Bunuh Diri

    People / News


    14 Langkah Pencegahan Jika Orang Terkasih Ingin Bunuh Diri

    Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Mental Dunia.


    Membahas tentang perasaan putus asa, menolak membuat rencana untuk masa depan, berbicara atau menulis tentang kematian - itu hanya tiga tanda bahwa seseorang yang Anda cintai mungkin memiliki pikiran untuk bunuh diri.

    Untuk hari Kesehatan Mental Sedunia, temanya adalah pencegahan bunuh diri. Dengan demikian, ini adalah titik untuk merenungkan bagaimana Anda mungkin tahu bahwa seseorang dalam hidup Anda sedang berjuang, dengan cara yang mendalam.

    Ini sangat menakutkan, tetapi dengan 6.507 kasus bunuh diri yang terjadi di Inggris pada tahun 2018 silam, kemungkinan itu bukanlah sesuatu yang dapat Anda (atau harus) abaikan.

    "Kebanyakan orang yang bunuh diri merupakan seorang yang ambivalen - mereka memiliki campuran keinginan untuk hidup dan mati," kata dr. Michael F. Myers, seorang profesor psikiatri klinis di SUNY Downstate Medical Center. "Itu sebabnya kami percaya bahwa segala jenis intervensi dapat menyelamatkan nyawa mereka."

    Sesuatu yang perlu diingat: hanya ada begitu banyak yang dapat Anda lakukan ketika seseorang yang Anda cintai memiliki pemikiran untuk bunuh diri (dan tidak hanya tanggung jawab Anda untuk memastikan mereka tetap aman). Tetapi, jika seseorang yang Anda cintai menarik diri atau membuat rencana setelah mereka pergi, ada beberapa cara yang mungkin dapat Anda coba untuk membantu mereka.


    1. Tanyakan kepada mereka tentang hal itu

    Salah satu mitos pencegahan bunuh diri adalah dengan membicarakannya. Hal ini dapat meningkatkan risiko seseorang benar-benar akan mengambil nyawanya sendiri - padahal sebenarnya dengan kita membicarakannya dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

    "Kenyataannya adalah siapa pun dengan tingkat depresi yang signifikan dan memiliki pemikiran kematian dan bunuh diri sebenarnya secara sederhana hanya ingin mengakhiri kesengsaraan mereka," kata psikolog klinis berlisensi Alicia H. Clark.

    Alih-alih menghindari topik itu, ia merekomendasikan untuk menanyakan apakah ada hal-hal buruk yang mereka pikirkan tentang kematian, atau mengakhiri hidup mereka.

    Tergantung dengan responsnya, Clark merekomendasikan agar bersiap untuk menindaklanjuti dengan pertanyaan seperti apa yang mereka pikirkan dan yang ingin mereka lakukan dan mengapa. Cobalah untuk tidak menghakimi, tetapi ingatkan mereka bahwa perasaan ini tidak akan bertahan selamanya.


    2. Beri tahu mereka betapa Anda mencintai mereka

    Dihubungi oleh seseorang yang peduli dapat membatasi keterasingan dan perasaan tidak berdaya yang mungkin dirasakan oleh orang yang mengalami depresi hingga ingin bunuh diri, kata Clark. "Membiarkan orang yang dicintai tahu seberapa besar Anda peduli tentang mereka dan menawarkan bantuan bisa menjadi penyelamat penting dalam menjaga mereka agar tetap aman," kata Clark.


    3. Cobalah untuk mengajak mereka keluar dan melakukan sesuatu 

    Orang yang bunuh diri sering kali akan menututup diri dan berhenti melakukan hal-hal yang mereka sukai. Itulah sebabnya Mayer merekomendasikan untuk mendorong orang yang Anda cintai untuk terus melakukan hal-hal yang selalu mereka nikmati - apakah itu berolahraga bersama mereka, membawanya keluar untuk sekadar manikur atau hanya menyantap makan bersama.

    Adalah ide yang baik untuk mencoba mendorong mereka untuk mencoba kegiatan dan pengalaman baru, kata Mayer.


    4. Dorong mereka untuk mencari bantuan

    Anda bahkan dapat berusaha keras untuk mereka, mencari terapis yang kompeten atau meminta rujukan, dan benar-benar mengantar mereka ke pertemuan. Jika mereka enggan mencari bantuan, Mayer mengatakan tidak ada yang salah dengan mengatakan dorongan seperti: "Lakukan kunjungan  ini — ini hanya satu kunjungan," atau "Lakukan ini untuk teman dan orang yang Anda cintai."


    "Lebih dari 6.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun di Inggris"


    Jika orang yang Anda cintai memiliki pengalaman buruk dalam konseling, Mayer mengatakan bahwa penting untuk mendorong mereka agar tidak menyerah.

    "Ini sangat penting, karena sering kali seorang penolong yang tidak profesional mengatakan hal-hal yang salah atau tidak menawarkan pertolongan dan hanya memburukkan keadaan karena orang yang ingin bunuh diri selalu merasa bahwa tidak ada orang yang dapat membantu mereka," kata Mayer.


    5. Bawa mereka ke rumah sakit

    Jika sepertinya orang yang Anda cintai memiliki rencana dan Anda khawatir untuk membiarkannya hilang dari pandangan Anda, bawa mereka ke rumah sakit dan tunggu di sana sementara mereka diperiksa, kata Mayer.

    "Meminta mereka untuk mencari terapis tidak akan membantu pada titik ini," katanya. Ini adalah langkah besar dalam membantu seseorang yang secara serius mempertimbangkan untuk menghentikan hidup mereka sendiri, Clark menambahkan.


    6. Beri mereka beberapa tanggung jawab

    Ketika orang yang dicintai mengalami depresi, insting Anda mungkin mengambil alih tanggung jawab dari mereka, tetapi sementara itu mungkin tepat dilakukan dalam beberapa keadaan — katakanlah, merawat anak-anak mereka saat mereka menjalani terapi — mengetahui bahwa orang lain bergantung pada mereka sebenarnya dapat membantu mereka melawan desakan bunuh diri, kata Dr Neeraj Gandotra, seorang psikiater, instruktur di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins, dan kepala petugas medis di Delphi Behavioral Health.

    Tanggung jawab ini harus menarik, tetapi tidak berlebihan, kata Dr Neeraj  — seperti menyuruh mereka untuk mempersiapkan makan malam beberapa kali seminggu.

    Ini akan membantu orang yang Anda cintai melihat bahwa Anda bergantung pada mereka, bahwa mereka memiliki beberapa hal berharga dalam hidup mereka, bahwa mereka dapat memberikan kontribusi yang berarti, dan bahwa Anda menghargai mereka, tambahnya.


    7. Bantu mereka menemukan sisi spiritual mereka

    Memiliki sisi kerohanian telah terbukti dapat melindungi Anda dari pikiran dan desakan bunuh diri, kata Gandotra.

    Apa arti spiritualitas dan bagaimana Anda mempraktikkannya akan terlihat berbeda dari setiap orang, jadi bicaralah dengan orang yang Anda kasihi tentang apa yang membuat mereka merasa seperti orang baik dan terhubung dengan orang lain dan alam semesta.

    Imbaulah mereka untuk pergi bersama Anda ke kebaktian gereja, retret yoga, atau tempat lain yang dapat membantu mereka merasa terhubung dengan kemanusiaan, Tuhan, atau sekadar sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri.


    8. Buat rencana hidup bersama

    Salah satu gejala bunuh diri yang paling mengkhawatirkan adalah ketika orang yang Anda kasihi membuat rencana bagaimana mereka akan melukai diri sendiri.

    Pertama, tanggapi gejala ini dengan sangat serius dan dapatkan bantuan untuk mereka segera, kata Dr. Mayra Mendez, seorang psikoterapis berlisensi dan koordinator program di Pusat Pengembangan Anak dan Keluarga Providence Saint John di Santa Monica, CA.

    Kemudian, lawanlah rencana bunuh diri mereka dengan membantu mereka membuat rencana hidup, katanya. "Satu hal yang paling dibutuhkan orang yang ingin bunuh diri adalah harapan," jelasnya. "Menunjukkan kepada mereka apa yang harus mereka jalani dapat membantu mengembalikannya." 


    9. Mainkan game "bagaimana jika"

    Sudah umum bagi orang yang berpikir untuk bunuh diri untuk mengatakan hal-hal seperti, "Semua orang akan lebih baik jika aku pergi," atau, "Aku benar-benar kacau dan tidak ada cara untuk memperbaiki hidupku." Berdebat dengan perasaan-perasaan ini dapat membuat Anda terjebak dalam pertempuran kata-kata yang tak ada habisnya.

    Sebaliknya, kata Gandotra, putarkan persepsi mereka dengan "Tanyakan kepada mereka, 'Apa yang akan Anda katakan kepada saya jika saya memberi tahu Anda bahwa saya tidak berharga dan hidup saya adalah bencana?'" Katanya.

    Imbaulah mereka untuk menunjukkan cinta dan kelembutan yang sama seperti yang mereka lakukan kepada Anda, kepada diri mereka sendiri juga.


    10. Jangan mengabaikan pembicaraan atau perilaku yang merugikan diri sendiri

    Dapat dimengerti jika terkadang Anda ingin meremehkan perilaku tidak menentu atau menyakitkan dari orang yang Anda cintai — tidak ada yang mau menerima bahwa terkadang seseorang yang mereka cintai pernah berpikir untuk bunuh diri — tetapi dengan mengabaikan tanda-tanda tersebut hanya akan memburukkan keadaan, kata Gandotra.

    "Jangan mengabaikannya ketika mereka berbicara tentang melukai diri sendiri atau Anda melihat bukti perilaku yang merugikan diri sendiri, seperti melukai diri atau menggunakan narkoba," katanya.

    Itu berarti jangan melawan dengan sesuatu yang meremehkan seperti "Anda tidak bermaksud seperti itu," ketika orang yang dicintai ingin melukai diri sendiri.

    Sebaliknya, Gandotra merekomendasikan Anda "membicarakannya secara terbuka dan biarkan mereka tahu Anda menganggapnya sangat serius." 


    11. Bangun tim pendukung ketika Anda mungkin tidak ada

    "Jika seseorang telah memunculkan tanda-tanda ingin bunuh diri, hal ini masih memungkinkan untuk diselesaikan dan harus dihindari secepat mungkin," kata Clark.

    Tetapi, karena tidak ada seorang pun yang dapat melakukan tugas yang begitu besar sendirian, Mayer merekomendasikan untuk membangun jaringan teman dan keluarga yang dapat secara terus-menerus mengetahui keberadaan orang yang Anda cintai dan bahwa mereka berada dalam kondisi aman.

    Untuk membantu teman dan diri Anda sendiri, rekrut teman dan anggota keluarga lain untuk membentuk jaringan dukungan dan cinta, kata Mendez. "Semakin banyak orang yang peduli tentang mereka, maka akan semakin baik," katanya.

    "Untuk menghindari membuat orang yang Anda cintai merasa seperti sedang dibicarakan di belakang mereka, minta mereka jadi bagian dari proses pembicaraan tersebut dengan orang lain."

    Jika Anda tidak bisa bertemu langsung, Anda mungkin bisa melakukan FaceTime grup atau berikirim surat elektronik dengan orang yang Anda cintai. Tetapi apa pun yang Anda lakukan, jangan mengunggahnya di media sosial — yang bisa menimbulkan perasaan malu di ruang publik seperti itu.


    12. Jangan menganggap remeh cry for help

    Semua manusia membutuhkan perhatian positif. Orang-orang yang bunuh diri sering mengalami pengalaman hidup yang sulit atau traumatis dan mereka mungkin meminta bantuan dengan cara terbaik yang mereka ketahui, kata Gandotra.

    "Kematian karena bunuh diri naik 11,8% di Inggris pada tahun 2018."

    Jangan biarkan mereka membuat keputusan buruk atau membiarkan mereka memanipulasi Anda; hal terbaik yang harus dilakukan adalah menunjukkan bahwa Anda mendengarnya dan Anda akan membantu mereka mendapatkan bantuan profesional — dan kemudian menyerahkan terapi tersebut kepada profesional.


    13. Tawarkan diri Anda untuk menjadi kontak darurat mereka

    Anda tahu kotak pada setiap formulir medis yang menanyakan nama dan nomor telepon seseorang yang dapat dihubungi dokter jika terjadi keadaan darurat?

    Letakkan informasi Anda di formulir tersebut.

    Orang yang depresi sering merasa seperti tidak ada yang benar-benar peduli tentang mereka dan tidak memiliki siapa pun untuk berpaling. Ini adalah salah satu cara sederhana yang dapat Anda tunjukkan kepada mereka bahwa mereka tidak sendirian, kata Gandotra.


    14. Cari tanda-tanda bahwa mereka sedang bersiap untuk melakukannya

    Sebelum mencoba mengambil nyawanya sendiri, beberapa orang akan bersiap-siap dengan memanggil orang-orang terkasih, membagikan barang-barang mereka, menulis surat atau membuat wasiat.

    Beberapa tanda-tanda yang diberikan mungkin sangat halus sehingga Anda harus waspada terhadap perubahan yang mengindikasikan mereka bersiap untuk bergerak melampaui tahap perencanaan, kata Mendez. Jangan takut untuk mengungkapkan perilaku yang membuat Anda khawatir dan bertanya tentang hal itu sambil mengungkapkan cinta dan kepedulian Anda, tambahnya.

     

    Jika Anda atau orang terdekat Anda sedang berjuang menghadapi masalah ini, mohon mencari bantuan profesional secepatnya.



    (Penulis: Charlotte Hilton Andersen & Korin Miller; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)








- RELATED ARTICLE -