• Dampak Penghapusan Fitur Following Pada Instagram

    Culture / News


    Dampak Penghapusan Fitur Following Pada Instagram

    Ucapkan selamat tinggal pada fitur yang paling kontroversial di media sosial ini.


    Sudahkah Anda menyadari jika tab Following yang terdapat pada kolom aktivitas di Instagram menghilang? Bagi Anda yang belum tahu, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk melihat aktivitas akun yang Anda ikuti. Anda dapat mengaksesnya melalui tab Activity atau ikon hati yang berada di bagian bawah aplikasi (di mana Anda juga melihat notifikasi likes dan followers baru) kemudian mengetuk kolom Following.

    Fitur ini tampaknya tidak berbahaya namun dapat mencatat segala aktivitas penggunanya yang terjadi baik beberapa menit atau bahkan minggu lalu. Dengan demikian, orang lain dapat melihat aktivitas Anda di Instagram seperti mengetahui foto apa yang Anda suka, akun apa yang baru saja Anda ikuti, atau ketika Anda mengomentari sebuah unggahan. 

    Hal ini sudah dibahas dalam esai yang menyebut bahwa rekam aktivitas tersebut dapat mengacaukan hubungan, misalnya ketika seseorang menemukan bahwa pasangannnya menyukai foto wanita berbikini pada pukul tiga pagi. Atau ketika pengguna Instagram mengetahui bahwa anggota keluarga mereka menyukai konten-konten mencurigakan yang membuat diri mereka tak nyaman. 



    Hilangnya fitur Following di Instagram memang dinilai kurang kontroversial. Awalnya keberadaan fitur ini dimaksudkan untuk memungkinkan penggunanya menemukan akun-akun baru yang ingin mereka ikuti melalui aktivitas teman-temannya di media sosial. Namun sebagai penggantinya, kini Instagram sudah memiliki fitur baru melalui halaman Explore di mana konten disajikan dalam format yang lebih mudah diakses.

    Pihak Instagram mengonfirmasi kepada BuzzFeed bahwa penghapusan tab Following telah dimulai sejak minggu lalu. Hal ini mungkin luput dari perhatian sebagian besar orang. Vishal Shah selaku Head of Product Instagram menyampaikan kepada media tersebut bahwa hanya sebagian kecil pengguna yang menyadari akan keberadaan fitur Following, sehingga tidak banyak orang yang menyadari bahwa kolom ini sebenarnya pernah ada. Lalu bagi Anda yang termasuk dalam kelompok pengguna yang mengetahui keberadaan tab Following, fitur ini mungkin lebih memberikan manfaat yang kurang baik.



    "Tidak semuanya tahu jika aktivitasnya terekam di tab Following," kata Vishal kepada BuzzFeed. "Sehingga, Anda setidaknya menyadari bahwa fitur ini sebenarnya tidak terlalu bermanfaat, namun secara bersamaan orang lain bisa terkejut ketika mengetahui bahwa selama ini aktivitas mereka di Instagram tercatat di sini."

    Beberapa menyayangkan penghapusan fitur ini, sebab dengan demikian hilang pula kesempatan mereka untuk menguntit aktivitas orang-orang yang mereka sukai melalui media sosial atau mengetahui kebiasaan teman-teman mereka yang senang melihat video-video aneh alih-alih melakukan kegiatan lain di rumah.

    Salah satunya tertulis dalam sebuah esai yang dipublikasikan oleh Slate. Menurutnya, hilangnya tab Following ini membuat kita sebagai warga Instagram kehilangan kesempatan berharga untuk melihat sisi lain yang tak biasa dari para figur publik ketika berada di dunia maya. Kendati demikian, kebiasaan untuk menyukai foto-foto di Instagram sesuka hati mereka akan terus berlanjut seperti biasa. 




    (Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK) 


    Tags : instagram






- RELATED ARTICLE -