• Pesona Wastra Nusantara di Pekan Kebudayaan Nasional 2019

    Fashion / News


    Pesona Wastra Nusantara di Pekan Kebudayaan Nasional 2019

    Kekayaan budaya terutama kain wastra Indonesia yang beragam dirayakan oleh Museum Tekstil Jakarta saat pameran Pesona Wastra Indonesia.


    Bertajuk Indonesia Bahagia, Pekan Kebudayaan Nasional 2019 mempersembahkan perhelatan Pesona Wastra Indonesia yang memamerkan berbagai jenis kain wastra Tanah Air dengan penjelasan teknik-teknik tenun yang selama ini digunakan masyarakat Indonesia. 



    Museum Tekstil Jakarta yang bekerja sama dengan Himpunan Wastraprema dan Rumah Wastra Jo Seda menjadi pihak yang turut berpartisipasi di pameran tersebut. Ketiganya memiliki misi untuk merayakan keberagaman teknik membuat dan menghiasi wastra dengan tingkat kesulitan yang bermacam-macam. 

    Salah satu jenis wastra yang dijadikan konsentrasi di pameran ini adalah wastra kulit kayu, di mana wastra tersebut memiliki teknik pembuatan yang unik. Wastra kulit kayu menjadi material pertama masyarakat Indonesia sebelum mengenal teknik menenun.



    Bahan kulit kayu untuk diolah menjadi wastra kulit kayu biasanya diambil dari kayu pohon secang atau sappan. Kulit kayu tersebut kemudian menghasilkan selembar kain, untuk kemudian diwarnai dengan warna merah yang berasal dari ekstrak akar buah mengkudu. 

    Teknik pembuatan wastra kulit kayu hanyalah satu di antara banyaknya teknik rumit lainnya yang selama ini dilakukan oleh para pengrajin wastra Tanah Air. Pembuatan wastra di Indonesia yang identik dengan kaum perempuan, adalah bentuk warisan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.

    Banyak jenis karya yang terlahir dari tangan para pengrajin wanita Indonesia, seperti kulit kayu, tenun, songket dan batik. Hal itu yang kemudian menggerakkan Himpunan Wastraprema untuk memberikan edukasi yang memperlihatkan hasil karya bangsa Indonesia yang sangat kaya secara lebih dekat lewat pameran Pesona Wastra Indonesia. 



    Ekshibisi Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini akan berlangsung sampai tanggal 13 Oktober 2019.

    Selain memiliki pameran wastra Indonesia, ekshibisi ini juga menghadirkan artefak kebudayaan untuk diketahui, pameran kemajuan teknologi yang inovatif hasil karya Kemah Budaya Kaum Muda, hingga karya-karya dari kementerian dan pemerintah daerah. 



    (Foto: Courtesy of Sendy Yusuf) 








- RELATED ARTICLE -