• Perhiasan Terbaik Milik Kerajaan Sepanjang Sejarah

    Bride / News


    Perhiasan Terbaik Milik Kerajaan Sepanjang Sejarah

    Banyak. Sekali. Tiara.


    Bagi keluarga kerajaan Inggris, perhiasan bukan saja sekadar untuk mempercantik penampilan. Dari permata hingga desainnya, semua memiliki arti tersendiri, baik secara politis, warisan turun-temurun, atau sebuah harta nasional. Berikut, kita akan melihat lebih jelas semua tiara, anting, cincin, dan kalung yang melengkapi koleksi kerajaan.


    The Cartier Halo Scroll Tiara

    Cartier Halo Scroll Tiara

    Tiara yang dikenakan Kate Middleton pada hari pernikahannya merupakan sebuah pinjaman dari Sang Ratu dan juga sebuah hadiah ulang tahun pernikahan dari King George VI untuk Elizabeth (Queen Mother) istrinya tahun 1963. Queen Mother kemudian memberikannya pada Sang Ratu di ulang tahunnya ke-18. Terdapat lebih dari 1,000 berlian pada tiara itu dan seringkali juga dipakai Putri Margaret.


    The Queen Mary Diamond Bandeau Tiara

    The Queen Mary Diamond Bandeau Tiara

    Tiara bermodel bando yang dikenakan Meghan Markle, Duchess of Sussex, pada hari pernikahannya dibuat oleh Garrard tahun 1925 untuk nenek Sang Ratu, Ratu Mary. Aslinya ia memiliki sebuah batu safir di tengah, tapi kemudian diganti dengan sebuah berlian. Tiara itu dipinjamkan pada Meghan oleh Sang Ratu untuk hari pernikahannya. Tiara itu juga dulu dikenakan oleh Putri Margaret, adik kandung dari Sang Ratu.


    The Delhi Durbar Tiara

    The Delhi Durbar Tiara

    The Delhi Durbar merupakan salah satu dari tiga pinjaman dari Sang Ratu kepada menantunya Camilla, Duchess of Cornwall. Oleh Garrard, awalnya dibuat untuk Ratu Mary pada 1911 untuk sebuah perayaan di Delhi untuk pelantikan Raja George V dan Ratu Mary sebagai Kaisar dan Permaisuri di India.


    The Greville Tiara

    The Greville Tiara

    The Greville dibuat oleh Boucheron untuk Dame Margaret Helen Greville pada 1920. Dikenal juga sebagai tiara Boucheron Honeycomb, dan dikenakan di sini oleh Camilla, Duchess of Cornwall. Greville meninggalkan tiara ini untuk Queen Mother ketika ia meninggal di 1942, dan dengan meninggalnya Queen Mother tahun 2002, Sang Ratu mewariskan tiara ini yang merupakan salah satu dari tiga tiara yang dipinjamkan pada Camilla, yang menikahi Pangeran Charles tahun 2005.


    Cambridge Lover's Knot Tiara

    Cambridge Lover's Knot Tiara

    Juga dikenal sebagai Queen Mary's Lover's Knot, mahkota yang dipenuhi berlian dan mutiara ini diberikan pada Ratu Mary pada tahun 1913 ketika ia meminta seorang ahli perhiasan dari Inggris, Garrard, untuk membuat replika sebuah tiara milik neneknya, Princess Augusta dari Hesse-Kassel.

    Kemudian diwariskan pada Ratu Elizabeth, lalu diberikan pada Putri Diana ketika ia menikahi Pangeran Charles, tetapi dikembalikan pada Sang Ratu setelah mereka bercerai tahun 1996. Sekarang tiara itu dimiliki oleh Sang Ratu dan menjadi favorit Kate Middleton, yang seringkali meminjamnya untuk beberapa kesempatan.


    The York Tiara

    The York Tiara

    The York dikenakan oleh Sarah Ferguson ketika ia menikahi Pangeran Andrew tahun 1986, dan merupakan sebuah hadiah pernikahan dari sang Ratu dan suaminya. Dibuat oleh Garrard, Sarah menyembunyikannya di bawah sebuah mahkota bunga untuk perjalanannya ke Westminster Abbey. Walau sudah berpisah dari Andrew, ia tetap menjadi pemilik tiara tersebut.


    Princess Andrew's Meander Tiara

    Meander Tiara Putri Andrew 

    Tiara ini merupakan sebuah hadiah untuk Sang Ratu dari ibu mertuanya, Putri Alice dari Yunani dan Denmark. Sang Ratu kemudian memberikannya pada Putri Anne, putri kandungnya tahun 1972, yang menggenakannya untuk foto pertunangannya dengan Kapten Mark Phillips. Tiara ini juga dikenakan dengan putri kandung Putri Anne, Zara Tindall, pada hari pernikahannya tahun 2011.


    Girls of Great Britain and Ireland Tiara

    Girls of Great Britain and Ireland Tiara

    The Girls of Great Britain and Ireland adalah mahkota yang paling sering dikenakan oleh Sang Ratu, bahkan terdapat pada potertnya untuk mata uang Inggris. Tiara itu dihadiahkan oleh neneknya, Ratu Mary, dan menjadi yang pertama ia miliki sendiri.

    Tiara tersebut awalnya merupakan sebuah hadiah pernikahan untuk Mary ketika ia menikahi Duke of York, yang kemudian menjadi George V tahun 1893. Dari para perempuan Britania Raya dan Irlandia, dan diberikan oleh Lady Eve Greville.


    The Cubitt-Shand Tiara

    The Cubitt-Shand Tiara

    Tiara ini dikenakan oleh laura Lopes, putrid dari Camilla, Duchess of Cornwall, untuk hari pernikahannya tahun 2006. Camilla juga menggenakannya untuk pernikahan pertamanya dengan Andrew Parker-Bowles, dan terlihat menggenakannya di tahun 2015.


    The Duchess of Cambridge's Engagement Ring

    Cincin tunangan Duchess of Cambridge

    Pangeran William melamar Kate Middleton pada tahun 2011 dengan cincin pertunangan yang diberikan pada Putri Diana, yang ternyata memilih sendiri cincinnya. Di tengahnya adalah sebuah batu safir lonjong dengan 14 berlian kecil yang disatukan dengan emas putih.


    The Burmese Ruby Tiara

    The Burmese Ruby Tiara

    Sang Ratu meminta Garrard untuk membuat tiara Burmese Ruby pada tahun 1973. Dengan 96 batu rubi yang dihadiahkan padanya dari Burma (sekarang Myanmar) ketika ia menikahi Duke of Edinburgh tahun 1947. Berliannya juga merupakan hadiah pernikahan, dari Nizam dari Hyderabad, raja dari sebuah Negara India dari Hyderabad.


    The Duchess of Sussex's Engagement Ring

    Cincin tunangan Duchess of Sussex

    Pangeran Harry meminta Cleave & Company untuk membuat cincin pertunangan Meghan Markle menggunakan permata utama yang berasal dari Botswana, dimana ia dan Meghan liburan bersama untuk pertama kalinya. Permata utamanya diapit oleh dua permata bundar dari sebuah bros milik ibunya, Putri Diana.


    The Festoon Tiara

    The Festoon Tiara

    The Festoon adalah milik Putri Anne, yang meminjamkannya pada menantunya, Autumn Phillips, untuk hari pernikahannya. Tiara itu awalnya dihadiahi pada Anne tahun 1973 oleh World-Wide Shipping Group setelah ia memberkati salah satu kapalnya.


    The Spencer Tiara

    The Spencer Tiara

    Tidak seperti pengantin kerajaan lainnya, Putri Diana memilih sebuah tiara dari koleksi keluarganya sendiri untuk pernikahannya dengan Pangeran Charles tahun 1981, dibandingkan meminjam dari Sang Ratu. Dibuat oleh Garrard pada tahun 1930-an, Diana juga sering menggenakannya untuk beberapa acara spesial. Yang terbaru, tiara ini dikenakan oleh keponakan Diana, Celia McCorquadale, untuk pernikahannya awal tahun ini.


    The Lotus Flower Tiara

    Tiara Bunga Lotus

    The Lotus Flower dibuat pada tahun 1920-an dari sebuah kalung pemberian Raja George V pada Queen Mother yang dibongkar. Ia memberikannya pada Putri Margaret untuk pernikahannya dengan Earl of Snowdon tahun 1959. Ketika Margaret meninggal, tiara itu diwariskan oleh Sang Ratu dan sekarang seringkali dikenakan oleh Kate Middleton.


    The Duchess of Cornwall's engagement ring

    Cincin tunangan Duchess of Cornwall

    Pangeran Charles melamar Camilla dengan sebuah cincin berlian yang awalnya milik neneknya, Sang Queen Mother. Cincin itu berhiaskan sebuah berlian lima karat dengan potongan bentuk emerald dalam desain ala Art Deco. Cincin itu dikabarkan dihadiahkan padanya setelah menyambut anak pertamanya, Sang Ratu sekarang.


    The Poltimore Tiara

    The Poltimore Tiara

    Putri Margaret menggenakan tiara ini untuk pernikahannya tahun 1960. Kreasi Garrard ini dibuat pada tahun 1870, kemudian Margaret membeli langsung tiara ini dari keluarga Poltimore pada sebuah lelang dengan harga $7,200 atau sekitar Rp110,000,000.00.



    "Granny's Chips"

    Dua berlian yang membentuk bros ini, yang dikenal akrab oleh keluarga kerajaan sebagai “Granny’s Chips,” adalah permata yang diambil dari berlian Cullinan gargantuan tahun 1905. Bros ini berharga 158 karat. Sang ratu mewarisi bros ini dari neneknya dan menggenakannya saat pelayanan gereja untuk Diamond Jubilee-nya.


    The George IV State Diadem

    The George IV State Diadem

    Kreasi luar biasa ini dibuat pada tahun 1821 untuk pelantikan Raja George IV. Akhirnya diwariskan secara turun-temurun hingga Sang Ratu yang menggenakannya sampai pelantikannya tahun 1953. Ia juga memilih tiara ini untuk State Opening of Parliament tiap tahunnya.


    Queen Alexandra's Kokoshnik Tiara

    Queen Alexandra's Kokoshnik Tiara

    Satu lagi dari koleksi pribadi Sang Ratu, nama tiara Kokoshnik berasal dari sebuah aksesori kepala dari Rusia dengan nama yang sama. Tiara ini dibuat oleh Garrard tahun 1888 untuk Alexandra, yang saat ini merupakan Princess of Wales, untuk ulang tahun pernikahannya yang ke-25. Ratu Mary mewarisi tiara ini dari Alexandra, dan Sang Ratu kemudian mewarisinya setelah Ratu Mary meninggal tahun 1953.


    The Queen Mary Fringe Tiara

    The Queen Mary Fringe Tiara

    Tiara ini hampir dikenakan oleh Sang Ratu pada hari pernikahannya, tetapi rusak sesaat sebelum acara. Sekarang lebih dikenal sebagai tiara yang dikenakan oleh putri kandung Sang Ratu, Putri Anne, pada hari pernikahannya, dan dapat juga dikenakan sebagai kalung. Tiara ini dibuat untuk Ratu Mary tahun 1919 dengan menggunakan berlian dari sebuah tiara yang ia dapat dari Ratu Victoria sebagai hadiah pernikahan. Mary kemudian memberikan hasilnya pada Queen Mother, yang diwariskan oleh Sang Ratu sekarang.


    Tiara, anting, dan kalung Brazilian Aquamarine Parure

    Tiara, anting, dan kalung Brazilian Aquamarine Parure 

    Set kalung dan anting dari batu aquamarine dan berlian ini dibuat oleh Mappin & Webb, dan diberikan pada Sang Ratu tahun 1953 dari rakyat dan Presiden Brazil. Ia kemudian menambahkan tiara sesuai yang dibuat oleh Garrard dari koleksi tambahan permata dari Brazil. Sangat jarang ketika sebuah tiara mencerminkan gaya pribadi Sang Ratu, kebanyakan tiaranya adalah warisan keluarga.


    Kalung Delhi Durbar

    Kalung Delhi Durbar 

    Kalung ini tidak biasa bagi Sang Ratu karena pemilihan warnanya yang emas. Batu zamrudnya dulu milik nenek Ratu Mary, Duchess of Cambridge, dan kemudian dibuat menjadi perhiasan atas permintaan Mary untuk Delhi Durbar.


    Kalung Ruby Kate

    Kalung Ruby Kate

    Kate menggenakan sebuah kalung dari batu rubi dan berlian yang dibuat oleh Mouwad untuk sebuah acara tahun 2011.


    Tiara, anting, dan kalung Belgium Sapphire

    Tiara, anting, dan kalung Belgium Sapphire 

    Anting dan kalung safir dan berlian milik Sang Ratu adalah sebuah hadiah pernikahan dari ayahnya, George VI, dan berasal dari era Victorian. Tiaranya juga dari era yang sama dan dibeli pada tahun 1963 untuk dipasangkan dengan kalung dan antingnya. Namanya berasal dari pemilik aslinya, Putri Louise dari Belgia.


    Kalung choker pink Topaz Duchess of Cornwall

    Kalung choker pink Topaz Duchess of Cornwall

    Choker lima lapis dengan batu topas warna merah muda milik Duchess of Cornwall dipercaya merupakan sebuah hadiah dari Pangeran Charles. Ia menggenakan kalung tersebut ke pernikahan putra tirinya, Pangeran Harry, dengan Meghan Markle. Camilla memang menggemari choker dan seringkali memakainya.


    Baca juga: 30 Peraturan Kerajaan Inggris yang Harus Anda Ketahui


    Amethyst Heart Camilla

    Amethyst Heart Camilla

    Kalung dan anting yang sesuai ini mencuri perhatian di premiere Skyfall tahun 2012. Permatanya pertama kali diberikan pada Queen Mother ketika ia menikah tahun 1923, dan pada akhirnya diwarisi oleh Sang Ratu.


    The Strathmore Rose Tiara

    The Strathmore Rose Tiara

    Tiara ini diberikan pada Lady Elizabeth Bowes-Lyon, yang kemudian menjadi sang Queen Mother, oleh ayahnya untuk pernikahannya dengan Raja George VI tahun 1923.


    The Oriental Circlet Tiara

    The Oriental Circlet Tiara

    Salah satu dari banyaknya perhiasan yang dibuat Pangeran Albert untuk Ratu Victoria, Oriental Circlet diberikan pada tahun 1853 dan terinspirasi dari sebuah koleksi perhiasan India yang dimiliki Victoria. Batu opal awalnya dipilih sebelum kemudian diganti menjadi batu rubi. Tiara ini merupakan favorit Queen Mother, yang kemudian diwariskan untuk Sang Ratu.


    Tiara pernikahan Countess of Wessex

    Tiara pernikahan Countess of Wessex

    Ketika Sophie Rhys-Jones menikahi Pangeran Edward tahun 1999, ia menggenakan sebuah tiara yang belum pernah dilihat sebelumnya. Dipercayai merupakan salah satu dari koleksi Sang Ratu yang telah dipermak ulang untuk acara tersebut. Sophie kemudian sering terlihat memakai tiara tersebut untuk beberapa acara lain.


    Baca juga: 18 Kebiasaan Aneh Keluarga Kerajaan Inggris Saat Makan


    (Penulis: Tamara Abraham; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Bella Konstantin; Foto: Courtesy of Bazaar US)








- RELATED ARTICLE -