• Tema dan Host Met Gala 2019: Ada Pengaruh Donald Trump

    Fashion / News


    Tema dan Host Met Gala 2019: Ada Pengaruh Donald Trump

    Fenomena budaya masa kini, hingga Donald Trump menjadi pengaruh utama ekshibisi ini.


    Met Gala atau Costume Institute Gala adalah sebuah acara malam penggalangan dana untuk divisi Costume Institute yang digelar oleh Metropolitan Museum of Art di New York. Selain malam penggalangan dana, acara ini juga menjadi malam perayaan grand opening ekshibisi yang memiliki tema berbeda-beda setiap tahunnya.

    Setelah sebelumnya sukses dengan tema Manus x Machina, Punk: Chaos to Couture, China: Through The Looking Glass. Tahun ini tema Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination bahkan sukses menjadi the most visited exhibition dengan total sebanyak 1.7 juta pengunjung.  Dan juga membawa berita baik untuk Indonesia sebab saat acara pembukaannya, Madonna hadir mengenakan mahkota rancangan desainer aksesori Indonesia, Rinaldy A. Yunardi.


    Untuk tahun 2019, Andrew Bolton selaku kurator ekshibisi ini mengumumkan tema yang akan diusung oleh The Met Costume Institute nanti adalah Camp: Notes on Fashion terinspirasi dari essay karya penulis Susan Sontag bertajuk ‘Notes on Camp’ yang diterbitkan tahun 1964.

    Kata camp disini bukanlah untuk merepresentasikan kata perkemahan. Kata ‘camp’ yang dipopulerkan oleh Susan Sontag kepada khalayak mainstream memiliki arti sebagai sesuatu gaya atau tingkah laku yang teatrikal dan berlebihan.

    “Kita semua sedang melewati fase camp yang ekstrim, hal itu sangat relevan dengan fase budaya sekarang di mana suatu hal yang tidak karuan bisa menjadi sebuah medium politik yang canggih dan kuat, terutama untuk para budaya yang tersisihkan,” jelas Andrew Bolton kepada The New York Times.   

    Ekshibisi ini dikabarkan akan mengeksplor asal usul camp di Versailles, Stonewall Riots, dan penggunaan kata ‘camp’ di komunitas queer. Selain itu, ekshibisi ini juga akan menampilkan unsur ‘camp’ yang terkandung di karya-karya desainer kontemporer seperti Charles Frederick Worth, Balenciaga, Miuccia Prada, dan Demna Gvasalia.

    Acara yang selalu digelar di hari senin pertama di bulan Mei ini, diketuai oleh Editor in Chief Vogue US, Anna Wintour dan ia menunjuk Lady Gaga, Harry Styles, Serena Williams dan direktur kreatif rumah mode Gucci, Alessandro Michele sebagai hosts



    (Foto:  buzzfuss©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -