• 10 Travel Apps yang Akan Memudahkan Perjalanan Liburan

    Culture / Tips


    10 Travel Apps yang Akan Memudahkan Perjalanan Liburan

    Mengaku sebagai traveler sejati? Maka 10 aplikasi berikut wajib ada di smartphone Anda.


    1. Flio

    Aplikasi yang satu ini akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan berbagai informasi mengenai bandara. Tidak perlu lagi kuatir rasa bosan melanda saat menunggu jadwal penerbangan selanjutnya. Melalui Flio, informasi seputar lokasi jaringan Wi-Fi terkuat, rekomendasi kafe dan restoran dengan berbagai varian menunya hingga destinasi transit pesawat lengkap tersaji.


    2. iExit

    Sesuai namanya, iExit memberikan informasi seputar apa yang dapat Anda temukan saat keluar dari jalan bebas hambatan. Baik itu direktori lokasi ATM, pom bensin hingga restoran terdekat lengkap diinformasikan melalui aplikasi berikut. Melalui iExit, Anda juga dapat menandai lokasi favorit Anda. Sehingga, saat selanjutnya melewati rute yang sama, Anda dapat kembali lagi ke tempat tersebut tanpa kuatir tersesat.


    3. Hopper

    Tidak ada lagi kata overbudget saat memesan tiket pesawat. Bersama Hopper, Anda akan dimudahkan dengan ulasan informasi lengkap mengenai tarif harga tiket penerbangan. Tidak berhenti di sana, satu hal lagi yang menjadi kelebihan Hopper. Aplikasi ini tergolong amat detail.

    Hopper turut menampilkan informasi berupa kenaikan hingga penurunan harga tiket dalam beberapa kurun waktu mendatang. Sehingga, Anda pun dapat memutuskan kapan waktu terbaik untuk memesan tiket.


    4. Google Translate

    Sebenarnya tidak hanya bepergian. Google Translate merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ada alasan mengapa julukan ‘mbah’ Google tercipta. Karena semua informasi begitu mudah didapatkan sepintar kemampuan googling Anda. Menggunakan Google Translate, tidak ada lagi kesulitan berkomunikasi dengan para penduduk lokal. Lebih dari 103 jenis bahasa dapat diterjemahkan oleh aplikasi yang satu ini.


    5. Google Trips

    Masih berkaitan dengan keunggulan Google sebagai sumber informasi. Pilihan aplikasi travel terbaik selanjutnya jatuh kepada Google Trips. Mengunduh aplikasi pintar yang satu ini, jelas Anda pun semakin pintar melakukan perjalanan.

    Google Trips memberikan kemudahan kepada para penggunanya dengan direktori lengkap seputar jadwal penerbangan, lokasi hotel, tempat penyewaan kendaraan hingga rekomendasi restoran teratas saat berpelesir. Saat ini, Google Trips mencakup lebih dari 200 negara. Dengan kata lain, meliputi hampir seluruh dunia.


    6. Airbnb

    Tidak sanggup mengeluarkan biaya untuk menginap di hotel berbintang lima lantas bukan menjadi alasan tertundanya perjalanan liburan. Bukan tanpa sebab Airbnb menjadi salah satu aplikasi terfavorit para traveler.

    Sejumlah rekomendasi mengenai tempat menginap di destinasi berlibur pun lengkap tersaji. Kabar baiknya lagi, biaya bermalam di sejumlah tempat penginapan tersebut tergolong ramah di kantong. Jadi tidak heran apabila jumlah unduhan aplikasi Airbnb mencapai angka fantastis.


    7. Traveloka 

    Kali ini giliran prestasi anak bangsa sendiri. Didirikan di tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma dan Albert Zhang, kesuksesan Traveloka sudah menjadi rahasia publik. Aplikasi ini terbukti sangat memudahkan para traveler. Bekerjasama dengan hampir seluruh perusahaan transportasi hingga hotel ternama, Traveloka hadir menawarkan berbagai fitur inovatif.


    8. Roadtrippers

    Berfokus kepada perjalanan darat, Roadtrippers menjadi opsi Bazaar untuk aplikasi travel terbaik selanjutnya. Ditemukan oleh James Fisher dan Tatiana Parent, aplikasi ini berisikan infornasi mengenai sejumlah tempat hiburan menarik di Amerika Serikat dan Kanada.

    Walaupun belum mencakup banyak negara seperti kesembilan aplikasi lainnya, Roadtrippers cukup terbukti menarik minat para traveler. Berkat kesuksesasnnya, tim internal mereka pun berencana untuk berekspansi dengan merambah lebih banyak negara dalam waktu dekat. Semoga Indonesia termasuk sebagai salah satunya.


    9. TripCase

    Anda termasuk golongan traveler dengan kebiasaan mempersiapkan jadwal sebelum bepergian? Maka Tripcase wajib menjadi unduhan selanjutnya. Daripada membuat jari jemari terasa pegal dengan menuliskan rencana perjalanan satu per satu.

    Menggunakan TripCase, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam menyusun itinerary berlibur. Bahkan, aplikasi ini dapat terkoneksi langsung dengan e-mail Anda. Notifikasi e-mail untuk mengingatkan jadwal kegiatan saat berlibur pun akan mencegah jadwal berlibur menjadi berantakan.


    10. TripIt

    Dikelola oleh tim manajemen yang sama dengan aplikasi sebelumnya, kali ini giliran TripIt. Masih berhubungan dengan terorganisasinya jadwal liburan, TripIt menyajikan secara detail hampir segala informasi yang dibutuhkan kala berlibur.

    Mulai dari jadwal penerbangan, hotel hingga tempat penyewaan mobil dihadirkan dalam konsep visual atraktif. Seperti TripCase, aplikasi ini juga terkoneksi langsung dengan email. Ibarat memiliki sekretaris pribadi yang membantu mengatur jadwal perjalanan Anda. Bon voyage!



    (Foto:  Kaspars Grinvalds©123rf.com, www.apple.com, www.play.google.com)








- RELATED ARTICLE -