• Cerita Mengenai Palu dan Pesonanya yang Begitu Indah

    Culture / News


    Cerita Mengenai Palu dan Pesonanya yang Begitu Indah

    Terlepas dari bagaimanapun kondisinya saat ini, pesona indah kota Palu akan tetap terpalu di hati.


    Baru-baru ini Indonesia dilanda duka atas bencana gempa yang menimpa Palu. Walaupun tidak sepopuler Yogyakarta, Medan ataupun kota besar lainnya di Indonesia, tidak berarti kota ini kalah indah. Ibukota Sulawesi Tengah ini nyatanya menyimpan sejuta pesona untuk ditelusuri.

    Karena itulah, sangat menyedihkan rasanya saat melihat berita di televisi yang berisi tayangan dampak gempa terhadap kota ini. Namun, Bazaar percaya pepatah “badai pasti berlalu” pasti turut berlaku untuk Palu.

    Berasal dari kata Topalu’e yang berarti “tanah yang terangkat", awalnya kota ini memang terbentuk akibat gempa dan pergeseran lempeng di lautan. Jika bencana alam seperti itu dapat menjadi awal dari sebuah kota yang indah, maka kali ini pun hal yang sama bisa terjadi.




    Semuanya butuh waktu dan proses. Dukungan dan doa pun dipercaya tidak akan menjadi sia-sia. Apabila saat ini Anda memiliki waktu luang dan tengah mempersiapkan perjalanan liburan, saatnya untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Ketimbang berpelesir ke negeri orang, alangkah lebih bermakna jika Anda memilih untuk memesan tiket penerbangan menuju kota Palu.  

    Kontribusi tidak perlu selalu berupa uang. Kehadiran dan tenaga Anda pun akan sangat berarti bagi mereka yang terkena gempa. Tidak hanya pengalaman baru, pembelajaran baru akan makna hidup pun akan didapatkan sepulangnya.

    Sebagai wujud cinta dan dukungan Bazaar terhadap Palu, berikut rangkuman uraian akan sejumlah lokasi terindah yang dimiliki kota ini. Mengapa rangkuman? Karena terlalu banyak hal indah yang dimiliki Palu untuk dapat dijabarkan satu per satu.

    Mungkin saat ini kondisinya sudah tidak sama lagi setelah dilanda gempa. Namun, beberapa pilihan destinasi ini akan membuat kita tetap mengingat indahnya Palu.

    Mari kita mulai dari Pulau Pangempa dengan keteduhan alamnya yang memberikan ketenangan jiwa. Jembatan kayu yang berada di tengah juntaian dedaunan pohon dan tenangnya arus air pun menjadi komposisi foto sempurnya. Indahnya Palu memang tidak dapat dipungkiri.


    Dari arus air tenang di Pulau Pangempa, mari mengapung menuju Pulau Sombori di Kabupaten Morowali. Beningnya air laut pun menjadi destinasi kita selanjutnya. 

    Teriknya matahari terkalahkan oleh rindangnya pepohonan yang memenuhi kawasan perairan ini. Destinasi berikut pun menjadi salah satu tujuan favorit para pelancong saat berkunjung.


    Jangan terburu-buru berpindah ke transportasi darat, karena cantiknya perairan Palu masih belum habis untuk dieksplorasi. Menaiki kayak di tengah laut Kabupaten Donggala, hati akan terpaku hingga sulit berpindah.

    Nikmati alam sekitar dengan sedikit sensasi seru bagi Anda yang baru mencoba transportasi ini untuk pertama kalinya. Ini akan menjadi pengalaman yang sulit terlupakan.


    Baiklah. Mungkin sekarang saatnya untuk berpindah. Labuhkan kayak dan perahu di tengah laut kawasan karang Kabupaten Donggala. Selanjutnya, mari selami wisata bawah lautnya.

    Sejumlah spesies biota unik serta gugusan karang cantik siap menyapa di bawah sana. Jangan lupa siapkan kamera bawah air Anda, karena jernihnya perairan akan menjadi objek foto ideal.


    Sedikit ekstrim, namun tentunya ini hal utama yang dicari oleh Anda yang berjiwa petualang. Dari kedalaman laut mari menuju ke ketinggian menara. Dilihat dari mana pun Palu memang cantik.


    Apabila Anda fobia terhadap ketinggian, maka jangan coba-coba aktivitas yang satu ini. Sebagai opsi lainnya, bawa perangkat drone untuk menikmati indahnya kota Palu melalui perspektif seekor burung.



    Tidak hanya alam, bahkan tangki kilang di Dermaga Mamboro pun akan menjadi objek foto menarik. Berpose sembari menaiki tangga berikut dapat menjadi alternatif pose berfoto.


    Kali ini giliran kawasan perbukitan area Hangtua, Palu. Walaupun bernama Sofa, tempat yang satu ini bukan merupakan butik furnitur. Melainkan bentangan padang indah dengan lambaian rumput liar yang lembut tertiup angin.


    Saat berkesempatan mengunjungi Palu, jangan hanya bermain di area kota besar saja. Eksplorasi hingga ke pelosok terdalam. Anda akan banyak menemukan lokasi indah seperti Desa Maranata di Kabupaten Sigi berikut ini.


    Bepergian bersama pasangan ke Palu, maka pose berikut wajib ditiru. Berpose di atas mobil van vintage di kawasan Kawatuna bisa jadi materi foto prewedding Anda. Budget bulan madu pun dapat bertambah dengan memanfaatkan kesempatan ini.


    Sapaan langit lembayung senja khas Pantai Kaluku pun jangan sampai terlewatkan. Warna langit ungu bercampur merah muda dan jingga saat matahari mulai terbenam sungguh teramat menakjubkan.


    Dari pagi hingga malam hari, Palu memang senantiasa tampil memukau. Seperti halnya, gerhana malam di kawasan Matantimali berikut. Semoga tidak lama lagi, Palu tidak lagi berkelam.


    Itulah sedikit dari banyaknya keindahan kota Palu dan sekitarnya. Semoga kota-kota ini lekas pulih dan kembali bangkit untuk kembali menjadi salah satu destinasi para petualang.


    (Foto:  Cinzia Galvagni©123rf.com) Courtesy of 123rf.com, Instagram @explorepalu)











- RELATED ARTICLE -