• Royal Wedding 2: Fakta Gaun Pernikahan Putri Eugenie

    Bride / News


    Royal Wedding 2: Fakta Gaun Pernikahan Putri Eugenie
    Courtesy of Harper's Bazaar UK

    Kenali lebih dekat detail penampilan Putri Eugenie of York ketika menikahi Jack Brooksbank di St George’s Chapel.


    Pernikahan Putri Eugenie juga merupakan salah satu momen penting yang turut ditunggu-tunggu oleh rakyat Inggris selain pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry di tahun ini.

    Putri Eugenie yang merupakan pewaris tahta kerajaan Inggris urutan ke-9 meresmikan janji pernikahannya dengan Jack Brooksbank di Windsor Castle. Putri Eugenie yang pada hari itu memilih mengenakan gaun pernikahan tradisional membuat semua orang terpukau akan keanggunannya. 


    Bazaar yakin Anda juga penasaran untuk mengetahui detail gaun pernikahan sang Putri. Berikut fakta-fakta penampilan Putri Eugenie di hari spesialnya yang Bazaar kumpulkan untuk Anda.


    1. Gaun yang dikenakannya dirancang oleh label Peter Pilotto


    Setelah banyaknya spekulasi siapa desainer yang akan merancang gaun pernikahan sang Putri. Diketahui ketika hari pernikahannya tiba, Ia mengenakan gaun pengantin rancangan label asal Inggris, Peter Pilotto. 

    Label yang dipimpin oleh Peter Pilotto dan Christopher De Vos ini telah berdiri sejak tahun 2007.

    (Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Singapore)


    Label asal Inggris ini terkenal mahir menciptakan busana untuk wanita modern dengan siluet feminin. Tidak hanya identik merancang pakaian berunsur feminin, label Peter Pilotto juga berfokus di motif printed sebagai unsur utama di karya-karyanya. Motif printed yang ikonis membuat label ini juga digemari selebriti hingga mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama.

    Dalam kesempatan ini, Peter, Christopher, dan sang Putri bekerja sama mempelajari setiap gaun-gaun pernikahan yang dikenakan para keluarga kerajaan sebelumnya. 

    Siluet crinoline dan aksen pleated di bagian rok yang dipadankan dengan atasan korset tangan panjang off the shoulder pun menjadi hasil akhir perjalanan mereka dalam merancang gaun yang diinginkan sang Putri. Gaun yang dibuat dari bahan jacquard ini juga memiliki ekor gaun yang panjang hingga menyentuh ke lantai.

    Selain siluet gaun, sang Putri juga memberikan sentuhan pribadi dengan mengukir simbol-simbol yang memiliki arti penting tersendiri bagi kedua mempelai. Beberapa simbol yang diaplikasikan adalah simbol shamrock of Ireland sebagai bentuk penghormatan mereka terhadap keluarga Ferguson. Dan simbol York rose and ivy yang diaplikasikan sebagai representasi rumah kedua mempelai. 

    Tidak hanya itu, potongan low cut di bagian punggung gaun sang putri ternyata bukanlah hanya sebuah siluet semata. Putri Eugenie memilih untuk menampilkan bekas operasi scoliosis yang pernah Ia jalani saat Ia berusia 12 tahun dengan percaya diri di hari pernikahannya.   


    2. Sang Putri memilih mengenakan sepatu rancangan Charlotte Olympia


    Setelah sebelumnya Meghan Markle mengenakan sepatu rancangan Givenchy. Putri Eugenie mengenakan sepatu rancangan label asal Inggris, Charlotte Olympia. 

    Label yang didirikan oleh Charlotte Olympia Dellal di tahun 2008 ini merupakan label yang menyatukan sisi feminin, mewah dan modern menjadi satu di setiap rancangannya. Pilihan sang Putri jatuh kepada sepasang sepatu berbahan satin jacquard dengan aksen peep toe dan hak platform


    3. Mahkota sang Putri merupakan rancangan label perhiasan legendaris Boucheron


    Mahkota yang dipilih oleh Putri Eugenie dirancang oleh label perhiasan asal Paris, Boucheron di tahun 1919. Mahkota yang terbuat dari berlian dan dihias dengan batu emerald 93.70 karat di bagian tengah ini memiliki gaya khas kokoshnik yang sering dikenakan oleh para bangsawan di Russia.

    Mahkota yang dipinjamkan oleh Ratu Elizabeth II kepada sang Putri, awalnya dimiliki oleh seorang sosialita Inggris bernama Margaret Greville. Mahkota bernama Greville Emerald Kokoshnik Tiara ini dihibahkan Margaret untuk sang Ratu di tahun 1942. 


    4. Bunga lily yang merupakan lambang kesucian mendominasi buket bunga sang Putri


    Buket rancangan floral designer Rob Van Helden dan Patrice Van Helden Oakes ini terdiri dari bunga lily, hiasan baby blue thistles, mawar putih, tanaman daun merambat ivy dan bunga myrtle yang merupakan simbol cinta.


    (Foto: Courtesy of Instagram)

    -->






- RELATED ARTICLE -