Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

59 Model Cincin Tunangan yang Sesuai dengan Gaya Anda

Kualitas dan ukuran permata memang penting, tapi desain cincinlah yang menentukan gaya Anda.

59 Model Cincin Tunangan yang Sesuai dengan Gaya Anda

Jika berbicara tentang cincin pertunangan, yang pasti Anda pikirkan pertama kali adalah berliannya. Potongan, besar karat, warna, kejernihan. Justru yang sering diabaikan adalah desain dari cincinnya sendiri.

Ingat, karena desain cincin sama penting dengan permatanya, sebagaiman ia menentukan tampilan keseluruhan cincin Anda. Desain cincin tertentu dapat mengubah sebuah berlian tua dari Eropa menjadi menjadi modern, bisa juga membuat berlian bulat sederhana menjadi pola bunga yang rumit.

Jika Anda memikirkan gaya Anda, tentu desain cincin Anda juga harus dipikirkan, apa lagi jika Anda mencari desain cincin yang sesuai dengan gaya pribadi Anda, atau memikirkan bagaiman menggabungkan permata warisan ke cincin yang sudah lama Anda impi-impikan. Berikut adalah panduan ke setiap bentuk cincin agar Anda lebih mudah menentukan apa yang ingin Anda pakai pada jari manis Anda.


Solitaire

Gaya Anda cantik dan sederhana, mungkin Anda akan menggenakan gaun selip simpel berbahan sutra yang dipadukan dengan perhiasan mewah di hari pernikahan Anda. Anda lebih peduli pada kualitas dibandingkan kuantitas dan lemari Anda penuh benda-benda klasik yang tidak akan pernah ketinggalan zaman. Bentuk solitaire menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda.

Tipe solitaire yang seringkali berbentuk mencengkram permatanya, paling populer dan sangat menonjolkan berlian pada cincin yang pada dasarnya hanya sebagai alas bagi permata. Jadi kualitas terbaik sangatlah penting untuk bentuk ini.


Ashley Zhang “Victoria” old european cut engagement ring solitaire diamond, $2,600 (atau sekitar Rp39,000,000.00), ashleyzhangjewelry.com.


Forevermark Black Label Collection solitaire ring with black label oval diamond in 18K white gold, harga atas permintaan, Forevermark.com.


K Kane “The Kate” ring, harga atas permintaan, k-kane.com.


Marisa Perry dirancang oleh Douglas Elliott “Robin” princess cut engagement ring in 18K yellow gold, $28,500 (atau sekitar Rp433,000,000.00), marisaperry.com.


Pave

Anda sangat mementingkan berlian di tengah tapi juga membutuhkan sedikit tambahan. Bentuk ini, seperti solitaire, menonjolkan berlian di tengah, tapi cincinnyapun mendapat banyak perhatian. Tipe pave (dibaca pah-vay) dipenuhi berlian di sekitar cincin, atau memenuhi setengah lingkarannya.

Ada juga micro-pave yang menggunakan berlian-berlian kecil yang dapat menjadi biaya tambahan karena pengerjaan yang lebih rumit. Ketika berbelanja, bentuk pave biasanya berarti cincin yang dikelilingi berlian yang menghasilkan kilauan cantik yang tidak akan mencuri perhatian dari permata di tengah, tapi menambah drama pada tampilan keseluruhan.


Ken & Dana Design “Ivy” ring, $1,595 (atau sekitar Rp24,000,000.00), kenanddanadesign.com.


Lauren Addison round brilliant-cut diamond ring in platinum and 18K yellow gold, harga atas permintaan, laurenaddison.com.


Lindsey Scoggins “Pave Compass” ring, $7,795 (atau sekitar Rp118,000,000.00) belum termasuk permata di tengah, lindseyscoggins.com.


Tiffany & Co. Tiffany “Novo®” princess cut engagement ring in platinum, $62,000 (atau sekitar Rp942,000,000.00), tiffany.com.


Halo

Cincin bentuk halo memiliki desain dengan permata-permata kecil yang mengelilingi permata besar di tengah dan seringkali memberi ilusi yang membuat permata tersebut lebih besar dari ukuran aslinya.

Tetapi, bukan berarti permata di tengah harus lebih kecil. Dalam beberapa tahun terakhir, tipe cincin halo menjadi sama populernya dengan tipe solitaire karena bentuknya yang menawan.

Bentuk ini dapat membuat sebuah berlian besar terlihat lebih kuat, bisa juga membuat permata berpotongan alami terlihat lebih halus. Bentuk cincin halo bagaikan paduan kaos putih dan jeans yang universal dan tidak akan pernah ketinggalan zaman.


Cartier Destinée solitaire ring in platinum with emerald-cut diamond and brilliant-cut pavé diamonds, harga atas permintaan, cartier.com.


Eva Fehren "The Gatsby" in platinum with rose cut pear diamond, harga atas permintaan, EvaFehren.com.


Jen Hansen “Small Beloved” moonstone ring, $995 (atau sekitar Rp15,000,000.00), jenhansen.com.


Martin Katz square emerald cut diamond set in 18K white gold and microset with single cut diamonds, $75,000 (atau sekitar Rp1,140,000,000.00), martinkatz.com.


Nina Runsdorf diamond flip ring in 18K white gold, harga atas permintaan, Nina Runsdorf, 20 E 69th St , New York, NY 10021.


Solange Azagury Partridge “Milk” ring in 18K white gold, harga atas permintaan, solange.co.uk.


Split Shank 

Terdapat gap pemisah yang unik antara berlian di tengah dengan bingkainya pada bentuk cincin split shank. Gaya cincin dengan aksen “mengintip” ini tidak saja tahan lama tapi juga menunjukkan bentuk potongan berliannya. Bentuk ini ditujukan pada para wanita yang menyukai kesederhanaan tapi juga menginginkan cincin yang special dan modern.


Front Jewelers “The Carissa” ring with radiant cut diamond, $4,695 (atau sekitar Rp71,000,000.00), frontjewelers.net.


Liven Co. emerald cut split shank white topaz ring, $898 (atau sekitar Rp14,000,000.00)livenco.com.


Verdura “Lace” diamond ring in platinum with a cushion cut diamond, harga atas permintaan, verdura.com.


Channel

Anda sporty tapi juga sedikit girly. Anda suka mendaki, berolahraga, dan memegang kendali tapi juga menyukai hal-hal cantik. Tipe channel berbalut berlian disekeliling lingkaran cincin yang diapit dua ujung logam, yang merupakan "saluran" dari cincinnya.

Keuntungan tipe channel yaitu berliannya sangat terlindungi di antara dua logam tersebut. Jika Anda sangat aktif, atau banyak bekerja dengan tangan, tipe cincin ini tidak akan merusak ataupun menghilangkan berliannya, dan juga tetap memberi anda kilauan yang cantik.


Gabriel & Co. vintage 14K white gold cushion cut halo, $2,500 (atau sekitar Rp38,000,000.00), gabrielny.com.


Gemfields x David Gross oval shaped ring with emerald and baguettes, harga atas permintaan, davidgrossgroup.com.


Michael M The Crown Collection ‘V’ channel-set diamond ring semi-mount in 18K gold, $3,600 (atau sekitar Rp55,000,000.00), michaelmcollection.com.



Van Cleef & Arpels "Pushkar" solitaire ring in platinum, harga sesuai permintaan, VanCleefArpels.com



Three Stone 

Jika Anda menyukai yang lebih dan berkilauan, maka cincin tipe three stone menjadi pilihan yang tepat. Tipe ini biasanya memiliki permata dengan besar karat yang sama atau hanya beberapa karat lebih kecil dari permata di tengah, menjadi simbol masa lalu, masa depan, dan yang sedang dijalani sebuah pasangan.

Pilih cincin tipe three stone untuk acara ala pesta dansa, dan juga tampil berani dengan sebuah tiara.



Anna Sheffield “Astarte”, $32,000 (atau sekitar Rp486,000,000.00), annasheffield.com.



Christopher Designs L’Amour Crisscut® diamond center ring and 2 L’Amour Crisscut® diamonds 3 stone solitaire design ring in 18K white gold, $14,777 (atau sekitar Rp225,000,000.00), christopherdesigns.com.



GFG Jewellery 3 stone diamond ring, $9530 (atau sekitar Rp145,000,000.00), gfgjewellery.com.



Ken & Dana Design “Inolah” ring $4,150 (atau sekitar Rp63,000,000.00), kenanddanadesign.com.



Oscar Heyman asscher cut diamond ring in platinum, harga atas permintaan, oscarheyman.com.


Bezel

Tipe cincin bezel membingkai secara kuat serta melindungi permata di tengah dengan logam. Permata di tengah tetap menjadi pusat perhatian karena logamnya membingkai sesuai potongan permata itu sendiri.

Permata jenis apapun bisa dibuat untuk cincin tipe bezel, tapi pilihan ini sangat baik untuk permata halus yang rentan terhadap pengelupasan dan retak seperti opal, zamrud, atau pirus. Bentuk cincin bezel sangat cocok bagi wanita bergaya boho yang mencintai alam dan tidak takut kotor.

Tipe cincin ini dipastikan tidak akan merobek renda pada gaun pengantin Anda.



Mark Patterson “Fused” Collection in platinum and rose gold fused together with round brilliant cuts and an emerald cut diamond, $6170 (atau sekitar Rp94,000,000.00), markpatterson.com.



Jacquie Aiche “Pave Princess” diamond ring $7,750 (atau sekitar Rp118,000,000.00), jacquieaiche.com.



Michelle Oh bezel set diamond rose gold ring, $5245 (atau sekitar Rp80,000,000.00), michelle-oh.com.



Selim Mouzannar ring in pink gold & ivory enamel set with diamonds, $19,920 (atau sekitar Rp303,000,000.00), net-a-porter.com.


SingleStone “Wyler” lozenge cut diamond ring in handcrafted 18K yellow gold, $32,000 (atau sekitar Rp486,000,000.00), singlestone.com.


Double Diamonds

Anda suka memakai benda-benda yang dapat mencuri perhatian. Seperti motif-motif mencolok, boots setinggi paha, atau tas yang sedang menjadi trend, gaya Anda tidak akan mengecewakan. Bukan menjadi kejutan bahwa cincin pilihan anda tidak hanya memiliki satu, tapi dua permata.

Sama seperti bagaimana Anda tidak hanya memilih satu, tapi juga dua gaun untuk pernikahan Anda... dan mungkin beberapa cadangan. Jika membicarakan mode dan aksesori, motto Anda adalah “go big or go home.”



Forevermark by Rahaminov two-Stone bypass diamond ring in 18K rose gold, harga atas permintaan, Forevermark.com.




Harry Winston Ultimate Bridal collection double marquise ring with two marquise-shaped diamonds in platinum, harga atas permintaan, harrywinston.com.



Jemma Wynne 18K yellow gold double diamond ring, $8,900 (atau sekitar Rp135,000,000.00), jemmawynne.com.



Sylva & Cie “Moi & Toi” ring in 18K yellow gold, $150,400 (atau sekitar Rp2,286,000,000.00), Saks Fifth Avenue, Beverly Hills, Calif.


East-West

Tipe east-west sebenarnya hanyalah bagian permata yang diubah ke arah horizontal, mungkin memang sebuah perubahan kecil, tapi berpengaruh besar. Seperti contoh, cincin berlian dengan setting solitaire terkesan kuno, tapi ubah arah permatanya dan ia memiliki tampilan baru yang segar dan modern.

Tipe cincin ini cocok untuk perempuan dengan pribadi unik. Anda tidak berlebihan, tapi juga tidak terlalu sederhana. Anda seperti memadukan motif pada penampilan yang mungkin tidak selalu selaras. Para tamu undangan tidak akan terkejut bila Anda tidak menggenakan warna putih pada hari pernikahan Anda.



Jemma Wynne 18K white gold oval diamond ring, harga atas permintaan, jemmawynne.com.



Lauren Addison east-west oval shaped diamond ring in platinum, harga atas permintaan, laurenaddison.com.



Rachel Boston deco marquise ring in 18K gold, $5047 (atau sekitar Rp77,000,000.00), rachelboston.co.uk.



Zoe Chicco one-of-a-kind hexagon ring, harga atas permintaan, zoechicco.com.


Side Stones

Tipe side stones bisa menggunakan permata bentuk apa saja, biasanya (tapi tidak selalu) bentuk setengah bulan, segitiga, atau persegi panjang yang diletakan di dua sisi permata utama dan bisa berlanjut ke lingkaran cincinnya.

Tujuan utamanya adalah menonjolkan permata utama tetapi juga memberikan tampilan yang lebih. Perempuan pemakainya sangat suka kemilauan tapi tidak seperti tipe three stone atau double diamonds, permata utama tetap menjadi pusat perhatian.


Ara Vartanian 18K white gold ring with white diamonds, harga atas permintaan, aravartanian.com.



Graff New York marquise cut diamond ring, harga atas permintaan, graffdiamonds.com.



K Kane “The MB” ring, harga atas permintaan, k-kane.com.



Octavia Elizabeth Jewelry “Étoile” three- stone asscher cut ring in 18K and platinum flanked by two trillions, harga atas permintaan, octaviaelizabeth.com.


Cluster

Cicin tipe cluster terdiri dari serumpun permata yang tidak berpola khusus. Beberapa dapat berbentuk bunga sedangkan lainnya dibentuk sesuai banyak jenis permata dan berlian sekaligus.

Seringkali dibuat khusus atau dengan berlian/permata warisan yang ingin dispesialkan untuk Anda. Wanita yang memilih tipe cluster biasanya memiliki gaya feminin yang unik dan menyukai hal-hal kuno dan juga baru.



Gemfields x David Gross oval shaped ruby with cluster setting, harga atas permintaan, davidgrossgroup.com.



Effy 14K white gold diamond ring, $7,920 (atau sekitar Rp120,000,000.00), effyjewelry.com.



Forevermark by Pluczenik “Integré Opulence” diamond ring in 18K white gold, harga atas permintaan, Forevermark.com.



Mociun lavender Sri Lankan sapphire ring, $6,400 (atau sekitar Rp97,000,000.00), mociun.com.


Statement

Semakin berkilau, semakin baik. Gaya Anda yang penuh dengan kemilau sudah lama menunggu untuk disuguhkan tipe cincin satu ini dan tentu saja tidak akan mengecewakan Anda. Sama seperti pernikahan, gaun, dan bulan madu Anda. Kesederhanaan bukanlah selera Anda.



London by De Beers “Albert Bridge” ring in 18K white gold, harga atas permintaan, debeers.com.



Arman Sarkisyan “Cake” ring in platinum with diamonds, $83,200 (atau sekitar Rp1,264,000,000.00), lesleyannjewels.com.



Sanjay Kasliwal rose cut diamond ring with pave setting, harga atas permintaan, sanjaykasliwal.com.



Stephen Russell marquise cut diamond ring, ca 1920 in platinum, harga atas permintaan, stephenrussell.com.


Vintage

Anda tidak mengunjungi butik gaun pengantin seperti wanita lain pada umumnya, tetapi lebih memilih gaun ibu atau nenek Anda yang ditambah sedikit sentuhan modern. Jika Anda menyukai hal-hal kuno (Victorian, Edwardian, Deco, dll.), maka Anda pasti memilih cincin dengan desain vintage.

Seringkali tipe-tipe ini membutuhkan pengerjaan yang rumit seperti potongan berbentuk mawar, bermodel ala Eropa kuno, penambangan tua, dari Perancis, dan permata sekali potong. Anda sangat menghargai besarnya usaha untuk tipe cincin ini, sama seperti benda-benda di lemari Anda.


A.Jaffe floral inspired milgrain detail halo oval engagement ring, $1,440 (atau sekitar Rp22,000,000.00), ajaffe.com.



Catherine Angiel “Endless” engagement ring in platinum, $3,600 (atau sekitar Rp55,000,000.00), catherineangiel.com.



Cathy Waterman oval diamond solitaire seed milgrain ring, $14,340 (atau sekitar Rp218,000,000.00), ylang23.com.



Ken & Dana Design “Florence” ring, $3,380 (atau sekitar Rp51,000,000.00), kenanddanadesign.com.


Alternative

Gaun pengantin Anda sudah pasti couture atau dirancang khusus dan dipenuhi motif. Pasaran bukanlah selera Anda. Gaya unik Anda dipenuhi koleksi vintage dan banyak warna.

Anda mungkin memilih untuk mendesain sendiri atau memilih desain berbeda tapi satu hal yang pasti, hasilnya pasti jauh dari klasik. Tipe alternative memang... alternatif. Tipe ini tidak mengikuti aturan apapun dan bisa menjadi apapun yang Anda impikan.



Jane Taylor “Cirque” one-of-a-kind petite cloud swing ring, $13,675 (atau sekitar Rp208,000,000.00), janetaylor.com.



Jordan Alexander 18K white gold and diamond orbit setting for round cut solitaire, $7715 (atau sekitar Rp117,000,000.00), jordanalexanderjewelry.com.



Katkim “Crescendo” marquise pave ring in 18K gold, $4200 (atau sekitar Rp64,000,000.00), katkimfinejewelry.com.



Mociun antique diamond triangle ring, $4,730 (atau sekitar Rp72,000,000.00), mociun.com.


(Penulis: Colleen Banks; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Bella Konstantin; Foto: Courtesy of Bazaar US)