Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Atur Keuangan dan Kendalikan Kartu Kredit Anda

Apakah setiap bulan Anda selalu kesulitan mengatur pembayaran kartu kredit Anda? Anda patut menyimak hal-hal berikut.

Atur Keuangan dan Kendalikan Kartu Kredit Anda

Beberapa waktu lalu, Bazaar hadir ke talk show yang diselenggarakan Bank Danamon. Bersama Eko Endarto, seorang financial planner, Bazaar memperoleh banyak informasi dan tip dari agenda bertajuk Pegang Kendali Keuangan Pribadi dan Kartu Kredit Secara Bijak dan Aman.


Beberapa fakta kami temukan, misalnya kehadiran kartu kredit diperuntukkan untuk mempermudah transaksi jual beli. Melalui sepotong kartu ini, justru kita akan terbantu. Namun, jika tidak berhati-hati, kita akan terjerat hutang yang akan terus menumpuk.


Maka berikut tip yang perlu Anda ketahui agar dapat mengatur keuangan:


1. Langkah paling pertama adalah, jangan malu berkonsultasi dengan pihak yang ahli, seperti pihak bank atau perencana keuangan.


2. Gunakan dengan bijak, camkan bahwa kartu kredit bukanlah dana cadangan. Ia hanya alat ganti transaksi.


3. Pahami bahwa Anda hanya akan menggunakan kartu kredit jika memang sudah pasti ada dana untuk melunasinya.


4. Sehingga jangan pernah menunda-nunda melunasinya, karena ingat jumlahnya akan terus berbunga.


5. Sebaiknya segera lunasi total tagihan. Namun jika uang Anda terbatas, bayar minimal 30 persen. Jangan bayar hanya 10 persen.


6. Selalu bayar tunai sebelum jatuh tempo.


7. Gunakan kartu kredit sesudah tanggal tagihan, agar jangka tanggal tagihan semakin lama (sebulan ke depan).


Untuk itu, Bank Danamon merilis sebuah aplikasi smartphone untuk pemegang kartu kredit, bernama D-Card Mobile. 


Aplikasi ini memungkinkan pemegang kartu kredit Danamon untuk mengelola akun kartu kredit, seperti melakukan pemantauan transaksi, pembayaran tagihan, blokir kartu sementara, pencarian promo kartu melalui augmented reality, serta pengajuan kartu kredit baru.


Sedangkan untuk mempermudah diri Anda mengatur keuangan pribadi, Bank DBS meluncurkan digibank pada akhir Agustus silam, sebuah bank berbasis mobile, untuk Anda yang savvy akan teknologi. Berikut fitur-fitur yang dapat Anda nikmati:


1. Teknologi biometrik. Kini, warga negara Indonesia yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya dapat membuka rekening digibank di manapun dan kapanpun. Atur jadwal pertemuan dengan agen digibank untuk membantu proses pembukaan rekening dengan menggunakan alat biometrik di tempat secara langsung.


2. Layanan nasabah 24x7 oleh Virtual Assistant. Anda dapat berinteraksi dengan Virtual Assistant digibank yang berteknologi Artificial Intelligence, untuk memperoleh jawaban bila mereka punya pertanyaan.


3. Fitur Spending Tracker. Sehingga Anda dapat melakukan perencanaan dan pengawasan finansial yang cerdas. Anda dapat dengan mudah merencanakan pengeluaran mereka sekaligus memantau transaksi perbankan menggunakan kartu debit digibank.


4. Keamanan ditingkatkan dengan sistem pengamanan in-built yang dinamis. Digibank telah ditanam dengan Soft Token sehingga nasabah tidak perlu menunggu SMS masuk dan bahkan cara ini memberikan tingkat keamanan lebih tinggi untuk otorisasi transaksi.


(Foto: Suksom/Shutterstock/Click Photos)