Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inspirasi Furnitur Gaya Tradisional untuk Interior

Iwan Tirta melanjutkan komitmen untuk menjaga batik sebagai kebanggaan Indonesia.

Inspirasi Furnitur Gaya Tradisional untuk Interior

“Corak batik bukan hanya untuk kain batik saja, melainkan lebih beragam, dalam diversifikasi lebih luas. Biarlah corak batik tampil dalam ragam hias perhiasan, keramik, dan karya-karya seni lain. Yang terpenting adalah, corak batik tidak boleh punah”, berikut adalah pernyataan mendiang Iwan Tirta dalam bukunya yang menjadi inspirasi rangkaian koleksi furnitur dan home décor dalam lini Iwan Tirta Home.






Kreasi pertama ini merupakan hasil kerja sama dengan arsitek dan desainer interior Hidajat Endramukti. Koleksi ini diberi nama Regalia, yang memasukkan keindahan pola batik Iwan Tirta ke dalam rangkaian produk interior. Jenis kayu ek digunakan sebagai material utama, di samping kayu jati yang telah terkenal daya tahannya.






Beberapa produk interior yang dihasilkan antara lain credenza, coffee table, kursi, sofa, side table, dan karpet. Dekorasinya menggunakan motif Kerajaan Jawa kuno yang dilebur ke dalam furnitur bergaya neoklasik, antara lain modang, sawunggaling, gurdo, lantaran kembang tebu.






(Foto: Courtesy of Iwan Tirta Home)