• Indonesian Dance Festival Kembali Menyapa Jakarta

    Culture / News


    Indonesian Dance Festival Kembali Menyapa Jakarta

    Memasuki tahun ke-24 penyelengaraannya, Indonesian Dance Fetival kembali menyambut para pecinta kultur tari dan seni


    Perhelatan tari tahunan bertajuk Indonesian Dance Festival (IDF) akan kembali dibuka pada tanggal 1-5 November 2016. Festival yang tak hanya akan menampilkan penampilan dari penari Indonesia, tapi juga mancanegara ini akan digelar di Teater Jakarta, Graha Bhakti Budaya, Teater Kecil di Taman Ismail Marzuki serta di Teater Luwes, Institut Kesenian Jakarta, dan Gedung Kesenian Jakarta.

    Hadir dengan tema Tubuh Sonik, IDF tahun ini akan menunjukan ekspresi artistik yang terjadi saat gelombang suara saling berinteraksi dengan tubuh manusia, yang kemudian menghasilkan gerakan dan ekspresi yang sinergis. Di mana para penampil diharapkan bisa mengeksplorasi kembali hasil penyatuan musik/bunyi serta tubuh/gerakan.

    Sekumpulan penari mancanegara yang dijadwalkan akan tampil dalam festival ini antara lain, Park Je Chun (Korea Selatan), Antony Hamilton (Australia), Aguibou Bougobali Sano (Burkina Faso), Tian Roveteel (Belanda), dan Filastine (Spanyol-Indonesia). Mewakili Tanah Air, terdapat juga deretan penari hebat seperti Fitri Anggraini, Andara Firman Moeis, Ari Ersandi, Rianto, Nihayah, dan Darlene Litaay.

    Fitri Anggraini

     

    Punkasila

     

    Aguibou Bougobali Sano

     

    Antony Hamilton dan Alisdair Macindoe

     

    Sementara itu sebagai pertunjukan pembukaan IDF akan ditampilkan kolaborasi seniman pertunjukan Indonesia, Melati Suryodarmo bersama pengarah musik Naoki Iwata atau yang dikenal juga sebagai Skank. Keduanya akan menampilkan sebuah karya baru berjudul Tomorrow as Purposed yang bertolak dari karya klasik Shakespeare, Macbeth.

    Melati Suryodarmo

     

    Melengkapi agenda pertunjukan tari, IDF juga mengadakan beberapa agenda pendukung, seperti lokakarya penulisan kritik tari dalam perspektif jurnalisme, masterclass yang akan dipandu oleh para koreografer dan seniman berpengalaman, workshop untuk para koreografer muda, serta pemberian penghargaan kepada individual yang telah memberikan kontribusi besar untuk pengembangan tari di Indonesia.

    Untuk memulai penyelenggaraan acara, Indonesian Dance Festival 2016 akan mengadakan pre-opening pada tanggal 30 Oktober 2016 di Hutan Kota Kali Pesanggrahan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, di mana pengunjung akan disuguhkan pertunjukkan tari karya Jefriandi Usman dan teater-tari dari Abdullah Wong.
     

    (Foto: Courtesy of Indonesian Dance Festival)








- RELATED ARTICLE -