• Memukau Paris Lewat Hidangan Indonesia

    Culture / News


    Memukau Paris Lewat Hidangan Indonesia

    Sekali lagi, masakan nusantara mendulang sukses dalam festival internasional


    Bertempat di Pavillon Dauphine, Paris, pada 14-16 Oktober lalu berlangsung Festival Colorful Indonesia. Sebuah ajang promosi pariwisata dan kebudayaan Indonesia yang dinisiasi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Monacco, dan Andorra, Hotmangaradja Pandjaitan. 

    Turut hadir sebagai perwakilan Indonesia untuk memperkenalkan kekayaan kuliner adalah chef Degan Septoadji yang didaulat untuk menjamu para tamu di malam resepsi diplomatik sebelum festival, serta melakukan demo masak kuliner Indonesia di saat festival berlangsung.

    Pada malam resepsi diplomatik, chef Degan menjamu para tamu kehormatan dengan beberapa menu favorit di restorannya Cafe Degan Bali, seperti Bebek Bumbu Bali, Iga Kambing Bumbu Ketumbar, Sambal Goreng Udang, hingga Nasi Goreng.

    Sementara pada hari festival, chef Degan yang melakukan demo masak, tak lupa memperkenalkan berbagai jenis bumbu dan rempah asal Indonesia.

    Hidangan yang dijadikan contoh saat demo memasak adalah Soto Ayam dan Rendang. Dua makanan ini mendapatkan pujian dari para pengunjung festival, salah satunya istri Duta Besar Singapura di Paris, Jennifer Cheng yang menyebutkan bahwa hidangan Indonesia adalah jenis hidangan sehat yang dibuat dari bahan-bahan segar. 

    Chef Degan sendiri mengaku bahwa kesempatan mempromosikan hidangan Indonesia di Paris adalah sebuah kehormatan baginya. "Ini juga menjadi tantangan bagi seorang chef untuk menampilkan kuliner bangsanya di Paris yang terkenal akan haute cuisine atau hidangan tingkat tingginya." 

     

    Festival Colorful Indonesia sendiri merupakan wujud dari komitmen untuk mempromosikan Indonesia dari berbagai aspek budaya, ekonomi, dan investasi. 

    Oscar Lawalata bersama chef Degan Septoadji

     

    Dalam festival kali ini, desainer Oscar Lawalata didaulat sebagai kurator untuk pameran yang menampilkan budaya dari lima wilayah di Tanah Air, Sumatera, Jawa, Bali dan Indonesia Timur, Kalimantan, serta Sulawesi. 

    (Foto: Dok. Nike Kurnia)

     

     








- RELATED ARTICLE -