• Kolaborasi Gucci dan Empat Seniman

    Culture / News


    Kolaborasi Gucci dan Empat Seniman

    Antusiasme Alessandro Michele akan seni kembali dinyatakan secara luas lewat proyek Gucci 4 Rooms.


    Antusiasme Alessandro Michele akan seni kembali dinyatakan secara luas lewat proyek Gucci 4 Rooms. Ini adalah kerjasama terbaru antara Gucci dan seniman kontemporer, yang bentuknya masih dikaitkan dengan arahan estetis terkini dari creative director mereka.

    Kali ini seniman yang didaulat adalah Trouble Andrew, Daito Manabe, Chiharu Shiota, dan Mr. (bernama asli Masakatsu Iwamoto).

    Mereka masing-masing membuat intalasi di dalam empat ruang berbeda. Karya Daito Manabe berada di dalam ruang bernama Gucci Words Room, karya Chiharu Shiota bernama Gucci Herbarium Room, dan karya Mr. bernama Gucci Garden Room.

    Ketiga karya ini berada di butik Gucci di Ginza, Tokyo. Sedangkan karya Trouble Andrew berada di tempat terpisah, yaitu di butik Dover Street Market, juga di Ginza Tokyo.

    Pesta pembukaan ekshibisi ini disaksikan oleh berbagai media dari seluruh dunia dan dihadiri oleh semua seniman, termasuk Trouble Andrew yang datang langsung dari Amerika. Di acara ini ia tidak hanya memamerkan instalasinya, tapi juga karya art video hingga menjadi Disc Jockey!

    Namun melangkah lebih jauh lagi, hasil dari kolaborasi ini tidak hanya bisa dinikmati dalam bentuk karya seni, tapi juga pengalaman digital. Bisa dibilang dengan adanya digital experience dan game interaktif, pameran ini dapat dinikmati di dua ruang, yaitu online dan offline.

    Secara offline tentunya dalam bentuk pameran di dua butik tadi. Sedangkan mereka yang tidak mendapat kesempatan untuk menyaksikan pameran tersebut dapat melihatnya secara online di microsite www.gucci4rooms.gucci.com.

    Tapi menariknya, pengunjung di microsite ini tidak langsung disuguhi foto-foto ekhibisi, melainkan akan disambut dengan permainan komputer yang berhubungan dengan karya seniman-seniman di atas.

    Tantangannya adalah menemukan ghost yang tersembunyi di dalam benda-benda tertentu yang muncul di tiga ruang karya tiga seniman Jepang, supaya bisa membuka dan melihat instalasi karya Trouble Andrew.

    Jadi, karya Trouble Andrew hanya bisa dilihat jika Anda telah menemukan semua ghost tersebut. Sekali lagi, Gucci menghadirkan sesuatu yang layak dinikmati oleh seluruh khalayak fashion dan seni dengan cara yang sangat menyenangkan dan inovatif!

     

    (Foto: Febe R. S.)








- RELATED ARTICLE -