• 7 Cara Mudah Mendaur Ulang

    Culture / Tips


    7 Cara Mudah Mendaur Ulang

    Sejumlah ide sederhana untuk menjadikan sampah sehari-hari, berguna kembali.


    Berbagai inspirasi reuse untuk barang-barang yang sudah tidak digunakan memang sudah lama beredar di internet, tetapi kerap melibatkan proses yang kelihatan tak mudah ataupun menyita banyak waktu.

    Berikut beberapa ide sederhana dari Bazaar yang tak hanya bisa menjadikan sampah sehari-hari Anda berguna untuk hal lainnya namun juga dapat dilakukan dalam sekejap mata.

    1. Kulit pisang dapat digunakan sebagai pupuk bagi tumbuh-tumbuhan berkat kandungan nutrisinya yang mampu memperkuat akar sekaligus meningkatkan kesuburan. Potong kecil-kecil dan tebarkan di atas tanah yang telah ditanami bibit atau pohon kesayangan.

    2. Taruh koran bekas di dalam sepatu guna mengusir bau yang kurang sedap.

    3. Siapa sangka, ampas kopi ternyata efektif untuk membantu menyingkirkan noda yang membandel pada piring atau panci yang sulit dibersihkan dengan hanya memakai sabun.

    4. Saat memasak scrambled eggs, misalnya, usahakan untuk membuka cangkang telur Anda pada bagian pucuk saja atau sedemikian rupa agar bentuknya tetap seutuh mungkin. Manfaatkan sebagai pot untuk menanam benih sebelum memindahkannya ke pot lain saat sudah tumbuh besar.

    5. Jika tak sempat meloak tumpukan majalah Anda, kreasikan halamannya untuk membungkus hadiah. Ragam ide untuk tampilan kado yang cantik dapat disimak pada beberapa situs seperti YouTube atau Pinterest. Atau, gunakan untuk decoupage, lihat caranya di artikel: 6 Cara Mudah Membuat Decoupage.

    6. Daripada ditinggalkan di tempat sampah, keringkan kulit jeruk untuk dijadikan potpourri. Yang tinggal Anda lakukan hanya tinggal menambahkan beberapa tetes essential oil favorit Anda dan menaruhnya di wadah tertutup agar wanginya semakin meresap. Setelah tercampur rata, potpourri buatan sendiri siap digunakan untuk menyegarkan ruangan!

    7. Sisa-sisa keju yang telah mengering di kulkas memang sekilas terlihat kurang menggiurkan, namun jangan langsung membuangnya. Walau berbentuk serpihan kering, keju apa pun masih bisa dimanfaatkan untuk dimasukkan ke dalam sup krim atau saus pasta Anda agar rasanya semakin lezat.

     

    (Foto: Freedom_Studio/Shutterstock/Click Photos) 








- RELATED ARTICLE -