Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Jurnal Editor: Fashion Week

Jurnal Editor: Fashion Week
Runway

Selain mewadahi perhelatan fashion yang ditunggu-tunggu seluruh industri mode global, pekan mode juga menyuguhkan pesona yang lain.

Mengejar satu pergelaran ke pergelaran lainnya di pekan mode, sejatinya merupakan idaman editor fashion. Meski nampak sangat menyenangkan, sekaligus padat. Nyatanya memang di situasi pekan mode, banyak hal yang dinikmati para editor fashion. Berikut di antaranya:

  1. Bekerja di Harper's Bazaar berarti menjadi bagian keluarga besar Harper's Bazaar secara global. Artinya, Anda akan memperoleh undangan-undangan untuk menghadiri acara yang didaulatnya. Misalnya adalah perayaan Bazaar Icons yang kini rutin digelar setiap bulan September di penghujung New York Fashion Week. Beberapa waktu lalu, salah satu editor kami berjumpa dengan sederet selebriti dan model ternama, termasuk para editor Harper's Bazaar secara global.
  2. Satu hal absolut, menjadi editor fashion memang mempunyai tugas utama untuk meliput presentasi koleksi terbaru label-label fashion. Pada agenda ini, tak sekadar berbaris mengantri arena, Anda juga berkesempatan duduk menyaksikan model yang berlalu lalang mengenakan busana terbaru. Di samping itu, sangat memungkinkan bagi Anda untuk bertatap muka dengan figur-figur yang mendominasi industri fashion di momen ini.
  3. Selain menghadiri peragaan busana, Anda juga terkadang memperoleh akses untuk ke belakang panggung, biasanya sebelum acara dimulai. Di saat ini, selain dapat melihat karya-karya terbaru sang desainer sebelum para model melangkahkan kakinya di atas panggung, Anda juga dapat menyaksikan proses make-up dan juga berinteraksi dengan para model, kalau Anda beruntung tentu saja dapat mewawancarai sang desainer.
  4. Setelah fashion show, Anda juga memperoleh undangan untuk menghadiri re-see. Re-see adalah agenda lanjutan setelah pergelaran busana untuk berinteraksi dengan karya busana yang telah dipresentasikan di atas panggung. Di agenda ini, biasanya hanya editor fashion dan fashion blogger yang diundang. Keuntungannya, Anda menjadi lebih mengetahui lebih mendalam tentang busana terbaru, seperti material dan detailnya. Tak hanya melihat, Anda juga boleh menyentuh, bahkan mengenakannya!
  5. Di samping menghadiri serangkaian agenda mode, Anda juga mempunyai kesempatan di waktu luang untuk datang ke ekshibisi atau pameran beberapa label mode yang tengah berlangsung, misalnya pameran fotografi untuk label Lanvin, atau juga ekshibisi Dans l'œil du flâneur dari rumah mode Hermès saat Paris Fashion Week yang lalu.
  6. Selain ekshibisi, tentu salah satu agenda wajib adalah berkunjung ke Louis Vuitton Foundation dan juga Fondazione Prada di Paris dan Milan.
  7. Salah satu keuntungan menjadi bagian dari pers, Anda hanya perlu menunjukkan identitas Anda sebagai pers, maka Anda dapat masuk ke berbagai museum dan ekshibisi secara gratis.
  8. Shopping sudah pasti menjadi salah satu daftar. Selain mengunjungi tempat-tempat populer, seperti Colette. Anda juga wajib ke kafe, restoran, dan bar yang sedang di perbincangkan seperti Café Kitsuné di Paris atau kafe Marc by Marc Jacobs dan Bar Luce di Milan.

 

(Gusti Aditya. Foto: Foto Imaxtree: Alessia Gammarota, Valentina Valdinoc, Daniele Oberrauch, Antonello Trio/IMAXTREE.COM. Foto Bazaar Icons: Dok. Bazaar)