• 11 Sayur dan Buah Penurun Berat Badan

    Beauty / Tips


    11 Sayur dan Buah Penurun Berat Badan


    Tidak semua sayur dan buah diciptakan dan memiliki manfaat serupa. Berikut penjabaran Bazaar.

    Tentu tidak dibutuhkan fakta ilmiah untuk mengetahui bahwa makanan segar lebih menguntungkan berbanding dengan makanan siap saji atau banyak diproses, terlebih lagi bagi yang ingin mengecilkan perut. Namun fakta ilmiah dapat membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh ideal. Sebuah penemuan baru ditemukan berdasarkan artikel yang ditulis di situs Bazaar Amerika tentang Buah dan Sayur Untuk Menurunkan Berat Badan. Dari memantau kebiasaan makan dan berat badan 133.000 individu selama empat tahun, ternyata menambah jumlah konsumsi buah maupun sayur setiap harinya akan membuat tubuh lebih kecil dua hingga tiga ons berbanding dengan orang yang tidak menjaga makanan mereka. (Tentu dengan bantuan lebih dari makanan seperti olahraga dan istirahat!)

    Menariknya, sebuah studi dari PLOS Medicine menemukan bahwa jenis makanan yang dikonsumsi cukup berpengaruh signifikan pada berat badan. Artinya meskipun sayuran cukup segar, tidak semua sayuran yang Anda makan dapat membantu mendapatkan berat badan ideal. Makanan yang mengandung serat dalam kadar tinggi dan sedikit glycemic justru bisa membantu Anda mencapai berat badan yang diinginkan. Kedua karakteristik makanan tersebut dapat menahan nafsu makan dan memiliki kalori kecil.

    Berikut makanan dalam dapat masuk dalam kategori tersebut:

    1. Aneka buah berries
    2. Apel dan pir
    3. Tahu dan kacang kedelai
    4. Kembang kol
    5. Alpukat
    6. Jeruk
    7. ?Brussels sprouts 
    8. Brokoli
    9. Buncis
    10. Wortel
    11. Paprika

    Mengonsumsi makanan beku atau yg diproses memang tidak memiliki manfaat seperti makanan segar. Tidak hanya kondisi dari sayur-sayuran tersebut yang berpengaruh, ternyata biasanya sayur-sayuran yang terdapat pada makanan siap saji atau proses memiliki kandungan tepung atau starchy. Contohnya seperti jagung, kacang polong, dan kentang. Selain kandungan tepung, biasanya ketiga makanan tersebut mengandung sedikit serat dan memiliki glycemic yang tinggi. Artinya, jenis sayur-sayuran ini akan menambah kadar gula darah Anda, lalu membuat lapar lebih cepat. Hal tersebut tidak berarti jagung atau kacang dan kentang tidak boleh di konsumsi, hanya berarti kentang goreng plus succotash salad tidak akan membantu Anda mengurangi berat badan.

     

    (Elizabeth Narins untuk Harper's Bazaar US. Alih Bahasa: Valerie Stephanie. Foto: d-art/iStock/Thinkstock)








- RELATED ARTICLE -