Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Siluet Baru untuk Gaya di Musim Dingin

Siluet Baru untuk Gaya di Musim Dingin
Ports 1961 FW 2015

Secara tradisional, gaya di musim dingin acap kali diasosiasikan dengan tampilan berlapis yang terkesan “penuh” dan “gemuk”, terlebih ketika kita berada pada destinasi dengan cuaca dingin yang begitu ekstrim. Pada hakikatnya permainan layering pada gaya musim dingin memiliki fungsi utama untuk menghangatkan tubuh pemakainya sekaligus melindungi dari terpaan angin dingin yang menusuk. Dan siapa pun rasanya tidak akan mengorbankan kesehatan dan kenyamanannya hanya karena ingin tampil modis dalam balutan busana yang minimal, alias tidak menggunakan terlalu banyak item dalam satu tampilan.

Akan tetapi bukan “minimal” dalam artian seperti itu yang hendak kami ketengahkan dalam artikel ini. Melihat kecenderungan pergerakan tren di musim dingin kali ini, rasanya tepat untuk mengangkat fenomena gaya berbusana dengan pedoman “less is more”, atau lebih tepatnya “less (detail and attributes) is more (appealing)”. Perlu diakui, dewasa ini khalayak pencinta mode tampak mulai berangsur-angsur mengaplikasikan gaya berbusana minimalis yang bersih dan modern—meski pasar yang mengagungkan tampilan the more the merrier pun masih cukup banyak jumlahnya. Setidaknya, berkembangnya tren ini menjadi panorama tersendiri yang menyejukkan mata di tengah kepungan gaya serba maksi dalam balutan fur coats dan down jackets yang bulky.

Busana dengan pakem tailoring yang mantap, disempurnakan dengan pilihan material yang mampu menciptakan ilusi tampilan yang clean, sharp, namun tetap luwes dan rileks pada saat yang bersamaan, menjadi salah satu alternatif apik untuk diimplementasikan pada penampilan di musim dingin. Ragam bahan yang biasa digunakan untuk pakaian pria kini diadopsi untuk lini womenswear, lengkap dengan desain yang juga terinspirasi oleh pakem maskulin sehingga menciptakan imaji akan busana yang dipinjam dari teman pria Anda. Palet yang digunakan pun tak terbatas pada rona gelap, karena toh warna-warna netral yang lembut tetap mampu menyampaikan esensi winter dengan pesonanya sendiri. Dan satu hal lagi yang juga tak kalah menarik, rancangan winter staples yang disuguhkan benar-benar murni tanpa detail. Polos, namun sangat jauh dari kesan monoton dan membosankan.

Sejumlah desainer pun seolah tengah merayakan keindahan tampilan minimalis yang mengaksentuasi kualitas material dan cutting secara sempurna. Adapun efek dramatis yang mereka hadirkan justru diwujudkan melalui potongan streamlined yang oversized dengan panjang menyapu lantai, memberikan kesan misterius dan elegan secara effortless. Volume yang dilahirkan oleh siluet oversized inilah yang menjadikan penampilan musim dingin terlihat lebih striking kendati tak diimbuhi elemen lain yang menghiasinya. Tendensi penampilan serba maksi dengan pilihan busana bernuansa minimalis menjadi salah satu tren yang paling menarik untuk dipelajari dan diaplikasikan pada penampilan Anda di musim ini.

Tren dengan oversized coat dan oversized pants ini juga tak lepas dari pentingnya menaruh perhatian khusus akan proporsi. Pertemuan akan dua item yang dikonstruksikan dalam material berat dengan tingkat ketebalan yang sama bukanlah ide yang baik. Alternatifnya, kenakan kemeja ataupun sweater berbahan ringan, celana oversized yang luwes, dan biarkan coat maksi Anda yang menjadi perhatian utama dalam sebuah penampilan. Hemline rendah juga dapat Anda andalkan untuk menghadirkan efek sultry seraya membuat tubuh Anda terlihat lebih proporsional dalam balutan coat dan celana panjang serba maksi.

Penggunaan sepatu hak tinggi menjadi begitu esensial dalam tren ini. Oversized coat maupun celana panjang maksi akan tampak lebih flattering ketika dipadankan dengan sepatu berhak tinggi yang akan semakin menyempurnakan proporsi figur Anda. Pilih sepatu berujung lancip, peep toe, atau sandal hak tinggi yang terbuka di bagi jari kaki untuk menciptakan ilusi kaki yang lebih panjang, serta memberikan tampilan yang lebih flattering pada siluet pemakainya. Bila cuaca tidak memungkinkan untuk mengenakan sepatu yang terbuka, Anda dapat mengenakan boots berhak tinggi dan melangkahlah dengan mantap.

Terakhir, pilih jinjingan bernuansa minimalis agar keseluruhan penampilan Anda tampak seimbang. Clutch persegi tanpa detail, tote maupun briefcase klasik yang bersih dan modern, menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi gaya maksi-minimalis ini. Menyeimbangkan proporsi akan setiap ansambel yang Anda kenakan adalah kunci utama untuk membuktikan bahwa tren oversized coat dan oversized pants ini tidak hanya terbatas pada para perempuan yang dianugerahi dengan tubuh nan ramping menjulang.

Baca artikel lengkapnya di majalah Harper's Bazaar Indonesia edisi Oktober 2015.

(Chekka. Foto: dok. Bazaar)