• Agenda Budaya Oktober

    Culture / News


    Agenda Budaya Oktober


    Ulang Tahun Pertama Galeri Indonesia Kaya
    Dalam rangka peringatan ulang tahun pertama Galeri Indonesia Kaya, ruang edutainment berbasis teknologi ini mempersembahkan 16 pertunjukan seni selama 12 hari dengan tema Indonesia Keren, Indonesia Kreatif. Rangkaian penampilan ini melibatkan para penggiat seni dari berbagai latar belakang dan generasi. Seniman senior seperti Titiek Puspa akan menampilkan drama musikal bersama anak-anak didiknya dalam Drama Musikal Duta Cinta pada 4 Oktober. Sementara pecinta film dapat menyaksikan karya-karya Mira Lesmana, Gie dan Drupadi di tanggal 4 dan 5 Oktober. Tak hanya itu, grup musik Kahitna akan tampil di tanggal 9 Oktober sementara Trio Lestari hadir pada 5 Oktober. Monolog 3 Perempuan yang dipersembahkan Happy Salma, Olga Lydia, Pipien Puti, Arlin Putri dan Sha Ine Febriyanti akan ditampilkan di 11 Oktober. Kelompok seni legendaris Srimulat juga akan berkolaborasi dengan Demian menghadirkan Sulap Antibiotik pada 12 Oktober. 

    Stomp

    Putih Hitam Lasem, Taman Ismail Marzuki

    Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2014 dan menyambut Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2014 mendatang, D' Art Beat menggelar sebuah drama musikal yang diberi tajuk Putih Hitam Lasem. Pementasan ini sarat akan kekayaan budaya Indonesia khususnya adalah karya batik dari kota Lasem. Bersama dengan konsultan kostum desainer, Harry Darsono, pertunjukkan ini akan menyajikan dua nilai yang berbeda. Pertama, dari sisi kekayaan batik, serta cerita berlatar belakang kota dan budaya Lasem. Batik Lasem sendiri memiliki keunikan tersendiri. Warna merah spesifik yang hanya ada pada batik ini membuatnya tampil berbeda dari batik asal kota lain. Belum lagi penggunaan minimal tiga warna cerah yang juga menjadi ciri khas batik Lasem. Sebagai sebuah kota yang menyandang nama Tiongkok Kecil, kota Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah memiliki bangunan unik peninggalan masa lalu khas pecinan dan Jawa yang coba ditampilkan ke atas panggung pementasan. Eratnya hubungan baik antara masyarakat Tionghoa dan Jawa pun hendak diangkat dalam pementasan berdurasi 150 menit ini. Putih Hitam Lasem bercerita tentang seorang gadis keturunan Tionghoa dari keluarga pengusaha batik yang jatuh cinta pada seorang pria keturunan Jawa. Cerita lengkap kisah percintaan mereka dapat Anda saksikan langsung mulai hari ini, 3 Oktober 2014 hingga 4 Oktober 2014.

    Buongiorno Italia, Pacific Place
    Merayakan 65 tahun persahabatan antara Indonesia dengan Italia, Pacific Place bekerja sama dengan Kedutaan Besar Italia menyelenggarakan BuongiornoItalia yang akan berlangsung pada tanggal 8 Oktober 2014 hingga 2 November 2014 mendatang. Rangkaian acara ini akan diisi oleh pameran gaya hidup Italia dengan beragam produk unggul seperti mode, kopi, otomotif dan desain interior. Salah satu yang menarik adalah pameran mode 60 Years of Made in Italy, yakni exhibition 30 busana bersejarah dari berbagai rumah mode Italia seperti Giorgio Armani, Roberto Cavalli, Dolce & Gabbana, Gucci, Prada, dan Valentino. Serta tak ketinggalan gaun hijau ikonik Versace yang dikenakan Jennifer Lopez dalam ajang Grammy tahun 2000 lalu.

    (Daniar Cikita, Hansel Mario, Foto: Dok. Bazaar, D'Art Beat,)

     








- RELATED ARTICLE -