• Aksi Melawan Pigmentasi

    Beauty / News


    Aksi Melawan Pigmentasi


    Sebelum mencoba segala siasat untuk meraih tampilan kulit putih bersinar, kenali fakta A TO Z di balik munculnya noda mengganggu dan bagaimana khasiat vitamin C menjadi sebuah jawaban.

    Pigmentasi atau noda pada kulit adalah sebuah masalah yang paling umum dialami dan tak bisa dihindari. Apalagi dengan kebiasaan berjemur untuk mendapatkan kulit golden tan dan aktivitas outdoor yang harus dijalani setiap hari. Kulit Anda memiliki warna alami yang disebabkan oleh kehadiran sel melanocytes yang berada di bagian terbawah dari lapisan kulit luar bernama epidermis. Jika dipicu oleh enzim tyrosinase, sel ini menghasilkan melanin yang terbagi menjadi dua jenis, pheomelanin yang bertanggung jawab atas pigmen kuning kemerahan pada kulit dan eumelanin yang memberikan pigmen warna cokelat kehitaman, melalui proses yang disebut melanogenesis.

    Selain memberikan warna pada kulit, melanin juga mengontrol daya penyerapan radiasi sinar ultraviolet pada kulit. Jika kulit terekspos sinar matahari yang menyengat, kulit Anda akan mengalami stres oksidasi. Secara spontan kulit akan melawan radiasi tersebut dengan mengeluarkan produksi melanin berlebih ke sel kulit, menjadikan kulit tampak gelap yang disebut hyperpigmentasi. Biasanya hyperpigmentasi diiringi oleh gangguan produksi pigmen yang tidak seimbang sehingga memicu timbulnya flek-flek cokelat. Menurut riset dermatologis, kulit wanita Asia mudah terkena kondisi hyperpigmentasi oleh karena sel melanocytes-nya yang sensitif dan mudah terstimulasi. Sementara pilihan metode mesin dan produk bleaching yang sekarang ini banyak ditawarkan di pasaran, tidak cocok diaplikasikan pada kulit wanita Indonesia yang memiliki pigmen dasar olive dan kuning. Jika tidak berhati-hati, malah akan timbul noda-noda putih yang tidak merata pada kulit.

    C = CAHAYA
    Super vitamin yang memiliki kemampuan untuk mencegah timbulnya noda pigmentasi adalah vitamin C. Kandungan yang selama ini ditawarkan sebagai wrinkle fighter ini ternyata berperan penting dalam menahan aktivitas enzim tyrosinase. Vitamin C juga bekerja sebagai antioksidan yang akan melindungi sel dari bahaya sinar UV dan polusi. Maka dari itu kandungan ini kerap digunakan oleh lini kecantikan ternama sebagai spot corrector dan pencerahan yang
    aman, seperti Estée Lauder Idealist Illuminator yang dikemas dalam teknologi Triple-Optic dan CorrectTone.

    Dua teknologi tersebut menjadi rumah bagi rangkaian antioksidan dan ekstrak tumbuhan seperti akar mulberry, grapefruit, rice bran hingga kunyit yang akan mengontrol produksi melanin. Jika Triple-Optic memberikan efek cahaya instan pada aplikasi pertama, maka CorrectTone akan memperbaiki rona tidak merata dan mempertahankan kondisi tersebut. Kandungan vitamin C di dalamnya juga bekerja dengan membangkitkan aktivitas kolagen dan mencerahkan kulit hingga tampak lebih radiant tanpa menimbulkan kasus iritasi. Macan mungkin tidak bisa menghilangkan noda tutulnya, namun untungnya perawatan intensif yang ditawarkan saat ini berpotensi membuat tampilan kulit wajah tampak lebih merata dalam dua minggu.

    TIPS EFEKTIF MELINDUNGI KULIT:
    • Gunakan krim tabir surya SPF 30 dengan kandungan UVA dan UVB jika ingin melakukan aktivitas di bawah naungan sinar matahari yang ekstrim.
    • Penggunaan serum diperlukan oleh karena daya kerjanya yang efektif, konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dan molekulnya yang jauh lebih kecil dibanding moisturizer biasa. Molekul kecil ini akan diserap lebih dalam oleh kulit.
    • Kandungan omega 3 dan 6 sangat baik bagi kesehatan kulit dan produksi kelenjar minyak agar kulit selalu tampil bercahaya. ? (teks: karina lopulisa. foto: sipa press, dok. bazaar.)


    Tags : beauty, tips, news


- RELATED ARTICLE -